Berbagai Hal Mengenai Sewa Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

16 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021

Saat ini, banyak orang yang memang membutuhkan mobil, baik untuk keperluan pekerjaan atau untuk liburan. Tentu saja, karena memang kebutuhan yang semakin meningkat ini, maka bisa kita lihat banyak sekali jasa sewa mobil yang bisa ditemukan. 

Mercedes Benz Parked In A Row

Berbagai jasa yang ada tentu saja menawarkan harga terjangkau dengan fasilitas sepadan. Biasanya, beberapa jasa juga memiliki produk jasa sewa lainnya. Seperti misal sewa lepas kunci, sewa harian, bulanan dan lain sebagainya. Banyaknya jenis sewa ini disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang. Sehingga, selalu dibutuhkan setiap waktu. 

Sebelum memilih tempat sewa mobil, maka kamu harus mengetahui dulu beberapa tips dalam memilih jasa tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari. Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

Beberapa Tips Mudah Mencari Tempat Sewa Mobil 

Foto stok gratis dealer mobil, kunci, kunci mobil

Mengetahui Kebutuhan Kamu 

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui kebutuhan kamu terlebih dahulu. Maksudnya adalah kebutuhan dalam melakukan penyewaan mobil. Biasanya, kebutuhan ini akan mempengaruhi jenis mobil, dan jenis layanan yang akan didapatkan. Akan lebih baik lagi jika kamu menuliskan secara detail mengenai tempat tujuan, jumlah orang dan lain sebagainya. 

Mencari Jasa Sewa Mobil Terpercaya 

Tips sewa mobil yang selanjutnya adalah dengan mencari jasa sewa terpercaya. Seperti yang sudah disinggung di atas, ada banyak sekali tempat penyewaan mobil. Di mana, tidak semuanya kredibel dan terpercaya. Oleh sebab itu, kamu harus bisa membedakan tempat sewa terpercaya dan tidak. 

Nah, untuk itu, kamu bisa bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah sering melakukan penyewaan mobil. Biasanya, dari sana kamu bisa mendapatkan banyak informasi penting. Selain itu, kamu bisa mencarinya di internet. Jangan lupa untuk menelusuri website resmi dari setiap tempat sewa yang menjadi kandidat pilihan. 

Membandingkan Harga dan Fasilitas dari Setiap Tempat Sewa

Selanjutnya, untuk melakukan sewa mobil kamu juga bisa membandingkan harga dan fasilitas dari masing-masing tempat sewa. Setidaknya, dengan melakukan hal ini, maka kamu bisa mendapatkan tempat sewa yang memiliki tarif terjangkau, tapi kualitas bagus. Jika sudah selesai membandingkan, kamu bisa langsung menghubungi tempat sewa tersebut. 

Ketika kamu menghubungi tempat sewa, maka tanyakan lebih jauh mengenai tarif tersebut. Apakah tarif tersebut sudah termasuk tarif untuk keperluan lain seperti bahan bakar atau tidak. Tanyakan sejelas-jelasnya agar nantinya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. 

Memilih Mobil yang Sesuai 

Jika sudah menemukan tujuan penyewaan, tempat sewa mobil terpercaya, beserta tarifnya, jangan lupa juga untuk mengecek jenis mobil yang akan digunakan. Pilihlah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kapasitas mobilnya sampai dengan spesifikasi dari mobilnya tersebut. Pemilihan jenis mobil ini akan mempengaruhi kenyamanan ketika melakukan perjalanan. 

Lima Mobil Aneka Warna Diparkir Di Dalam Kamar

Menanyakan Syarat dan Ketentuan 

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menanyakan syarat dan ketentuan dari tempat sewa tersebut. Tanyakan beberapa hal yang memang masih belum kamu pahami. Kamu memang perlu menanyakan syarat dan ketentuan ini dengan baik, agar nantinya tidak ada masalah dalam proses administrasinya. 

