Ikuti Tips Menulis Kreatif Ini, Dijamin Langsung Mahir!

08 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 10 Dec 2021

Menulis menjadi aktivitas yang bisa dikerjakan siapa saja. Tetapi, kalau kita tidak memahami bagaimana langkah-langkahnya, memulai untuk menulis kreatif akan menjadi hal yang bisa bikin pusing kepala. Apakah Sobat Pintar memiliki ketertarikan dalam menulis kreatif? Jika iya, Sobat Pintar wajib mengetahui tips menulis kreatif berikut ini.

Ikuti Tips Menulis Kreatif Ini, Dijamin Langsung Mahir!

Apa itu Menulis Kreatif?

Buat Sobat Pintar yang belum tahu, menulis kreatif itu adalah proses membuat sebuah tulisan yang mencakup sejumlah genre dan gaya yang berbeda di luar lingkup penulisan formal yang seperti penulisan yang sifatnya akademis. Menulis kreatif itu berfokus pada elemen-elemen seperti pengembangan karakter, narasi, dan plot yang memasukkan strukturnya dengan imajinasi dan cerita. Jadi, menulis kreatif itu sifatnya tidak kaku seperti menulis formal ya, Sobat Pintar. Inilah tips menulis kreatif yang bisa dipelajari agar Sobat Pintar bisa semakin mahir dalam menulis.

5 Bentuk Menulis Kreatif

Jadi, Sobat Pintar sudah tahu apa itu menulis kreatif. Nah, ternyata banyak macam atau bentuk dari menulis kreatif, lho. Menulis kreatif sendiri bisa dibagi dalam berbagai bentuk nih. Inspirasi menulis kreatif juga bisa datang dari mana saja, sehingga menulis kreatif menjadi hal yang sangat asyik untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun. 

Baca juga: Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Menulis Artikel Secara Freelance, Intip Tipsnya di Sini

1. Menulis Fiksi

Menulis fiksi dapat memberikan banyak kebebasan kepada penulis untuk menyusun cerita orisinal dan imajinatif yang dapat diisi dengan karakter fiksi yang relatable. Dengan banyaknya pilihan genre dan subgenre, penulis bebas menentukan tema, gaya, dan detail yang lain untuk membangun sebuah cerita yang terasa seperti kehidupan nyata.

2. Menulis Nonfiksi

Bentuk dari menulis kreatif ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan berbagai teknik penulisan kreatif dan gaya sastra untuk menyampaikan narasi nonfiksi yang jujur. Bentuk menulis non fiksi misalnya saja memoar atau esai pribadi, yang keduanya menggunakan lebih banyak emosi dan cenderung menekankan pada alur cerita.

3. Menulis Skrip

Ternyata, menulis skrip atau skenario merupakan salah satu bentuk dari menulis kreatif lho, Sobat Pintar. Menulis skrip dilakukan dengan menjalin narasi ke dalam blok-blok aksi dan teks dialog, hingga menyiapkan seluruh adegan untuk menceritakan sebuah kisah. Biasanya, skrip tersebut ditulis secara eksklusif untuk acara televisi atau film, tetapi dengan berkembangnya teknologi dan perangkat streaming,  ada kemungkinan bahwa skrip ini tidak hanya terbatas untuk acara tersebut.

Baca juga: Kenali Berbagai Tips Menulis Kreatif Untuk Blog

4. Menulis Drama

Menulis drama biasanya dilakukan untuk ditampilkan secara langsung di atas panggung. Drama bisa saja berlangsung satu babak atau beberapa babak, tergantung keadaan ruang, efek, dan kemampuan untuk tampil secara live. Naskah drama perlu ditulis dengan kreativitas yang tinggi untuk menceritakan kisah yang lengkap dan mendalam dengan baik.

5. Menulis Puisi

Puisi adalah tulisan berirama yang biasanya mengungkapkan ide atau isi hati si pembacanya. Puisi juga bisa diiringi dengan musik yang disebut musikalisasi puisi. Puisi, seperti halnya menulis lagu, adalah bentuk menulis kreatif yang penulisnya kerap menggunakan irama dan nada untuk meningkatkan ekspresi ketika membacanya.

Nah, setelah tahu beberapa bentuk dari menulis kreatif, Sobat Pintar sudah menemukan perbedaan antara tulisan kreatif dan yang bukan, kan? Selanjutnya, Sobat Pintar bisa menyimak tips menulis kreatif di bawah ini.

