Ini Tips Dan Cara Membuat Artikel Untuk Yang Suka Nulis

30 Oct 2021 by Laruan

Apakah Sobat Pintar terpikirkan untuk menghasilkan uang dengan menulis artikel tapi masih bingung bagaimana cara membuat artikel yang bagus? Tidak perlu khawatir, pada pembahasan kali ini akan diberikan tips dan langkah-langkah yang tepat mengenai cara membuat artikel yang tentunya akan mudah dipahami dan diimplementasikan bagi Sobat Pintar yang punya hobi menulis.

Ini Tips Dan Cara Membuat Artikel Untuk Yang Suka Nulis

Situasi pandemi memaksa semua pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan bisnisnya secara online dan digital, tak terkecuali kegiatan promosinya. Media sosial yang semakin marak, website, blog, dan platform online lainnya juga tak kalah ramai, telah menjadi media dan tempat yang digunakan sebagai alternatif promosi bagi para pebisnis agar bisa mempertahankan intensitas transaksinya. Hal ini yang mendasari jasa copywriting semakin dilirik dan berkembang. Dalam hal ini, artikel menjadi salah satu bentuk promosi copywrinting yang dapat dilakukan. 

Artikel dinilai cukup efektif dalam menaikkan traffic, SEO, dan transaksi mereka secara langsung maupun tidak langsung. Namun, semua ini dapat dicapai jika artikel yang dibuat bagus, menarik dan juga mengandung SEO yang dapat menaik pencarian search engine. Problem-nya, tidak semua orang memiliki kemampuan dan pengetahuan cara membuat artikel yang sesuai dan dicari para pelaku usaha. Oleh karena itu, mari simak mengenai tips dan cara membuat artikel yang akan dimulai dengan pembahasan tentang apa itu artikel.

Apa Itu Artikel?

Artikel adalah jenis tulisan yang berisikan gagasan, pendapat, pikiran, saran bahkan kritik terhadap sebuah fenomena yang pernah atau pun sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Ada banyak jenis artikel yang ada dan populer di internet. Jika dilihat berdasarkan tujuannya, ada lima jenis artikel yaitu, artikel news, how-to, feature, editorial, dan profile.

Artikel news adalah artikel yang berisikan informasi berupa berita-berita yang sedang terjadi, sedangkan artikel feature merupakan artikel yang menyajikan informasi dengan cara dan model yang deskriptif dan lebih kreatif. Berbeda lagi dengan artikel how-to yang menjelaskan mengenai suatu cara untuk melakukan sesuatu. Artikel editorial ini biasanya berisi pendapat penulis mengenai suatu debat atau topik. Dan artikel profile menggunakan informasi yang biasanya dikumpulkan melalui penelitian latar belakang dan wawancara.

Cara Membuat Artikel

Selain artikel copywriting, Sobat Pintar dapat membuat segala jenis artikel yang diinginkan. Tentu saja membuat artikel ini dapat menjadi side job bagi Sobat Pintar. Oleh karena itu, sekarang akan dibahas mengenai cara membuat artikel yang bagus dan menarik. Mari simak langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  1. Menentukan Topik Artikel

Tips untuk menentukan topik yaitu dengan memahami tipe atau jenis artikel. Ini akan membantu untuk pembuatan artikel ke depannya. Topik bisa didapatkan dari tujuan pembuatan artikel hingga kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Topik artikel tidak selalu harus tentang sesuatu yang rumit dan butuh banyak pemikiran, sesuatu yang sederhana juga bisa menjadi topik utama.

Saat topiknya sudah ditentukan, jangan lupa untuk brainstorming atau mengembangkan topik tersebut. Hal ini berguna untuk menguatkan topik artikel yang sudah ditentukan. Tips lainnya jika Sobat Pintar masih bingung, tidak ada salahnya menentukan topik yang berhubungan dengan passion sehingga penulisan artikel akan lebih menyenangkan dengan penuh ide. 

