Cara Membuat Website untuk Bisnis

23 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 23 Dec 2021

Sebagian besar pelanggan akan berharap bisa menemukan bisnis kamu di internet. Apakah kamu menjual produk kamu secara online, atau hanya ingin memberikan beberapa informasi tentang bisnis kamu dan detail kontak kamu. Oleh karena itulah, kamu perlu tahu bagaimana cara membuat website untuk bisnis yang tepat. 

Cara Membuat Website untuk Bisnis

Sebaiknya pikirkan tentang apa yang ingin kamu capai dengan website bisnis sebelum kamu mulai membuatnya. Meneliti website pesaing bisnis bisa membantu kamu mendapatkan gagasan yang jelas tentang apa yang paling cocok untuk kamu.

Ada empat bagian dalam cara membuat website, yaitu nama domain, hosting, manajemen konten, dan desain.

Baca juga: 5 Cara Membuat Website Mudah, Cepat, dan Sederhana

Cara Membuat Website 

Ikuti 4 langkah sederhana ini untuk membuat website kamu hari ini.  

1. Daftarkan nama domain

Nama domain kamu harus mencerminkan produk atau layanan kamu sehingga pelanggan bisa dengan mudah menemukan bisnis kamu melalui mesin pencari. Pelanggan kamu mungkin juga mengharapkan nama domain kamu mirip dengan nama bisnis kamu.

Nama domain juga akan digunakan untuk alamat email bisnis kamu. Meskipun kamu bisa menggunakan alamat email gratis seperti hotmail, mengirim email dari alamat bisnis terlihat lebih profesional.

Untuk mendaftarkan nama domain, kamu perlu mencari registrar terakreditasi dan membayar biayanya. Akreditasi registrar ini adalah wewenang dari PANDI, administrator nama domain Indonesia.

Ingatlah untuk mencatat kapan nama domain kamu perlu diperbarui agar tidak kadaluarsa. Membiarkan nama domain kadaluarsa bisa membuat bisnis kamu rentan terhadap penjahat dunia maya. Baca juga: 

2. Temukan perusahaan hosting web

Cara Membuat Website untuk Bisnis

Sumber: https://www.niagahoster.co.id/ 

Kamu perlu mencari perusahaan web hosting untuk mendapatkan nama domain kamu di internet. Beberapa penyedia layanan internet besar juga menawarkan layanan web hosting. Mereka juga bisa memberi kamu beberapa alamat email. Biaya tahunan untuk hosting web bervariasi tergantung pada seberapa besar website kamu dan berapa banyak kunjungan yang kamu dapatkan. 

3. Siapkan konten kamu

Pikirkan tentang apa yang kamu ingin pelanggan bisa lakukan melalui website kamu. Ini akan membantu kamu menentukan bagian atau halaman apa yang ingin kamu publikasikan. Pertimbangkan informasi atau transaksi apa yang diinginkan pelanggan kamu dan pastikan situs tersebut terstruktur untuk memudahkan mereka menemukan dan melakukan hal-hal yang mereka butuhkan.

Sama seperti kamu mungkin menyewa seorang profesional untuk merancang website, kamu mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menyewa seorang profesional untuk menulis dan menyusun konten kamu.

Website yang dirancang dengan baik dan mudah digunakan oleh pelanggan akan membantu bisnis kamu menonjol. Memiliki konten dan gambar yang relevan dan sesuai akan membantu pelanggan memahami produk dan layanan kamu, dan akan membuat mereka merasa nyaman membeli dari bisnis kamu.

4. Bangun website kamu

Kamu bisa membangun website sendiri atau menyewa developer web profesional. Website harus selalu diperbarui, jadi pastikan kamu merencanakan pemeliharaan berkelanjutan.

Kamu bisa menggunakan paket publikasi website untuk membangun website kamu sendiri. Hal ini memiliki fitur bawaan untuk mengonversi teks dan gambar menjadi konten web dan mengirimkannya ke website kamu.

Mempekerjakan tenaga ahli adalah salah satu cara membuat website kamu lebih ideal baru mengenal bisnis online. Developer web profesional bisa membangun website kamu dengan cepat dan memberikan panduan tentang desain web yang sukses. Mempekerjakan seorang profesional akan sangat berguna kalau kamu ingin memiliki toko online atau menawarkan layanan lain melalui website kamu.

Kamu perlu mendesain website supaya bisa dengan mudah diakses di ponsel dan perangkat seluler lainnya. Mengoptimalkan website kamu untuk penggunaan seluler berarti semakin banyak orang yang menggunakan ponsel dan tablet untuk mengakses internet bisa menggunakan website kamu saat mereka bepergian.

Baca juga: Strategi Pengembangan Produk Kriya dalam Ekonomi

Upgrade Website Kamu 

Cara Membuat Website untuk Bisnis

Sumber: https://www.pexels.com/photo/apple-laptop-notebook-office-39284/ 

Nah, website kamu sudah aktif. Sekarang apa? Kalau sudah tahu cara membuat website dan mempublikasikannya, kamu bisa mulai mempromosikan dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan kunjungan dan meningkatkan UX. 

1. Perbarui website kamu

Website bukan buku. Setelah dipublikasikan, website masih bisa diperbarui. Pastikan kamu membuat konten baru dan relevan saat kamu memiliki kesempatan dan kamu terus memperbarui website. 

2. Penentuan posisi online

Untuk menarik pengunjung sebanyak mungkin, kamu harus mengoptimalkan SEO website kamu. Hal ini tidak terlalu rumit tetapi membutuhkan waktu dan tenaga. 

3. Analisis web

Upaya kamu dalam penentuan posisi online akan sia-sia kalau kamu tidak mengukur lalu lintas website kamu. Dengan begitu, kamu akan tahu apakah itu efektif atau tidak. Alat analisis website yang paling populer adalah Google Analytics. Dan ini gratis!

Tentu saja, setelah kamu mempublikasikan website, kamu harus mendaftar ke Google Search Console untuk memberitahu Google bahwa halaman kamu ada dan mendapatkan informasi. Atau setidaknya kirimkan URL website kamu ke Google untuk bisa mengindeksnya.

4. Pemasaran email

Strategi biasa lainnya, terutama untuk bisnis, adalah mengirim email reguler kepada pengunjungnya agar tidak kehilangan kontak. Hal ini sangat berguna untuk toko online, usaha kecil, dan blogger. Pemasaran email adalah ilmu tersendiri. 

5. Media sosial

Terakhir, sebagian besar website juga memiliki profil media sosial untuk bisa berinteraksi dengan pengunjung secara gratis di luar website. Hal ini umumnya digunakan oleh profesional visual, seperti ilustrator, desainer, atau fotografer.

Kiat Berguna untuk Membuat Website

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:pexels-photo-106344.jpeg
  • Pikirkan tentang apa yang ingin diketahui oleh pelanggan kamu, bukan hanya apa yang ingin kamu sampaikan kepada mereka.
  • Sewa tenaga profesional untuk membantu kamu. Website yang tidak profesional berpotensi membuat pelanggan kecewa.
  • Perbarui website kamu secara teratur, terutama kalau kamu menyertakan informasi tentang harga.
  • Pastikan detail kontak kamu benar dan mudah ditemukan oleh pelanggan kamu.
  • Promosikan website kamu dalam materi pemasaran kamu dan sertakan di kartu nama kamu.
  • Cari tahu bagaimana kamu bisa membuat website kamu mudah ditemukan oleh mesin telusur, seperti Google. Hal ini disebut optimisasi mesin pencari (SEO). Developer web bisa membantu kamu dengan SEO untuk website kamu.

Baca juga: Jurus Jitu Tingkatkan Penjualan Online

Mempelajari cara membuat website bukanlah hal yang mudah, bahkan dengan panduan terperinci untuk membantu kamu. Akan tetapi, tentunya padai sisi lain, akan sangat memuaskan saat kamu memperoleh keterampilan baru dan mulai melihat hasil kerja keras kamu secara gratis.

Tapi jangan berhenti di sini. Gunakan pengetahuan baru kamu untuk mempelajari lebih lanjut dan menerapkan fungsi dan fitur yang lebih kompleks. Dengan cara ini, kamu tidak hanya akan belajar cara membuat website, tetapi juga website yang sesuai dengan keinginan. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, dan promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download