Onsen Egg: Resep dan Cara Masak Anti Gagal!

07 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 07 Jul 2022

Memasak merupakan kegiatan menghasilkan makanan dari bahan mentah alam, protein nabati maupun hewani, menjadi matang dan aman untuk dikonsumsi. Umumnya, memasak merupakan salah satu jenis kegiatan yang merepotkan dan menguras banyak waktu. Terlebih di tengah berbagai kegiatan dan aktivitas yang semakin hari semakin padat. Sehingga, tidak ada waktu yang cukup untuk mengolah makanan di rumah.

Japanese spicy pork belly rice bowl with onsen eggs Premium Photo

Berbagai inovasi dan kemudahan di bidang kuliner menjadi faktor utama banyaknya orang yang lebih gemar mengkonsumsi makanan instan. Tetapi nyatanya, tidak semua makanan membutuhkan waktu lama dalam proses memasak dan mudah untuk dilakukan di tengah berbagai aktivitas padat sehari-hari.

Telur merupakan salah satu bahan makanan hewani yang banyak digunakan dalam berbagai kreasi masakan nusantara maupun mancanegara. Mulai dari kreasi masakan tradisional hingga modern. Tetapi pernahkan Anda mencoba beberapa jenis kreasi telur dalam berbagai masakan sehari-hari? Salah satu kreasi masakan berbahan dasar telur tersebut adalah onsen egg.

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi telur sehari-hari, pasti tidak lagi asing lagi dengan istilah onsen egg atau onsen tamago. Berbeda dengan telur rebus dan poached egg, meskipun dimasak dengan cara direbus, onsen egg memiliki tekstrur kuning telur yang lebih padat dan putih telur yang lembut. Pembuatan onsen egg juga tergolong mudah dan praktis.

Lalu apa itu onsen egg dan bagaimana proses cara pembuatannya? Simak penjelasan lengkapnya untuk mengetahui informasi lengkap mengenai pengertian dan cara pembuatan onsen egg pada artikel berikut!

Apa itu Onsen Egg?

Onsen egg atau yang juga dikenal dengan nama onsen tamago merupakan salah satu jenis makanan tradisional Jepang. Onsen egg berasal dari dua kata, yaitu onsen yang berarti pemandian air panas dan tamago yang memiliki arti telur. Sesuai dengan namanya onsen egg merupakan makanan Jepang yang dimasak oleh orang-orang atau masyarakat yang tinggal berdekatan dengan sumber air panas.

Onsen egg umumnya memerlukan sedikit banyak waktu dalam proses memasak hingga matang. Hal tersebut dipengaruhi oleh temperatur onsen yang berbeda dengan temperatur pada air mendidih. Meskipun demikian, saat ini banyak yang proses memasaknya hanya merujuk pada teknik merebus telur layaknya di onsen atau pemandian air panas. Sehingga, tidak benar-benar direbus langsung di dalam onsen.

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Minyak Goreng Murah

Onsen Egg dalam Tradisi Jepang

Boil egg in the mineral pool and natural hot water Premium Photo

Masyarakat Jepang yang bermukim di sekitar sumber air panas memiliki tradisi memasak yang cukup unik, khususnya dalam mengolah telur dan sayuran. Biasanya masyarakat akan menggunakan air panas pada area pemandian atau spa untuk memasak sayuran dan benda-benda lain, termasuk telur. 

Cara memasaknya pun cukup mudah. Masyarakat Jepang umumnya hanya tinggal memasukkan sayuran dan bahan-bahan makanan lain ke dalam air panas. Akan tetapi, beberapa bahan makanan lain yang kurang cocok untuk dimasak dalam sumber air panas akan dikukus langsung di atas air mendidih. Karenanya, tidak jarang warna telur akan berubah menjadi hitam pekat karena dimasak dalam sumber air panas.

Karakteristik Onsen Egg

Delicious ramen on dark surface Free Photo

Onsen egg adalah masakan tradisional Jepang yang berupa telur bersuhu rendah dan dimasak dalam waktu yang cukup lama dalam air onsen di Jepang. Karenanya, hidangan ini memiliki karakteristik yang unik dari segi tekstur. 

