Cara Mengontrol Emosi Yang Berlebihan

10 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 12 Nov 2021

Memang ada banyak faktor yang membuat kamu marah, tetapi belajarlah cara -cara mengontrol emosi atau kemarahan untuk menjaga dari dampak negative kepada kesehatan kamu.

Setiap orang pasti pernah merasakan emosi atau marah, hal ini wajar, apalagi jika menyangkut masalah kehidupan, namun cara orang bereaksi terhadap kemarahan berbeda-beda.

Kamu bisa saja memilih untuk tetap marah, tetapi kamu juga dapat mengontrolnya jika mencoba. Semua pilihan ada di tanganmu. Memilih untuk tetap marah dengan cara yang tidak terkendali akan merugikan diri sendiri, termasuk kesehatanmu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengontrol emosi atau perasaan marahmu.

Bagaimana Cara Mengontrol Emosi Yang Berlebihan

Emosi yang berlebihan dapat diarahkan pada hal-hal yang lebih produktif yang menghasilkan sesuatu yang positif. Oleh karena itu, penting untuk menjaga emosi untuk tetap terkendali. Berikut adalah beberapa cara mengntrol emosi yang mungkin bisa kamu lakukan:

Mencoba Berhitung

Cara pertama untuk mengontrol emosi kamu adalah dengan menghitung: sebelum kamu marah, hitung dari 1 sampai 10. Jika kamu sangat marah, hitung sampai 100. Saat kamu menghitung, detak jantung akan menurun dan kemarahanmu akan cenderung berkurang.

Cara seperti ini sering dipraktekan kepada anak-anak yang bertempramen tinggi. Suruh mereka berhitung Ketika marah untuk mereda kemarahannya.

Tarik Nafas Yang Dalam

Saat kamu marah, napasmu akan lebih pendek dan lebih cepat. Bernapaslah dalam-dalam dan perlahan melalui hidung dan keluar melalui mulut selama beberapa saat. Dengan menarik napas dalam-dalam dan perlahan, semoga amarahmu mereda.

Cara mengontrol emosi seperti ini sering dilakukan oleh banyak orang. Karena memang terbukti bisa membantu meredakan rasa kemarahan kita.

Olahraga

Cara mengontrol emosi yang bisa kamu juga ialah dengan berpartisipasi dalam aktivitas fisik, seperti berjalan, bersepeda, atau berlari, Silakan lakukan hal-hal yang mengailhkan fikiran kemarahanmu dengan olah raga.

Selain emosi kamu hilang, olahraga akan menjadikan tubuh semakin sehat. Bagamana, silakan dicoba semoga berhasil.

Relaksasi Otot

Selain olahraga, cara lain untuk mengontrol emosi dapat dilakukan dengan mengendurkan otot/relaksasi otot: rengkangkan bagian-bagian otot yang berbeda dalam tubuh dan kendurkan secara perlahan bersamaan dengan mengeluarkan napas.

Menggerakkan leher dan menggoyangkan bahu adalah beberapa contoh gerakan yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosi. Tidak ada peralatan khusus yang dibutuhkan, hanya beberapa gerakan-gerakan kecil untuk merengkangkan otot-otot tubuh.

Ucapkan Kata-Kata Yang Baik atau Yang Menenangkan

Ketika emosi terkadang fikiran dan ucapan sulit untuk dikendalikan, dan lebih cenderung kepada hal-hal negative. Tapi untuk bisa mereda emosi kamu harus tetap mengendalikan fikiran dan ucapanmu. Tetap berfikir dan berucap yang baik atau positif.

Kata-kata atau frasa dapat menjadi cara mengontrol emosi kamu. Tetap cariliah kata atau frasa yang membuat Anda tenang dan fokus kembali. Ulangi kata-kata ini ketika Anda marah. Seperti kata “Tenang”, “santai” dan “semuanya akan baik-baik saja” itu adalah beberapa contoh kata-kata yang bagus.

Hal seperti ini pernah dicontohkan dalam film India yang sangat terkenal, 3 Idiot. Dalam film itu ada adegan-adengan temannya sedang marah atau mendapat musibah, sang actor utama mengajarkan temannya untuk tetap mengucapkan “All Is Well”.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrol emosi. Dengarkan musik yang menenangkan kamu. Gunakan headphone atau pergi ke tempat yang tenang, dengarkan lagu favoritmu dan dengarkan. Biarkan musik menghilangkan emosi dan menenangkan mu.

Mencoba Hal Positif Yang Baru

Alihkan emosi berlebihanmu ke hal-hal baru yang positif. Jika kamu belum pernah berkemah, misalnya, sekarang mungkin saat yang tepat untuk tidur di bawah bintang-bintang dan “berhubungan” dengan alam. Putuskan petualangan mana yang ingin kamu mulai.

Carilah tempat yang indah, sejuk bagus dan tenang. Hal ini akan sangat membantu menenangkan fikiran-fikiranmu.

Diam

Seperti yang telah admin jelaskan di atas bahwa ketika marah fikiran dan perkataan sering kali tidak terkendali. Maka disitulah kamu harus menahan diri sejenak untuk tidak mengucapkan sepatah kata pun. Supaya emosi yang sedang kamu rasakan semakin meulap-luap.

Terkadang tidak berbicara bisa menjadi cara mengontrol emosi yang sangat efektif bagi kamu. Ketika kamu merasa marah, tahan dan berhentilah berbicara. Tutup mulutmu dan jangan biarkan sepatah kata pun keluar dari mulutmu. Moment tenang ini akan membuat kamu memikirkan kembali kemarahan (pantas diluapkan atau tidak) dan membantu kamu menenangkannya.

Nabi Muhammad saw juga menganjurkan hal ini kepada umatnya, diam ketika sedang marah. Disebutkan dalam suatu hadits:

Rasulullah saw bersabda: “Jika kalian marah, diamlah.” HR. Ahmad

Menenagkan Diri

Beri waktu untuk menyendiri jauh dari orang lain dan pergi ke suatu tempat. Dengan menyendiri, kamu dapat memikirkan berbagai hal dengan lebih jernih. Jadi duduk dan bernapaslah, lalu temukan solusi untuk masalah yang membuat kamu marah.

Berhenti Sejenak dari Aktivitas

Ketika kamu marah, cobalah untuk berhenti sejenak dan berpikir dengan tentang apa yang ingin kamu lakukan dan katakana. Dengan berhenti dan berpikir, kamu dapat memikirkan kemungkinan akibat atau resiko dari apa yang akan kamu katakan atau lakukan.

Mungkin saja tindakan dan kata-kata kamu akan menyakiti orang lain atau memperbaiki situasi? Hal ini akan membuat kamu bisa memilih tidakan atau kata-kata terbaik supaya memperbaiki suasana bukan malah memperkeruhnya.

Tulis Kekhawatiranmu

Menulis emosi negatif di atas kertas dapat memberimu perspektif baru tentang apa yang telah kamu alami. Beri diri waktu beberapa hari untuk membuat daftar lengkap. Setelah itu, selesaikan masalah satu per satu untuk mengurangi kekhawatiran yang kamu miliki.

Konseling

Cara mengontrol emosi yang terakhir ialah melakukan konsultasi atau konseling kepada ahlinya untuk menemukan solusi terbaik.

Terkadang kamu membutuhkan perspektif orang lain sebelum bertindak atau untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik. kamu dapat meminta saran dari terapis, psikolog atau psikiater agar kemarahan yang berlebihan dapat teratasi.

Itulah beberapa cara mengontrol emosi yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi emosi atau amarah. Kini kamu bisa belajar mengendalikan emosi dengan menerapkan langkah-langkah di atas.

Cobalah untuk duduk sebentar dan bernapas sebelum kamu marah. Pikirkan konsekuensi yang mungkin terjadi jika kamu marah. Jika ini memperburuk keadaan, jangan lakukan itu dan bicarakan dengan orang itu dengan baik.

Jika kamu seorang muslim kamu bisa mencoba cara-cara mengontrol emosi yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad saw dalam hadits-haditsnya. Seperti jika marah dalam posisi berdiri, duduklah, jika masih belum reda maka berbaringlah. Sebab posisi lebih rendah akan menahan amarah begitu juga sebaliknya posisi lebih tinggi akan mudah meluapkan amarah yang tidak terkendali.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload