Cara Membuat Nutrijel Yang Kenyal dan Enak, Dijamin Anti Gagal

25 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 26 Aug 2022

Menyantap puding dingin memang nikmat, terutama jika memakai nutrijel sebagai bahan utamanya. Selain karena teksturnya yang kenyal dan mudah diolah, rasa manisnya juga merupakan alasan utama penganan ini digemari. Walau terkesan mudah, ternyata banyak variasi cara membuat nutrijel yang enak.

Puding nutrijel memiliki banyak sekali varian rasa, dari coklat hingga rasa buah yang segar bak buah aslinya. Walau demikian, nutrijel rasa plain seringkali menjadi primadona resep utama puding. Ya, mungkin karena bisa dikreasikan dengan berbagai bahan lain seperti buah-buahan segar ataupun perisa makanan.

Baca juga: Cara Membuat Es Kopyor yang Segar

Macam-macam Jenis Nutrijel

Sebelum mengetahui variasi cara membuat nutrijel yang enak, ada baiknya mencari tahu dulu macam-macam jenis nutrijel yang tersedia di pasaran. Untuk ukurannya, nutrijel tersedia dalam berbagai varian, mulai dari 10 gram hingga 170 gram per kemasannya. Berikut beberapa jenis nutrijel yang bisa didapatkan di toko-toko terdekat.

Nutrijel Coklat

Nutrijel jenis ini merupakan produk paling laris di kelas puding instan. Selain karena rasa coklatnya yang kental dan gurih, teksturnya juga sangat kenyal. Tanpa perlu menambah bahan lain, kita akan merasakan puding coklat asli dalam beberapa menit pengolahan saja.

Oleh karena kepopulerannya, harga nutrijel coklat merupakan lebih tinggi dari nutrijel rasa buah. Varian harganya tergantung dengan ukuran yang dipilih dan berkisan di antara empat ribu hingga tujuh ribuan saja. Dan tentunya, resep pengolahan nutrijel coklat di internet jauh lebih banyak dari jenis lainnya.

Nutrijel Rasa Buah

Nutrijel jenis ini memiliki beberapa varian rasa buah segar, seperti: jeruk, Anggur, Mangga, Leci, Melon, Kelapa Muda dan lain sebagainya. Setiap sachet nutrijel akan disertakan kemasan kecil fruity acid untuk menambah kesegaran dari rasa buahnya. Harganya sedikit lebih murah dari nutrijel coklat.

Nutrijel Rasa Plain

Kebanyakan tutorial ataupun resep mengolah puding nutrijel, menggunakan rasa plain ini. Hal ini dikarenakan rasa dari pada pudingnya dapat dimodifikasi sesuai dengan selera masing-masing. Rasa Plain ini merupakan varian nutrijel yang paling murah beredar di pasaran.

Nutrijel Rasa Cincau

Cincau memang berasal dari Tiongkok, namun penganan ini sangat digemari di Indonesia. Rasanya yang khas dan dapat dipadu dengan berbagai jenis minuman menjadi daya tarik utamanya. Nutrijel rasa cincau memberikan sensasi baru dalam menikmati cincau dengan kekenyalan yang tidak didapatkan dari cincau tradisional.

Baca juga: Cara Buat Sambal Matah yang Mudah dan Enak

Nutrijel Puding Susu

Demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat, Nutrijel mengeluarkan varian premiumnya berupa nutrijel susu dengan bermacam-macam rasa. Nutrijel ini hanya tersedia dalam ukuran 170 gram saja. Tanpa perlu menambahkan susu lagi, kita akan merasakan sensasi menikmati puding mahal bak di hotel bintang lima.

Berikut beberapa jenis rasa Nutrijel puding susu.

Nutrijel Puding Susu Rasa Belgian Chocolate

Rasa coklat Belgia adalah salah satu varian teranyar dari Nutrijel. Hanya dengan mengikuti instruksi cara membuat nutrijel di kemasannya, kita akan merasakan puding coklat mewah bak hotel di bintang lima. Apalagi jika ditambah dengan saus fla yang kita tuang di atasnya, rasanya sulit digambarkan dengan kata-kata.

