6 Tahapan Belajar Mengemudi di Kursus Stir Mobil

10 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Apr 2022

Salah satu cara udah agar cepat mahir mengemudikan mobil adalah belajar di kursus stir mobil. Dibandingkan belajar mengemudi sendiri, tempat kursus mobil lebih aman untuk pemula.

Keunggulan belajar mengemudi di tempat kursus mobil adalah menggunakan mobil modifikasi dan dipandu oleh instruktur berpengalaman. Biasanya mobil dari tempat kursus mobil sudah ditambahkan rem dan kopling pada bagian kursi penumpang paling depan.

Baca juga: Tips Memilih Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Juta dan 50 Juta

Tujuannya, saat pengemudi pemula yang sedang belajar bisa lebih tenang. Selain itu, belajar mengemudi menggunakan mobil dari tempat kursus mobil juga lebih aman. Sebab ketika menabrak sesuatu, instruktur akan langsung menginjak rem.

Semakin tingginya peminat yang ingin belajar mengemudi, tempat kursus mengemudi mobil pun kian menjamur. Sebelum memilih tempat kursus terdekat, simak tips memilih kursus mengemudi untuk pemula berikut ini.

Tips Memilih Kursus Stir Mobil Untuk Pemula

Untuk mendapatkan tempat kursus mobil terbaik dan terdekat dari lokasi Sobat Pintar, perlu diperhatikan janji yang ditawarkan. Jangan sampai tergiur dengan harga paket kursus mobil murah, tapi ternyata tidak sesuai dengan janji layanan yang diberikan.

Hindari kerugian waktu dan finansial, sebab proses belajar mengemudi tidak bisa dilakukan dengan singkat saja. Berikut ini tips memilih kursus mengemudi yang bisa membantu memilih tempat kursus yang tepat.

Pilih Tempat Kursus Mobil dari Lembaga Resmi

Legalitas kursus stir mobil adalah hal yang sangat penting, sebab menyangkut keamanan saat proses belajar mengemudi. Setiap sesi pertemuan mungkin saja terjadi resiko, seperti menabrak atau melanggar lalu lintas.

Jika tempat kursus mobil dari lembaga resmi yang memiliki surat izin penyelenggaraan pelatihan mengemudi, maka secara hukum akan bertanggung jawab saat terjadi pelanggaran tersebut. 

Pilih Kursus Mobil yang Memiliki SKKNI

Tidak hanya legalitas, sebaiknya pilih tempat kursus mengemudi yang memiliki konsep pelatihan berbasis kompetensi. 

Pasalnya dengan memiliki Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), tidak hanya fokus pada skill mengemudi saja, tapi diberikan pula materi pengetahuan resiko mengemudi dan peraturan Undang-Undang lalu lintas. 

Cermati Program atau Paket Kursus yang Ditawarkan

Kursus stir mobil banyak menawarkan harga paket yang murah, tapi beberapa lembaga pelatihan tidak mencantumkan biaya tambahan seperti uang tips instruktur, atau uang bensin. 

Sobat Pintar harus lebih teliti, apakah harga paket yang ditawarkan sudah all in. Apalagi jika ditawarkan ada layanan pembuatan SIM A di akhir pertemuan.

Perhatikan Durasi Tiap Sesi Pertemuan

Ada Pula yang menawarkan harga paket murah dengan jumlah sesi pertemuan yang banyak. Alih-alih terlihat murah dengan jumlah sesi pertemuan lebih banyak, harapan pelanggan ingin cepat mahir mengemudi.

Namun setelah diperhatikan, ternyata durasi tiap sesi pertemuan sangat singkat. Sebaiknya pilih saja paket mengemudi dengan hitungan jam pelatihannya. Lalu, bisa diatur tiap sesi pertemuan ajukan 60 menit agar lebih maksimal.

Pilih Instruktur Kompeten 

Selain memilih lembaga kursus mobil yang tepat, perhatikan juga instruktur atau pengajar kursus mengemudi. Tanyakan terlebih dahulu, apakah instruktur di tempat lembaga memiliki bukti sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pastikan juga sertifikat instruktur diberikan dari instansi atau lembaga terpercaya. Dengan begitu, saat belajar mengemudi akan lebih tenang, aman dan nyaman.

Tidak heran kan kalau biaya kursus stir mobil harganya relatif mahal? Sebab, lembaga kursus mobil yang terpercaya pasti memberikan instruktur terbaik. Selain itu, ada beberapa tahapan belajar mengemudi yang umumnya diajarkan. 

Baca juga: Berbagai Hal Mengenai Sewa Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

6 Tahapan Belajar Mengemudi

Belajar mengemudi untuk pemula tidak bisa langsung turun ke jalan, hal pertama yang wajib diketahui adalah pengenalan fungsi-fungsi dari mobil. Itu lah sebabnya tidak bisa belajar mengemudi sendiri, akan jauh lebih baik didampingi oleh instruktur professional.