Menanyakan Kondisi Mobilnya 

Ketika sudah mendapatkan jenis mobil yang cocok, tarif dan paham terhadap syarat dan ketentuannya, maka yang selanjutnya adalah kamu harus menanyakan kondisi mobilnya. Kamu bisa menanyakan kapan terakhir mobil tersebut mendapatkan perawatan. Biasanya, kamu bisa langsung datang dan melihat kondisi mobilnya di tempat sewa mobil

Memperhatikan Risiko Kemungkinan yang Akan Terjadi

Ketika menyewa mobil, maka kamu harus memperhatikan secara seksama risiko yang mungkin saja terjadi. Kamu harus memperhitungkan dengan baik mengenai lokasi pengembalian mobil, batas waktu pengembalian mobil, dan berbagai hal penting lainnya. Selain itu, kamu juga harus benar-benar paham mengenai hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. 

Jenis-Jenis Layanan Sewa Mobil 

Setelah mengetahui beberapa tips sewa mobil, kamu harus mengetahui beberapa jenis layanan dari penyewaan mobil ini. Jika ditarik garis besar, maka setidaknya ada 4 jenis layanan sewa. Adapun 4 jenis layanan tersebut adalah sebagai berikut. 

Jenis Sewa Mobil Harian 

Layanan sewa yang pertama adalah sewa harian. Nampaknya, jenis layanan ini sangat disukai oleh banyak orang. Terlebih bagi mereka yang memang memiliki keperluan mendadak di hari tertentu. Jenis layanan ini memiliki jangka waktu yang singkat berdasarkan pemakaian harian. 

Dalam layanan sewa mobil ini, kamu bisa memilih apakah mau menyewa sekaligus dengan sopir atau lepas tangan. Tentu saja keduanya memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Bahkan, untuk tarifnya pun berbeda juga. Nah, untuk sewa lepas kunci, kamu harus memiliki SIM terlebih dahulu. Jika tidak punya, maka tidak akan dapat memilih layanan lepas kunci. 

Jenis Sewa Mobil Antar Jemput 

Jenis layanan lain yang bisa ditemukan di tempat sewa mobil adalah antar jemput. Layanan yang satu ini biasanya dipilih oleh instansi pendidikan atau perusahaan. Jenis layanan yang satu ini biasanya dikenal dengan nama shuttle. Ternyata, layanan sewa ini juga bisa digunakan untuk kamu yang membutuhkan jasa pengantaran dari satu tempat ke tempat yang lainnya. 

Jenis Sewa Mobil Bulanan 

Sesuai dengan namanya, maka jenis sewa yang satu ini dihitung bulanan. Untuk minimal penyewaannya sendiri adalah 1 bulan. Karena memiliki jangka waktu yang panjang, biasanya jenis layanan ini dipilih oleh perusahaan besar. Sama seperti layanan harian, pada layanan bulanan ini juga terdapat pilihan dengan sopir atau lepas kunci. 

Nah, pada jasa sewa mobil bulanan ini, biasanya pihak jasa akan melakukan perawatan berkala terhadap mobilnya. Seperti misalnya mengganti komponen yang mengalami kerusakan atau mengganti oli. Biasanya, biaya untuk perawatan ini sudah diberitahukan pada awal perjanjian. 

Jenis Sewa Tahunan 

Terakhir, jenis layanan yang bisa kamu pilih adalah sewa tahunan. Jangka waktu yang ditawarkan oleh jasa sewa ini lebih panjang lagi, mulai dari 3 – 6 tahun. Biasanya, jenis sewa ini dipilih oleh perusahaan yang mencari penyewaan mobil khusus untuk antar jemput karyawannya. Perlu diketahui bahwa tempat sewa akan melakukan perawatan secara berkala. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi mobilnya. 

Untuk melakukan sewa mobil sendiri sangatlah mudah. Kamu bisa mencari tempat sewa terpercaya, lalu menghubunginya melalui website resmi. Beberapa tempat sewa biasanya menyediakan konsultasi untuk para penyewanya. Sehingga, kamu bisa memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya memiliki performa yang baik. Nah, itulah beberapa hal mengenai sewa mobil, jasa sewa mobil, tips dan jenis layanannya. Ada banyak sekali tempat sewa yang bisa dipilih. Pilihlah yang memang sudah sangat terpercaya, bisa dilihat dari testimoni atau portofolio yang tersedia di website resminya. Jangan lupa untuk membandingkan satu jasa sewa dengan jasa sewa lainnya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload