Mood Swings: Kenali 5 Penyebab dan 9 Cara Mengatasinya

17 Jun 2021 by kreditpintar
Mood Swings: Kenali 5 Penyebab dan 9 Cara Mengatasinya

Mood Swings merupakan kondisi di mana suasana hati berubah yang terjadi sewaktu-waktu dan berlangsung cepat. Sejatinya, perubahan suasana hati memang wajar terjadi pada setiap manusia. Jadi, Sobat Pintar tidak perlu terlalu khawatir jika sering mengalami perubahan suasana hati. Kecuali jika kondisi ini sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka ada kemungkinan sebagai pertanda adanya gangguan mental. 

Apa Itu Mood Swings?

Mood swings mempunyai arti perubahan suasana hati dan muncul sebagai reaksi terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Namun, ada beberapa orang yang mengalami kondisi perubahan mood drastis tanpa sebab yang jelas. 

Suasana hati yang cukup familiar adalah “good mood” atau “bad mood” dan wajar dalam taraf tertentu. Jangan salah mengartikan, yang perlu Sobat Pintar pahami adalah perubahan mood drastis berbeda dengan bipolar. 

Keduanya memang sama-sama perubahan suasana hati. Bedanya, bipolar merupakan salah satu gangguan mental dengan gejala perubahan emosi yang terjadi secara drastis. Selain itu, jika perubahan mood drastis dapat dengan mudah teratasi, sedangkan untuk menangani bipolar membutuhkan bantuan tenaga ahli. 

Tanda-Tanda Mood Swings

Tanda perubahan mood drastis yang mudah Sobat Pintar kenali adalah ketika dalam satu waktu Sobat Pintar bisa merasa senang. Namun, jika ada suatu pemicu yang membuat stress, maka suasana hati Sobat Pintar dapat tetiba memburuk. 

Hal tersebut wajar Sobat Pintar alami dan umumnya terjadi hanya sehari atau dua hari saja. Setelah Sobat Pintar menemukan solusi, maka suasana hati pun akan kembali menjadi senang. 

Penyebab Mood Swings

Berikut beberapa pemicu perubahan mood drastis, antara lain :

1. Perubahan Hormon

Pada remaja, ibu hamil, wanita pra menopause, atau sedang PMS umumnya mengalami kondisi perubahan mood drastis. Pemicunya karena perubahan hormon estrogen di dalam tubuh. 

2. Mengidap Penyakit Tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat memicu seseorang mengalami perubahan suasana hati. Misalnya, penyakit paru-paru, ginjal, jantung, dan kelainan di otak. 

3. Terjadi Ketidakseimbangan Pada Zat Kimia Di dalam Otak

Beberapa zat kimia yang terdapat di dalam otak dapat menjadi salah faktor pemicu perubahan mood drastis. Zat kimia yang berperngaruh pada emosi manusia adalah serotonin dan dopamin

Kedua zat tersebut berada di dalam otak, sehingga akan memberikan pengaruh secara langsung pada emosi dan pola pikir seseorang. Itulah mengapa Sobat Pintar perlu menjaga kesehatan agar zat-zat kimia di dalam tubuh tetap seimbang. 

4. Gangguan Mental

Gangguan mental yang terganggu juga dapat menjadi pemicu seseorang mengalami mood swing. Seperti: 

  1. Gangguan cyclothymia/ siklotimia

Merupakan salah satu gangguan mental yang cirinya hampir mirip dengan bipolar. Emosi penderita siklotimia juga naik turun namun dengan gejala yang ringan. Dan umumnya terjadi pada rentang usia remaja. 

Biasanya penderita akan merasa depresi selama berminggu-minggu, kemudian menjadi hipomania selama beberapa hari. Gejalanya yaitu cepat marah, gangguan tidur, nafsu makan berubah, merasa kelelahan, putus asa dan sulit konsentrasi. 

Namun jika gejala siklotimia tidak tertangani dengan baik dapat berkembang menjadi gangguan bipolar tipe 1 atau 2. 

  1. Gangguan Bipolar

Bipolar merupakan gangguan perubahan suasana hati yang terjadi secara drastis dan cepat. Penderita akan merasakan gejala atau tanda bipolar dari senang menjadi sangat sedih, dari yang semula percaya diri menjadi pesimis.

  1. Depresi

Depresi yang tak teratasi dapat menyebabkan seseorang mengalami perubahan mood drastis. 

  1. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Deficit)

Anak dengan gangguan ADHD juga mengalami mood swing, pemicunya karena ketidakmampuan anak beradaptasi dengan lingkungan/ suasana baru. 

5. Kekurangan Asupan Nutrisi

Beberapa orang yang sedang menjalani diet ketat tanpa memperhatikan makronutrien dalam setiap menu makanan dapat mengalami mood swing. Karena pola makan yang buruk berpengaruh pada kadar gula dan menyebabkan malnutrisi. Sehingga suasana hati pun ikut berubah-ubah tidak jelas. 

Cara Mengatasinya

Meski mood swing terbilang wajar Sobat Pintar alami, namun Sobat Pintar tetap perlu mengatasinya agar tidak sempat mengganggu aktivitas. Begini cara mengatasi perubahan mood drastis. 

1. Konsumsi Sumber Makanan Yang Sehat dan Juga Seimbang

Sobat Pintar dapat memulai ubah gaya hidup dan pola makan, dengan mengganti menu makanan yang kaya akan nutrisi. Ganti cemilan sehat dengan jus sayur atau buah, sebab kesehatan yang terjaga dengan baik dapat turut menstabilkan emosi. 

2. Olahraga Teratur

Mulailah untuk membiasakan diri berolahraga minimal 30 menit per hari. Lakukan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki atau jogging. Selanjutnya dapat Sobat Pintar tingkatkan intensitasnya secara bertahap. 

Manfaat olahraga rutin tidak hanya dapat mengatasi mood swing namun juga memberikan  dampak bagi kesehatan secara keseluruhan. 

3. Tidur Cukup

Tanpa tersadar, kurang tidur dapat membuat orang menjadi lebih emosional, kurang konsentrasi dan cepat tersinggung. Oleh karena itulah, Sobat Pintar membutuhkan waktu tidur yang cukup di malam hari, kurang lebih 7 hingga 8 jam. 

4. Meditasi

Cara mengatasi mood swing yang lain adalah dengan bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk merelaksasi pikiran, sehingga Sobat Pintar dapat mengelola emosi dengan lebih baik.  Selain bermeditasi, Sobat Pintar juga bisa mencoba untuk melakukan yoga atau latihan pernapasan dalam. 

5. Menggunakan Mood Diary

Sobat Pintar bisa mencatat segala kejadian yang dapat memicu perubahan suasana hati. Siapkan satu biku sebagai “mood diary”. Ketika Sobat Pintar merasakan mood berubah dengan begitu cepat, catat di buku diary tersebut. 

Catat setiap detailnya agar Sobat Pintar dapat segera mengambil sikap dalam menghadapi setiap perubahan situasi. Sehingga kedepannya Sobat Pintar dapat menghindari hal-hal yang dapat memicu perubahan mood. 

6. Alihkan Dengan Aktivitas Kesukaan

Sobat Pintar juga bisa mengatasi mood swing dengan cara melakukan hobi, misalnya  mendengarkan musik atau membaca buku. 

Cari tahu setiap sumber masalah, kira-kira apa saja yang membuat sedih atau senang. 

7. Berbicara Dengan Orang Terdekat

Cara mencegah mood swing yang simpel adalah dengan ke curhat orang-orang terdekat. Kadangkala, berbicara dan meluapkan segala perasaan dapat melegakan sekalipun orang terdekat tidak memberikan solusi berarti. 

8. Mengurangi Asupan Kopi, Gula dan Alkohol

Ketiga zat tersebut merupakan stimulan dan depresan yang mengubah emosi seseorang. Alkohol merupakan antidepresan yang dapat memperburuk kondisi suasana hati. Begitu juga dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau gula, dapat memicu fluktuasi suasana hati. 

9. Kunjungi Dokter

Cara mencegah mood swing yang lain adalah dengan berkonsultasi kepada tenaga ahlinya, yaitu psikiater atau psikolog. Konsultasikan apa yang menjadi penyebab dari perubahan perilaku tersebut. Dan berapa kali frekuensi perubahan mood terjadi dalam jangka waktu tertentu. 

Kapan Sobat Pintar Perlu Berkonsultasi Ke Psikolog atau Psikiater?

Perubahan suasana hati memang wajar Sobat Pintar alami, namun jika kondisi tersebut berlangsung lebih dari satu minggu dan berdampak pada aktivitas atau hubungan sosial. Maka segera kunjungi psikolog atau psikiater. 

Seorang tenaga yang profesional akan memberikan diagnosa penyebab. Sehingga Sobat Pintar akan mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat. 

Itulah informasi lengkap tentang perubahan mood drastis. Semoga dapat membantu Sobat Pintar ketika mengalami kondisi seperti di atas.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload