Untung Rugi Mengambil Pinjaman Tenor Singkat

06 Feb 2018 by Edwin
short tenor loan
short tenor loan

Meminjam uang di perusahaan pendanaan perlu dilakukan secara bijaksana, apakah Kamu ingin mengambil pinjaman singkat, atau dengan jangka waktu yang panjang. Setiap pilihan memiliki untung rugi tersendiri.

Jika berbicara mengenai pinjaman tenor singkat, maka haruslah berbicara mengenai kesiapan akan pembayaran cicilan yang jumlahnya pastilah cukup besar. Ya, semakin pendek masa pinjam, cicilan akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya. Semakin panjang masa pinjam, semakin ringan cicilannya.

Kamu perlu mengetahui keuntungan-keuntungan mengambil pinjaman dengan tenor singkat. Dan Kamu pun juga harus mengetahui kerugian-kerugian yang akan muncul ketika mengambil pinjaman dengan tenor singkat.

Keuntungan

Mengambil pinjaman singkat akan memberikan Kamu keuntungan-keuntungan seperti:

  1. Hutangmu akan lebih cepat lunas
  2. Bunga jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan penggunaan tenor jangka panjang
  3. Kepuasan batin

Namun tentunya pinjaman singkat juga memiliki beberapa kerugian / kekurangan, seperti:

Kerugian

Beberapa kerugian yang dapat terjadi jika Kamu mengambil pinjaman jangka pendek (singkat) antara lain adalah:

  1. Besaran tanggungan bulanan cukup besar
    Akibat dari hal ini adalah rentannya muncul kredit bermasalah. Hal ini terjadi karena tenor jangka pendek akan mengakibatkan alokasi pendapatan akan terserap cukup besar untuk melunasi pinjaman.
  2. Tidak cocok bagi kamu yang ingin menggunakan dana untuk membuka usaha
    Sebuah usaha tidak dapat secara instan menghasilkan keuntungan. Oleh sebab itu, pinjaman jangka pendek bukanlah solusi pendanaan. Apalagi untuk membuka sebuah usaha kerap kali harus mengeluarkan dana-dana tambahan.Banyak kasus di mana penerima pinjaman tidak mampu membayar pinjaman karena uang yang seharusnya dibayarkan terpaksa digunakan untuk mempertahankan kelangsungan usaha. Hal ini menjadi salah satu penyebab seringnya muncul kasus kredit bermasalah.
  3. Lebih Sulit Mendapatkan Pinjaman
    Tenor singkat lebih sulit mendapatkan pendanaan. Apalagi jika riwayat pendapatan di rekeningmu tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh bank.Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa cara yang dapat Kamu lakukan adalah dengan:- melaporkan pendapatan-pendapatan tambahan dalam laporan keuanganmu
    – mengurangi jumlah pinjaman
    – menerima tawaran pinjaman yang lebih panjang

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dalam memilih skema pinjaman dengan tenor singkat. Bagaimanapun juga, meminjam uang harus pintar. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman dengan tenor singkat di KreditPintar sebagai alternatif pendanaan, dan semoga Kamu menemukan jawaban yang Kamu butuhkan.

mobile-closeKredit PintarDownload