7 Tips Menulis Kreatif

Jika Sobat Pintar ingin membuat tulisan kreatif yang bagus dan mengalir, ikutilah beberapa tips menulis kreatif berikut ini!

1. Rajin membaca 

Hal pertama yang harus Sobat Pintar lakukan sebagai tips menulis kreatif adalah membaca. Akan sulit untuk memulai menulis kreatif jika Sobat Pintar tidak memiliki bacaan untuk dijadikan referensi atau inspirasi tulisan. Penulis terkenal sepanjang sejarah yang telah menulis banyak karya pasti selalu didahului dengan membaca. Jadi, membaca adalah pekerjaan wajib apalagi bagi penulis pemula. Sobat Pintar bisa membaca karya-karya terkenal yang ditulis oleh penulis hebat dalam banyak genre untuk tahu di mana minat Sobat Pintar berada.

2. Selalu Menulis

Kemampuan menulis kreatif tidak muncul secara tiba-tiba tanpa adanya jam terbang yang tinggi. Sekilas, aktivitas menulis terlihat sebagai hal yang sepele. Nyatanya, tidak semua orang bisa menulis secara runtut sambil menghidupkan ide-ide kreatif yang bisa membuat tulisan tersebut semakin menarik. Maka dari itu, jadwalkan beberapa menit dalam sehari untuk mengasah kemampuan menulismu secara kreatif agar skill menulis kreatif senantiasa berkembang.

3. Berlatih Penggunaan Sudut Pandang Dalam Penulisan Cerita

Menulis kreatif sering kali memuat cerita, pesan, atau pelajaran untuk dibagikan. Sebuah narasi tanpa cerita di belakangnya akan terasa datar dan pembaca tidak akan mengerti apa inti dari cerita yang dibuat. Untuk itu, pahami berbagai klasifikasi sudut pandang dalam penulisan kreatif agar cerita yang disusun tetap bisa menarik dan penuh makna.

4. Gunakan Instrumen Sastra

Instrumen sastra dapat membantumu untuk menulis kreatif dengan jelas dan menciptakan kesan tersendiri, yang merupakan bagian integral dari tulisan kreatif, antara lain; sajak,metafora, perumpamaan, dan kiasan lainnya yang bisa menciptakan kesan yang bermakna dalam sebuah tulisan. Sobat Pintar juga bisa menggunakan pilihan kata yang tepat, peribahasa, ungkapan, dan lain sebagainya untuk membuat tulisan kreatifmu semakin kece.

5. Kenali Pembaca

Sobat Pintar harus kenal siapa pembaca dari tulisan kreatifmu. Apakah tulisanmu hanya untuk kalangan terbatas? Apakah tulisanmu hanya untuk sesama anak muda? Atau apakah Sobat Pintar seorang penulis kreatif yang mencoba masuk ke kalangan orang-orang dewasa? Hampir tidak ada tulisan yang dapat menarik semua jenis usia, sehingga mengetahui pembaca atau bisa dikatakan segmentasi dapat membantumu menulis dengan mudah.

6. Review Tulisanmu

Seorang penulis jarang bisa membuahkan tulisan yang benar-benar bagus di draft pertama. Setelah selesai menulis, pastikan Sobat Pintar memeriksa dan membaca ulang tulisanmu, apakah sudah tepat alurnya, jangan takut mengganti atau membuang kata atau kalimat sekiranya kurang tepat. Tulisan kreatif yang baik adalah tulisan yang setelah selesai dibuat di draf pertama, dibaca berulang-ulang dan diperbaiki hingga menghasilkan tulisan yang sempurna.

7. Ikuti Kelas Menulis 

Workshop atau kelas menulis cocok Sobat Pintar ikuti apalagi Sobat Pintar dapat bertemu dan berbagi informasi maupun pengalaman dengan para peserta lain. Melalui kelas menulis, Sobat Pintar akan dipertemukan dengan komunitas penulis yang semuanya dapat membantu proses menulis kreatif dengan memberikan feedback dan kritik membangun pada berbagai elemen dalam tulisan, misalnya, cerita, karakter, latar, atau pilihan kata. Tidak ada salahnya mengikuti kelas menulis kreatif untuk mendapatkan inspirasi dan beragam manfaat lainnya.

Baca juga: Simak Cara Untuk Menulis Artikel Dengan Benar

Nah, banyak kan tips menulis kreatif yang bisa Sobat Pintar lakukan? Jangan ragu memulai menulis, apalagi mengikuti kelas menulis untuk meningkatkan skill Sobat Pintar. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download