4 Tips Melakukan Cicilan Mobil dengan Aman

20 Apr 2021 by Laruan
cicilan mobil

Kebutuhan transportasi keluarga dan pribadi kian meningkat. Oleh karena itu, cicilan mobil dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang tidak ingin langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Namun, mengajukan permintaan kredit mobil juga memiliki tantangan sendiri. Anda harus terlebih dahulu mempelajari tips dan trik aman dalam melakukannya.

Pembayaran paling aman dalam cicilan mobil adalah dengan menggunakan bank nasional. Cara ini menjadi pilihan pertama masyarakat luas ketika hendak memenuhi kebutuhan keluarga akan kendaraan bermotor. Mengapa demikian? Cicilan mobil dengan Bank dirasa lebih mudah dan aman karena Anda bisa membayarnya per bulan menggunakan uang tunai.

Kendati demikian, Anda juga perlu waspada. Terlebih lagi, Bank tidak mungkin begitu saja menyetujui semua permintaan kredit masyarakat. Biasanya Anda perlu terlebih dahulu menyiapkan beberapa dokumen sebelum mereka bisa melakukan survey dan menyetujui peminjaman.

Nah, sebelum menjalankan prosedur yang berbelit ini, ada baiknya Anda mempelajari bagaimana memilih cicilan mobil yang benar-benar aman dan terpercaya. Yuk, simak tips berikut ini!

Tips 1: Memilih Mobil Impian Sesuai Budget

Sebelum Anda mengajukan cicilan pastikan Anda telah menghitung secara rinci pengeluaran bulanan Anda. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan dengan lebih jelas berapa budget yang dapat Anda sisihkan untuk membeli mobil impian.

Waspadalah dengan kredit! Membeli secara kredit bukan berarti Anda bisa begitu saja memilih mobil yang harganya melampaui kemampuan finansial Anda. Apalagi, jika Anda tidak mampu melunasi cicilan tepat waktu, ada kemungkinan mobil Anda akan ditarik oleh pihak bank.

Tips 2: Hitung Cicilan Mobil Anda dengan Simulasi Kredit

Setelah Anda menentukan mobil yang hendak Anda beli, Anda bisa melakukan simulasi kredit yang biasanya sudah tersedia di situs-situs bank atau kreditan online. Ini akan membantu Anda dalam memperkirakan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli cicilan mobil per bulan.

Jika Anda melakukan pengajuan secara offline, Anda juga dapat meminta simulasi kredit melalui peminjam atau dealer mobil terkait. Memahami tenor dan biaya akan membantu Anda mengkalkulasi kemampuan finansial dan membandingkannya dengan tanggungan kredit.

Dari sini, Anda dapat memutuskan kredit mana yang akan Anda ambil berdasarkan tunggakan dan suku bunga yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips 3: Memilih Uang Muka yang Tepat

Wajar jika Anda tergoda dengan promo kredit yang menawarkan DP rendah bahkan DP 0 rupiah. Namun, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan cicilan besar yang mungkin menghadang ketika mengambil promosi cicilan dengan model seperti ini.

Karena itulah, ada baiknya mempertimbangkan pembelian mobil dengan uang muka yang besar. Mengapa demikian? Cicilan mobil DP besar dapat mengurangi total cicilan Anda per bulannya. Dengan bunga yang juga lebih ringan, cicilan seperti ini nantinya tidak akan memberatkan dan juga dapat lebih cepat selesai.

Tak hanya itu, cicilan bulanan yang rendah juga mampu meringankan beban Anda. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan mobil impian tanpa terlilit hutang yang sangat besar.

Tips 4: Menyesuaikan Cicilan Mobil dengan Kebutuhan Anda

Apakah Anda membeli mobil karena keinginan atau karena kebutuhan? Jika ini hanyalah impian semata, coba pertimbangkan lagi alasan pembelian Anda. Pastikan mobil merupakan kebutuhan karena biaya cicilan dan maintenance yang tidak sedikit mungkin akan membelit Anda.

Tentu saja, memiliki keuangan yang baik akan menghindarkan Anda dari kesulitan semacam ini. Namun, ingatlah bahwa selalu saja ada kebutuhan bulanan lain yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

Mengajukan cicilan mobil yang aman dari problem sita maupun kegagalan finansial merupakan yang utama. Oleh karena itu, Anda harus selalu memikirkan kebutuhan primer Anda sebelum membeli hal-hal tersier seperti mobil.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload