5 Cara Membuat Website Mudah, Cepat, dan Sederhana

10 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 14 Dec 2021

Semakin banyak orang tertarik untuk belajar cara membuat website dengan berbagai alasan. Ada yang ingin membuat akun jualan online miliknya tampak lebih profesional dengan adanya situs web. Ada juga yang ingin sekedar berbagi cerita atau curhat di website milik sendiri.

Membuat website tidak selalu identik dengan rumit karena ada cara membuat situs web yang mudah, cepat, dan melibatkan berbagai proses yang cukup sederhana. Anda tidak perlu mempunyai kemampuan dalam hal coding untuk bisa membuat situs web milik sendiri.

Cara Membuat Website Cepat dan Mudah

Dibutuhkan beberapa langkah mudah untuk membuat situs web. Tidak diperlukan keahlian teknis untuk bisa membuat situs web asalkan Anda mengikuti setiap petunjuk yang ada di bawah ini dengan seksama.

Baca juga: Cara Bikin Pizza Teflon Empuk

  1. Tentukan Jenis Situs Web yang Akan Dibuat

Ada banyak sekali jenis situs web yang tersedia dan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama adalah website toko online untuk menjual berbagai produk secara online. Lalu ada website pribadi atau blog yang mengutamakan informasi dan bisa digunakan oleh bisnis atau pribadi.

Kemudian ada situs web portofolio yang berguna untuk membangun suatu identitas online agar tampak lebih profesional. Yang keempat adalah situs berita yang nantinya akan menampilkan berbagai artikel bertema berita terbaru. Dan yang terakhir adalah website forum sebagai wadah komunitas online.

  1. Menentukan Platform Situs Web

Cara membuat website yang paling sederhana ini tidak akan melibatkan kode PHP, CSS, maupun HTML yang rumit dan butuh banyak waktu. Anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat website milik Anda sendiri dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus memahami pemrograman.

Cukup masukkan nama situs web, deskripsi website, lalu menentukan template dan situs web Anda akan siap untuk digunakan. WordPress juga merupakan pilihan terbaik bagi yang ingin membuat situs web secara gratis tapi tetap mempunyai kualitas yang bagus.

  1. Menentukan Nama Domain dan Hosting

WordPress memungkinkan Anda untuk membuat website dengan gratis. Tapi bukan berarti tidak diperlukan biaya apapun untuk membuat situs web. Dibutuhkan sedikit biaya untuk menyimpan data situs web Anda di hosting serta untuk membeli sebuah nama domain.

Layanan hosting sendiri ada banyak jenisnya, tapi yang paling terkenal adalah shared hosting yang harganya murah dan mudah digunakan. Selain itu ada cloud hosting bagi Anda yang membutuhkan kapasitas besar. Dan yang terakhir ada VPS hosting yang menawarkan performa optimal.

Nama domain adalah alamat situs web Anda. Bagian ini harus dipikirkan dengan serius. Anda juga perlu menambahkan akhiran tertentu seperti .com, .net, .info, dan sebagainya sesuai dengan jenis situs web Anda.

  1. Install WordPress Secara Manual

Cara membuat website berikutnya adalah menginstall WordPress. Langkah ini sebenarnya bisa langsung dilewati jika Anda membeli hosting di salah satu penyedia yang menawarkan fitur khusus yaitu Auto Install WordPress.

Fitur Auto Install WordPress tersebut akan sangat memudahkan para pemula dalam membuat situs web miliknya sendiri. Tapi kalau penyedia hosting yang Anda pilih tidak menyediakan fitur ini, Anda tetap harus melakukan proses instalasi WordPress secara manual. Bagaimana caranya?

  • Pertama-tama login dulu ke cPanel melalui link yang dikirimkan ke email Anda. Biasanya link tersebut akan berbentuk seperti ‘http://namadomain/cpanel.
  • Cara membuat website selanjutnya adalah mengklik logo atau ikon WordPress di bagian yang berjudul Softaculous App Installer. Lalu langsung saja klik tombol yang bertuliskan Install Now.
  • Berikutnya, pilih domain yang Anda inginkan di bagian Choose Domain. Kosongkan kolom yang berjudul In Directory.
  • Masukkan nama situs web Anda di bagian Site Name dan lengkapi bagian deskripsi situs web di bagian Site Description.
  • Tentukan username serta password yang nantinya akan Anda gunakan untuk masuk atau login ke dashboard WordPress.
  • Proses instalasi yang sudah selesai akan menampilkan suatu pesan yang berisi alamat situs web dan URL untuk login ke situs web Anda.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T, Smartphone Terbaru

  1. Mengoptimasi Pengaturan WordPress

Cara membuat website kelima yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimasi pengaturan WordPress sehingga menghasilkan suatu situs web yang lebih optimal. WordPress yang baru saja terinstall masih merupakan versi default dengan pengaturan dasar.

Untuk mengoptimasi pengaturan WordPress ada berbagai langkah yang bisa Anda lakukan. Sesuaikan pengaturan dengan kebutuhan bisnis atau keinginan Anda sendiri. Beberapa pilihan pengaturan yang bisa Anda lakukan adalah:

Mengubah tema WordPress

Gunakan tema yang original serta SEO friendly, jangan gunakan tema bajakan agar situs web Anda tidak terblokir dan bisa tetap digunakan selama-lamanya. 

Membuat sitemap

Cara membuat website yang satu ini cukup penting karena sitemap berfungsi untuk memberikan petunjuk pada pengunjung dan pada search engine tentang seluruh halaman di situs web Anda yang bisa diakses. Ada banyak cara untuk membuat sitemap ini, misalnya menggunakan XML.

Permalink default dari WordPress biasanya mempunyai struktur yang cukup panjang dan mencakup nama URL serta tanggal. Google lebih suka dengan permalink yang mengandung judul atau keyword. Pastikan permalink yang Anda gunakan mengandung nama postingan.

Menginstal plugin SEO

SEO merupakan tools yang akan membuat situs web Anda muncul di mesin pencarian seperti Google maupun mesin pencari yang lainnya. Pengaturan SEO ini sebaiknya dilakukan ketika Anda pertama kali membuat situs web.

Mengatur keamanan WordPress

Pengaturan keamanan adalah bagian dari cara membuat website yang tidak boleh Anda lewatkan agar situs web Anda terhindar dari serangan berbahaya seperti brute force attack, malware, virus, dan hacker.

Menginstal plugin backup

Tujuan dari instalasi plugin backup adalah untuk mencegah terjadinya kehilangan berbagai data penting situs web Anda. Backup bisa dilakukan secara otomatis dengan cara memasang plugin backup. Plugin backup sendiri juga bervariasi, misalnya ada UpdraftPlus yang cukup terkenal.

Menginstal Google Analytics

Google Analytics adalah bagian dari cara membuat website yang bisa Anda pakai untuk melihat perilaku para pengunjung blog atau situs web Anda. alat ini bisa membantu Anda memahami apa saja yang sebenarnya mereka cari atau artikel mana di situs web Anda yang paling sering dibaca.

Selain itu, Google Analytics juga bisa menyajikan data lain seperti berapa lama para pengunjung berada di situs web Anda. Manfaatkan data yang dihasilkan untuk menyediakan berbagai konten yang lebih baik dan menarik untuk para pengunjung setia situs web Anda.

Setelah mengikuti semua cara membuat website yang ada dalam daftar di atas, seharusnya aka nada banyak trafik di situs web yang Anda kelola. Kembangkan situs web Anda dengan terus menyajikan informasi penting yang berguna dan sangat dibutuhkan oleh para pengunjung.

  1. Siapkan Modal untuk Membuat Situs Web Terbaik

Seperti yang sudah dibahas di atas, tetap saja dibutuhkan dana untuk membuat situs web Anda bisa beroperasi dan menghasilkan trafik yang bagus. 

Jangan lupa mengikuti semua cara membuat website yang ada di atas dengan seksama agar proses pembuatan situs web bisa berlangsung dengan lancar.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Posisi Keuangan yang Baik

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download