Umumnya ada 6 tahapan belajar mengemudi yang kerap diberikan oleh tempat kursus mengemudi. Kenali masing-masing tahapan belajar mengemudi berikut ini.

Pengenalan Instrumen Dasar Mobil

Sesi pertemuan pertama kursus mengemudi biasanya instruktur menjelaskan fungsi dari instrumen mobil. Sobat pintar akan dijelaskan posisi dan fungsi rem, kopling, rem tangan, pedal gas, pengatur tempat duduk, pengatur lampu, dan sebagainya.

Pengenalan pertama biasanya belum terlalu detail, hanya fungsi dasar saja. Lalu, dijelaskan cara kerja pedal gas, rem dan kopling mobil, instruktur akan menjelaskan cara mematikan dan menyalakan mobil terlebih dahulu. 

Teknik Dasar Mengemudi

Selanjutnya, instruktur akan membawa Sobat Pintar ke area lapang untuk mempelajari teknik dasar mengoperasikan mobil. Untuk pemula, biasanya diajarkan hal dasar berikut ini.

  • Cara starter mobil
  • Cara mengoperasikan kopling dan transmisi
  • Cara maju dan mundur mobil
  • Cara berbelok
  • Cara berhenti lalu berjalan lagi

Uji Coba Turun ke Jalan Raya

Setelah pengenalan teknik dasar mengemudi, instruktur akan membawa mengajak Sobat Pintar turun ke jalan. Tujuannya untuk adaptasi mengemudi di medan yang seharusnya. 

Awalnya, untuk pemula pasti merasa kaku dan takut tiba-tiba bisa menabrak. Tenang saja, mobil dari tempat kursus mengemudi suda dimodifikasi. Saat tidak bisa reflek menginjak rem, instruktur akan sigap menginjak rem.

Ketika turun ke jalan raya, biasanya instruktur akan memberikan teknik-teknik mengemudi berikut ini.

Mengendalikan Gas

Instruktur akan mengajarkan bagaimana cara mengendalikan gas dan kopling saat berada di kondisi jalanan sepi, ramai, macet, melewati polisi tidur dan melewati tikungan. 

Adaptasi dan Feeling dengan Ukuran Mobil

Instruktur juga akan menjelaskan bagaimana menyalip, menjaga jarak, melewati jalan sempit dan berpapasan dengan kendaraan lain. Salah satu caranya adalah memperkirakan feeling ukuran mobil.

Mengendalikan Stir Mobil

Pengemudi pemula yang baru pertama kali memegang stir mobil biasanya masih kaku. Instruktur akan mengajarkan bagaimana mengendalikan stir agar tetap lurus, atau saat berbelok.

Cara Menggunakan Spion

Selain cara mengendalikan stir, instruktur juga akan mengajarkan bagaimana cara mengemudi dengan fokus tapi tetap sesekali memperhatikan spion. 

Trik Mengemudi di Medan Khusus

Setelah beradaptasi mengemudi di jalan raya, instruktur akan mengajarkan teknik untuk medan tertentu. Contohnya, cara mengendalikan mobil ketika tanjakan, putar balik, berbelok di jalan sempit, parkir dan sebagainya.

Trik mengemudi di medan khusus ini membutuhkan latihan berulang hingga lancar. Pasalnya cara mengemudi seperti parkir paralel atau seri butuh skill dan sudah terbiasa dengan operasi antara pedal gas, rem, dan kopling.

Teori Etika Mengemudi di Jalan

Bisa mengemudi mobil mungkin mudah, tapi bisa menjadi pengemudi yang berkendara dengan baik dan benar itu perlu pengetahuan aturan berlalu-lintas. Jika ingin mudah mendapatkan SIM A, Sobat Pintar harus memahami teori etika mengemudi ini. 

Pasalnya selain kemampuan mengemudi,  teori ini akan digunakan untuk uji kompetensi mengemudi.

Uji Kompetensi Mengemudi

Tahapan terakhir sebelum mendapatkan SIM, Sobat Pintar harus mengikuti uji kompetensi mengemudi. Uji kompetensi ini tujuannya untuk mendapatkan sertifikat mengemudi yang nantinya bisa digunakan untuk lebih cepat mengurus SIM.

Baca juga: 4 Tips Melakukan Cicilan Mobil dengan Aman

Demikian tahapan belajar mengemudi yang kerap diberikan oleh kursus stir mobil. Biaya kursus cukup bervariasi mulai dari 750 ribu hingga 1, 8 juta rupiah. Harga tersebut tergantung dari jenis mobil yang digunakan, pilihan paket dan layanan yang ditawarkan. 

Jika diluar budget pengeluaran, Sobat Pintar bisa menggunakan pinjaman dari Kredit Pintar. Aplikasi pinjaman online di bawah pengawasan OJK, proses pengajuan cukup 10 menit saja.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download