Cara Bikin Pizza Teflon Empuk

26 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 29 Nov 2021

Roti empuk asal Italia ini telah menjadi makanan favorit masyarakat di seluruh dunia. Bagaimanakah sejarahnya? Konon, pizza sendiri telah muncul sejak tahun 997, kata “pizza” merupakan alat tukang roti yang digunakan untuk mengukur suhu oven dan juga sering digunakan sebagai makanan orang miskin yang dijual di pinggir jalan. Ini dia cara bikin pizza teflon empuk

Cara Bikin Pizza Teflon Empuk

Pizza mulai terkenal pada tahun 1889 yang dipopulerkan oleh seorang koki bernama Neapolitan Raffaele Esposito, yang menciptakan resep “Pizza Margherita” yang merupakan pizza dengan topping tomat, keju mozarella, dan basil yang melambangkan warna bendera Italia.

Pizza umumnya dibuat dengan menggunakan oven. Namun, saat ini sudah ada pizza yang dibuat dengan menggunakan teflon. Lalu, bagaimana cara bikin pizza teflon empuk?

Resep roti pizza empuk

Sebelum masuk ke cara bikin pizza teflon empuk, pertama kita harus mengetahui bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat roti empuk dengan topping khas Italia ini.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat pizza teflon yaitu:

  • Tepung terigu kunci biru sebanyak 500 gram
  • Ragi instan sebanyak 7 gram
  • Gula pasir sebanyak 25 gram
  • Garam sebanyak 7 gram
  • Susu bubuk sebanyak 15 gram
  • Air es sebanyak 220 gram
  • Telur sebanyak 1 butir
  • Minyak zaitun sebanyak 30 gram

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara bikin pizza teflon empuk. 

  1. Pencampuran bahan kering

Langkah pertama dari cara bikin pizza teflon empuk yaitu dengan mencampurkan semua bahan kering di dalam satu wadah.

Bahan-bahan kering untuk menghasilkan roti empuk bulat ini meliputi terigu kunci biru, gula pasir, dan susu bubuk. Siapkan satu wadah seperti baskom atau mangkuk untuk mencampurkan semua bahan-bahan kering tersebut.

Campurkan secara merata semua bahan-bahan kering dengan menggunakan sendok atau sutil. Tepung terigu yang digunakan untuk pembuatan pizza teflon ini yaitu tepung terigu protein sedang. 

Terigu berprotein sedang akan memudahkan proses pengulenan adonan dan juga proses pemasakan adonan roti pizza di atas teflon nantinya.

  1. Pencampuran bahan basah

Langkah kedua dari cara bikin pizza teflon empuk yaitu dengan menambahkan bahan basah ke dalam adonan dari proses sebelumnya. 

Bahan-bahan kering yang digunakan meliputi minyak zaitun, garam, dan air es. Tambahkan air es setelah minyak zaitun dan garam masuk ke dalam adonan, dan tambahkan secara sedikit demi sedikit.

Setelah itu, aduk adonan dengan tangan atau mixer hingga kalis. Roti empuk dihasilkan dari adonan yang kalis. Cara mengecek kekalisan adonan adalah dengan melihat apakah adonan telah membentuk jala transparan ketika dibentangkan dengan tangan dan sudah tidak lengket.

Uleni adonan pizza hingga kalis jika masih belum kalis untuk menghasilkan tekstur roti empuk pizza.

  1. Resting

Langkah ketiga dari cara bikin pizza teflon empuk yaitu resting. Setelah adonan kalis, maka selanjutnya adonan harus didiamkan selama 15 menit atau proses resting.

Tujuan dari proses ini yaitu untuk memberikan waktu ragi yang ada di dalam adonan pizza mengembang secara maksimal, sehingga menghasilkan adonan pizza yang mengembang ketika di oven.

Sebelum proses resting, potong-potonglah terlebih dahulu adonan pizza yang sudah jadi menjadi ukuran yang lebih kecil.

  1. Pencetakan

Langkah keempat dari cara bikin pizza teflon empuk yaitu pencetakan. Proses pencetakan pizza dilakukan dengan cara menggiling adonan pizza yang sudah di resting dengan menggunakan rolling pin hingga menjadi bentuk pipih.

Kemudian, taburi dengan topping dan diamkan selama kurang lebih 20 menit untuk memberikan waktu pengembangan terakhir sebelum adonan pizza dipanggang dengan wajan teflon.

  1. Pemanggangan

Langkah kelima dari cara bikin pizza teflon empuk yaitu pemanggangan. Proses pemanggangan pizza dilakukan dengan menggunakan wajan teflon. 

Siapkan wajan teflon yang akan digunakan untuk memasak pizza dengan cara mengolesi permukaan wajan teflon dengan minyak atau margarin secara merata ke seluruh permukaan wajan teflon.

Masak pizza di atas wajan teflon dengan menggunakan api kecil dan tutup wajan teflon agar panasnya dapat merata seluruh permukaan adonan pizza.

Cek kematangan pizza secara rutin agar tidak sampai gosong. Ketika permukaan pizza sudah terlihat berubah warna menjadi kecoklatan, maka artinya pizza sudah matang dan siap untuk disajikan.

Istilah yang ada pada pizza

Setelah Anda mengetahui cara bikin pizza teflon empuk , maka Anda juga perlu mengetahui beberapa istilah penting yang ada di dalam pizza alias roti empuk khas Italia ini. 

  1. Crust

Istilah pertama yaitu crust yang merupakan bagian pinggiran dari pizza. Tekstur pizza sendiri berbentuk bulat dengan bagian tengahnya berupa roti empuk yang lembab karena adanya tambahan topping pada permukaannya dan bagian pinggiran yang lebih keras dan kering yang disebut sebagai crust.

Crust atau bagian pinggiran pizza ini seringkali diberi isian di dalamnya dengan menggunakan sosis atau keju untuk memberikan cita rasa yang lebih bervariasi.

  1. American style vs Italian style

Para pecinta pizza pasti tidak asing dengan istilah American style ketika membeli pizza. Roti empuk khas Italia versi Amerika ini memiliki ciri yang bisa dikenali yaitu dari saus, topping, dan teksturnya.

  1. Saus

Pizza gaya Amerika Serikat atau American style menggunakan saus yang terbuat dari pasta tomat yang dipanaskan dengan waktu yang cukup lama, sehingga rasanya terasa lebih tajam dan kaya.

Sedangkan pizza gaya Italia atau Italian style menggunakan pasta tomat dari tomat segar dan dicampurkan dengan minyak zaitun yang cukup banyak dan bawang putih serta bubuk oregano. Cita rasa Italian style pizza lebih ringan dan segar.

  1. Topping

Perbedaan dari pizza gaya Amerika dan Italia yaitu dari pilihan topping yang digunakannya. Pizza bergaya Amerika cenderung lebih banyak menggunakan topping dari daging sapi dan olahan daging lainnya seperti sosis, bacon, ham, dan pepperoni.

Sedangkan pizza gaya Italia jarang sekali menggunakan daging sebagai topping melainkan lebih banyak menggunakan keju dan daun-daunan herbal serta olesan tomat dan minyak zaitun.

  1. Tekstur renyah

Perbedaan dari pizza gaya Amerika dan Italia yang berikutnya yaitu dari ciri tekstur renyahnya. 

Pizza bergaya Italia memiliki berbagai tingkat kerenyahan adonan pizza dibandingkan dengan pizza bergaya Amerika. Pizza bergaya Italia cenderung lebih tipis dibandingkan dengan pizza bergaya Amerika yang memiliki tekstur adonan yang lebih tebal.

Penutup

Nah, itu dia penjelasan mengenai asal-usul pizza, resep, cara bikin pizza teflon empuk, hingga istilah-istilah seputar pizza yang sering disebut.

Pizza memang telah menjadi makanan Italia yang mendunia dan bahkan roti empuk dari Italia ini sudah memiliki beraneka macam bentuk inovasi dari seluruh dunia dan juga menjadi bisnis waralaba yang menjamur di seluruh negara.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download