  1. Melakukan Riset

Langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah riset mengenai topik yang sudah ditentukan. Riset ini yang nantinya akan menjadi dasar dari artikel yang Sobat Pintar buat, bisa berupa definisi, anekdot, kutipan, referensi, dan lain-lain yang mungkin berhubungan dengan topik artikel. Semua riset yang dilakukan bisa dikumpulkan dan disimpan ke sebuah folder, buku catatan, atau tempat penyimpanan lainnya yang bisa dilihat dan digunakan sewaktu-waktu.

Saat meriset jangan lupa untuk melacak dan menyimpan alamat atau sumber dari data yang diambil ya, tips ini bisa untuk berjaga-jaga saat data diminta verifikasinya. Memang terkesan ribet, namun dengan melakukan riset ini Sobat Pintar akan mendapatkan banyak manfaatnya, misalnya mengetahui siapa dan apa yang sedang dibutuhkan audience atau pembaca artikel. 

  1. Mulai Menulis Artikel

Cara membuat artikel berikutnya adalah inti dari artikel itu sendiri, yaitu, menulis. Sebelum memulai menulis, ada baiknya untuk mengikuti tips ini terlebih dahulu di mana Sobat Pintar harus membuat outline atau garis besar dari isi artikel yang ingin dibuat. Dengan membuat outline, Sobat Pintar jadi punya gambaran yang jelas dan proses penulisan akan menjadi lebih cepat karena waktu untuk berpikir poin selanjutnya dalam isi artikel sudah ditentukan.

Langkah ini kemudian bisa dimulai dengan memberikan perkenalan terhadap topik dan judul artikel itu sendiri. Kemudian penulisan dilanjutkan dengan mengikuti outline atau garis besar yang sudah dibuat selanjutnya. Usahakan outline yang dibuat mengandung tujuan yang sebenarnya ingin Sobat Pintar sampaikan melalu artikel ya. Jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih pada struktur kalimat dan kata ya. 

  1. Membaca Ulang Keseluruhan Artikel

Setelah artikel selesai, jangan lupa untuk membaca dan memeriksa ulang keseluruhan artikel. Hal ini berguna untuk meminimalisir kesalahan yang tidak sengaja dibuat, seperti, kesalahan penulisan, kalimat, kata, dan lainnya. Jika Sobat Pintar mendapatkan sesuatu yang sepertinya salah atau terasa asing, jangan ragu untuk langsung menggantinya dengan kata atau kalimat yang dirasa lebih cocok ya.

Tips selanjutnya adalah Sobat Pintar dapat membacakan artikel itu kepada teman atau partner. Mintalah dia memberikan pendapat mengenai artikel tersebut. Sobat Pintar juga bisa memberikan beberapa pertanyaan yang mungkin dirasakan, seperti, pemahamannya, penilaiannya, dan saran apa yang mungkin akan dia berikan dengan mengacu artikel itu. Dengan mempertimbangkan jawabannya, Sobat Pintar dapat memastikan apakah audience mengerti dan bagaimana pendapat mereka.

Nah, itulah beberapa tips dan cara membuat artikel yang dapat Sobat Pintar praktekan di rumah dan di mana pun. Mungkin, di awal akan terasa susah dan berat tapi pasti akan ringan dan menyenangkan jika Sobat Pintar terus berlatih dan mengembangkan pengetahuannya mengenai cara membuat artikel ini. Apalagi jika Sobat Pintar menyukai dunia menulis dan bisa memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan, sangat menarik bukan?Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Jiran, jika Sobat Pintar tertarik dan ingin mempelajari lebih dalam, cobalah mengikuti kelas dan pelatihannya. Walaupun harus berbayar, tetaplah akan sangat worth it jika ilmu yang disampaikan sesuai dan tepat. Masih ragu-ragu karena tidak memiliki alokasi finansial untuk ini? Tenang saja, Kredit Pintar dapat menjadi solusi untuk Sobat Pintar yang senang mengembangkan kapabilitasnya. Dengan pengajuan kredit yang mudah dan cepat, Sobat Pintar bisa langsung menambah ilmu sekarang juga.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload