8 Tips dan Trik Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

19 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 19 Oct 2022

Para pemilik usaha tak jarang kini mulai melirik dunia digital demi mengembangkan bisnisnya. Bagi pemilik usaha yang akan mencoba peruntungannya di dalam dunia digital tentu saja memerlukan website atau situs. Akan tetapi tak jarang para pemilik usaha pada dasarnya tidak tahu bagaimana membuat website itu sendiri. Tak perlu khawatir sebab kini sudah ada jasa pembuatan website yang menyediakan layanan pembuatan web sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, website merupakan sebuah media promosi yang sangat murah, efisien dan efektif. Dimana para pemiliknya dapat memberikan informasi tentang produk, penawaran diskon dan promosi menarik lainnya. Penggunaan website dirasa paling efektif lantaran siapa saja bisa mengakses web tersebut lewat perangkat ponsel mereka. Karena itulah para pelanggan dapat menerima informasi dengan lebih cepat sekaligus tepat.

Baca juga : Cara Membuat Wabsite Untuk Bisnis

Tips dan Trik memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

Agar bisa menggunakan jasa pembuatan situs, memang Anda harus mengeluarkan sejumlah uang pribadi terlebih dahulu. Hal ini lantaran penyedia jasa itulah yang akan membuatkan website untuk Anda sesuai keinginan dan kebutuhan. Meskipun begitu nantinya Anda mendapatkan Return on Investment atau ROI yang cukup tinggi. Supaya mendapat layanan pembuatan web terbaik dan terpercaya, di bawah ini ada tips dalam memilih jasa tersebut.

  1. Memperbanyak Membaca Referensi dari Internet

Pada saat ini bermacam jenis dan ukuran usaha memanfaatkan internet sebagai media untuk promosi dan pemasaran baik produk maupun layanan. Apalagi sudah ada banyak hal tersedia di internet untuk para penggunanya seperti Anda. Karena itulah pastinya tidak akan sulit bagi para pemilik usaha agar bisa menemukan jasa pembuatan website lewat internet dengan cara membaca testimoni dan referensi yang tersedia.

  1. Profil dan Legalitas Jasa Pembuatan Situs

Tidak semua perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website benar-benar menawarkan layanan ataupun produk sesuai kebutuhan Anda. Dalam sejumlah kasus ada banyak para pengguna internet yang kemudian tertipu ketika mereka memilih sebuah penyedia layanan. Karena itulah diharapkan agar Anda selalu berhati-hati saat memilih jasa pembuatan situs yang tersedia di internet.

Cara meminimalisir terkena penipuan dari penyedia jasa pembuatan website adalah dengan melihat profil serta legalitas perusahaan tersebut sebelum Anda memutuskan untuk memakai jasa mereka dalam pembuatan website perusahaan. Sementara itu informasi tentang profil perusahaan jasa pembuatan situs bisa Anda akses di halaman bertuliskan tentang kami yang tertera di website tersebut.

Selain itu Anda juga dapat menghubungi perusahaan penyedia jasa website yang dituju agar bisa mendapatkan informasi tambahan seperti legalitas bisnisnya. Memastikan legalitas suatu perusahaan yang nantinya menjadi partner dalam membangun serta mengembangkan usaha online sangatlah penting. Sehingga ketika memerlukan bantuan terkait situs yang dibuat, penyedia jasa tersebut akan senantiasa siap dalam membantu.

Bukan itu saja, legalitas juga menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan penyedia jasa pembuatan website tersebut resmi dan sudah diakui di tanah air. Dengan demikian Anda pun dapat terhindar dari penipuan perusahaan penyedia layanan pembuatan website abal-abal. Hal ini pastinya kan menjadi poin yang dapat membangun kepercayaan di mata pelanggan.

Baca juga : Cara Membuat Blog untuk Pemula

  1. Periksa Portofolio Jasa Pembuatan Situs

Hidup di tahun 2022 mengartikan semua bentuk kejahatan sangat mungkin terjadi dan menimpa Anda. Karena itulah Anda juga harus berhati-hati dengan semua jasa pembuatan website yang ada di internet. Ada cara supaya sebagai pengguna jasa menjadi lebih yakin bahwa penyedia pembuatan website tersebut benar serta memiliki legalitas. Caranya adalah dengan memeriksa portofolio mereka. 

Ketika memilih salah satu jasa pembuatan website, pastikan Anda untuk selalu mengecek website milik mereka dengan begitu hati-hati. Selain itu pastikan mereka mempunyai portofolio atau berupa kumpulan project pembuatan situs yang sudah ataupun tengah dikerjakan. Tak hanya kuantias, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas sekaligus kepuasan pelanggan sebelumnya saat menggunakan jasa tersebut.

  1. Cek Spesifikasi Hosting Perusahaan Jasa

Tentu saja membuat website memerlukan hosting. Ketika para pemilik usaha melakukan riset, Anda dapat mulai mengecek tentang spesifikasi website hosting yang ditawarkan jasa tersebut. Biasanya penawaran website hosting oleh jasa pembuatan website terdiri dari kuota klik atau bandwidth, disk space atau kuota upload, CPU, RAM dan fitur berupa audio backup file.

Setelah itu Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website sekaligus budget yang tersedia. Sebab semakin besar kuota yang sebuah jasa tawarkan, maka semakin tinggi dana yang harus dikeluarkan. Ada banyak sekali jasa pembuatan website yang tersebar di internet dengan penawaran harga tersendiri.

  1. Pastikan Situs yang Dibuat Sudah Mendukung SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan kebutuhan penting untuk website supaya dapat tampil di halaman depan sebuah mesin pencari. Tentu saja website Anda tidak akan bisa muncul di halaman pencarian jika tidak termasuk SEO friendly. Sebuah website yang ramah SEO nantinya semakin mudah muncul di sejumlah mesin pencari termasuk Bing, Yahoo! dan Google. Ini menjadi hal penting lain yang harus diperhatikan selain menemukan jasa dengan harga murah.

  1. Desain Website yang Paling Sesuai

Ketika membuat sebuah website, Anda membutuhkan desain. Karena itulah harap Anda memilih desain website yang sesuai berdasarkan kebutuhan. Selain itu Anda juga dapat memilih salah satu website yang desainnya ingin ditonjolkan dalam situs tersebut. Saat membuatnya Anda dapat berkonsultasi dengan pihak jasa pembuatan website sehingga mendapat desain yang cocok dan tidak keluar dari jalur usahanya. 

Baca juga : Ingin Punya Website E-Commerce Sendiri? Begini Tips Membuat Website E-Commerce Mu!

  1. Buat Daftar yang Harus Ada Dalam Website

Saat memilih jasa pembuatan website penting untuk Anda menentukan apa saja yang harus ada di dalam situs tersebut. Untuk memudahkan hal tersebut silahkan Anda tuliskan sebanyak mungkin apa-apa saja yang termasuk hal penting dan harus ada di website tersebut. Hal penting itu bisa berupa desain logo, pembuatan konten, tingkat keamanan situs sampai kebutuhan pemasaran serta promosi produk secara daring.

  1. Perhatikan Ketersediaan Budget

Salah satu hal yang paling utama dalam memilih jasa pembuatan web yaitu memperhatikan budget di kantong Anda. Sehingga jangan sampai Anda memaksakan memilih penyedia jasa pembuatan website yang mahal akan tetapi ternyata dananya di luar budget. Para pemilik usaha bisa mempertimbangkan beberapa para penyedia jasa pembuatan situs murah. Setelah itu pilih salah satu yang paling dapat memenuhi kebutuhan usaha tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih salah satu di antara banyaknya jasa pembuatan website. Pastikan Anda memilih jasa pembuatan situs terbaik agar tidak sia-sia sudah mengeluarkan uang yang tak sedikit.

Artikel ini adalah hasil kreasi dari Kredit Pintar, perusahaan fintech resmi yang berada di bawah pengawasan OJK, siap memudahkan masyarakat Indonesia melalui penyaluran pinjaman dana secara daring. Pantau selalu blog Kredit Pintar agar memperoleh berbagai informasi dan tips bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download