Pada bagian putih telur, telur ini akan memiliki tekstur seperti puding yang lembut dan halus. Sedangkan, pada bagian kuning telur memiliki tekstur yang empuk namun lebih padat. Hal ini sekaligus membedakan makanan ini dan jenis telur rebus lainnya yang umumnya memiliki tekstur creamy dan meleleh di mulut pada bagian kuning telur.

Tekstur unik tersebut diperoleh dengan proses memasak yang menggunakan perbedaan antara suhu kuning telur dan putih telur. Biasanya telur ini akan disajikan dengan saus mentsuyu atau hanya sekedar menjadi topping sajian makanan Jepang lainnya, seperti ricebowl dan udon.

Baca juga: 14 Franchise Makanan Terlaris 2022 Untung Banyak


Cara Membuat Onsen Egg

Boiled tasty eggs with spices on white plate. high quality photo Free Photo

Bahan-bahan yang diperlukan, meliputi:

  • Telur (4 butir)
  • Bahan kaldu dashi, dashi instan, atau kaldu jenis apa saja (180 ml)
  • Gula pasir (2 sdt)
  • Kecap jepang (120 ml)
  • Mirin (opsional) (2 sdm)
  • Daun bawang yang diiris tipis

Cara pembuatan 

Onsen Egg

  1. Rebus air di dalam panci hingga mencapai suhu 75 derajat celcius. Rebus air hingga cukup panas atau tidak sampai mendidih.
  2. Kemudian, masukkan telur yang sebelumnya telah disiapkan. Rebus dan masak dalam waktu kurang lebih 13 menit. Selama proses memasak, kecilkan api dan usahakaan agar suhu air tetap stabil, yaitu 75 derajat celcius. 
  3. Setelah 13 menit, angkat telur dan segera masukan ke dalam rendaman air es.

Kaldu

  1. Rerebus mirin dengan api sedang. 
  2. Kemudian setelah panas atau hampir mendidih tambahkan gula dan aduk hingga larut.
  1. Tambahkan kecap jepang, setelah gula larut sempurna, dan aduk rata.
  2. Setelah matang, angkat, sisihkan, dan diamkan dalam kulkas.

Saran Penyajian

  1. Campurkan 4 sendok makan kaeshi dengan 180 ml dashi atau sekitar 12 sendok makan dashi.
  2. Aduk rata campuran dashi dan bahan-bahan lainnya kemudian sisihkan.
  3. Kupas cangkang telur secara perlahan agar tidak pecah.
  4. Masukkan telur ke dalam mangkuk saji.
  5. Tuang kuah kaldu yang telah disiapkan sebelumnya.
  6. Berikan irisan daun bawang sesuai selera.
  7. Sajikan bersama dengan nasi hangat. 
  8. Osen egg siap dinikmati.


Baca juga: Fakta Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatan

Tips Membuat Onsen Egg dalam Waktu 1 Menit

Fried eggs in a white plate on dark surface Free Photo

Proses pembuatan onsen egg biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 20 menit, dalam suhu 60-70 derajat celcius. Karenanya, akan sangat disayangkan jika Anda hanya ingin membuat 1 butir telur saja. Terlebih akan cukup merepotkan jika harus selalu menjaga suhu air agar tetap stabil di kompor.

Berikut beberapa trik dalam membuat onsen egg dengan menggunakan microwave dalam waktu 1 menit.

Cara pembuatan onsen egg kurang dari 1 menit:

  1. Siapkan alat dan bahan (telur dan 50 ml air).
  2. Pecahkan telur kemudian masukkan ke dalam mug microwave.
  3. Tambahkan 50 ml air ke dalam mug.
  4. Buat 5 lubang pada kuning telur menggunakan tusuk gigi.
  5. Panaskan telur dalam microwave selama 38 detik (600 W) atau 45 detik (500 W).
  6. Tiriskan telur dan sisa air dalam mug.
  7. Onsen egg siap disajikan.

Demikian penjelasan mengenai resep dan cara masak onsen egg. Semoga dapat membantu Anda dalam memasak telur dengan cara dan metode yang berbeda serta dapat membantu Anda untuk dapat mengkreasikan berbagai bahan makanan di rumah, khususnya dari bahan dasar telur.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download