Nutrijel Puding Susu Rasa Cappucino

 Menikmati kopi adalah trend yang tidak akan pudar dimakan usia. Nutrijel puding susu rasa cappuccino menjadi jawaban penikmat kopi yang ingin merasakannya dalam sebuah puding kenyal. Rasa ini juga merupakan keluaran terbaru dari Nutrijel.

Nutrijel Puding Susu Rasa Buah-buahan

Berbicara nutrijel maka tidak akan lepas dari rasa buah segar yang menjadi ciri khasnya. Tidak terkecuali varian Nutrijel puding susu yang juga memiliki berbagai macam rasa buah, seperti: Mangga, Stroberi, dan Melon. Rasa buah yang dihasilkan tidak kalah dengan buah aslinya.

Cara Membuat Nutrijel

Setelah mengetahui berbagai macam varian dari nutrijel yang tersedia di pasaran, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengolah satu sachet nutrijel menjadi puding yang gurih dan kaya akan rasa. Resep ini berasal dari berbagai sumber dan sudah dipraktekan oleh banyak orang di Indonesia.

Cara Membuat Nutrijel Sesuai Arahan Kemasan

Bahan yang diperlukan hanya satu sachet Nutrijel rasa apa saja, Tiga setengah gelas gelas air atau setara dengan 700 ml air, dan satu gelas gula pasir (200 gram). Campurkan sesachet nutrijell tadi dengan takaran gula yang sudah tersedia atau bisa ditambahkan sesuai selera. Kemudian tambahkan air tadi dan diaduk rata sambil panaskan hingga mendidih. 

Setelah mendidih matikan api dan diamkan setidaknya tiga menit. Setelah itu, campurkan fruity acid ke dalamnya dan aduk dengan merata. Puding Nutrijell siap dicetak dan disimpan ke lemari es untuk hasil yang lebih mantap.

Cara Membuat Nutrijel Coklat dengan Fla segar

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: 1 bungkus agar agar coklat nutrijel, 1 gelas gula pasir, dan 3 gelas setengah air. Untuk Saos fla, bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Bahan-bahan tersebut adalah: 225 ml susu full cream (1 kotak susu fullcream frisian flag), 1 sendok makan maizena, 6 sendok makan gula pasir, dan setengah sdt vanili. 

Langkah pengolahannya

Siapkan panci dan masukan agar agar nutijel, 1 gelas gula pasir dan air kemudian aduk rata. Setelah diaduk, masak di atas kompor dengan api kecil sampai pudingnya mengental dan matang. Setelah matang diamkan sebentar hingga panasnya turun untuk dimasukkan ke dalam wadah.

Setelah tidak panas lagi, masukkan puding nutrijel kedalam wadah sesuai selera. Untuk hasil yang lebih menyegarkan masukan ke dalam kulkas agar dingin. Puding jenis apapun lebih enak jika dinikmati dalam keadaan dingin.

Setelah puding selesai, sekarang waktunya memasak fla. Masukkan susu fullcream dan gula pasir ke dalam panic yang sudah dibersihkan. Kemudian didihkan di atas kompor dengan api kecil. Ketika sudah mendidih, aduk-aduk merata dan jangan ditinggalkan begitu saja. 

Lalu masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air sedikit demi sedikit. Aduk terus sampai tepung maizenanya menyatu sempurna dengan larutan susu. Proses pengadukan tidak boleh berhenti agar susu tidak pecah.

Setelah tepung maizena sempurna menyatu, masukkan vanili. Aduk rata dengan perlahan dan setelah matang masukan ke dalam tempat yang sudah disediakan dan simpan di lemari es sampai dingin. Setelah puding tadi mengeras dan dingin, potong-potong sesuai selera dan letakkan di piring sedemikian rupa.

Langkah terakhir adalah menyiram potongan puding tadi dengan saus fla yang juga sudah didinginkan. Puding coklat dengan saus fla sudah siap untuk disantap. Makan selagi dingin lebih nikmat apalagi ditemani dengan jus segar sebagai pelengkap.

Begitu beberapa cara membuat nutrijel yang dapat kalian tiru di rumah guys. Dengan beberapa langkah sederhana seperti di atas, kalian akan merasakan puding mewah seperti restauran berbintang. Selamat menikmati kesegaran puding yang simpel namun menggugah jiwa.

Baca juga: Onsen Egg: Resep dan Cara Masak Anti Gagal!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download