Fakta Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatan

05 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Belakangan ini, Indonesia tengah menghadapi kemelut kelangkaan minyak sawit di pasaran, yang membuat para masyarakat panik dan kebingungan. Sebab, minyak sawit adalah bahan baku yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, terutama dalam urusan masak-memasak. Tak tanggung-tanggung, harga minyak kelapa sawit ini naik hingga 100%.

Kelangkaan minyak goreng ini tidak hanya dirasakan oleh ibu rumah tangga saja, melainkan juga oleh para pedagang kaki lima. Bahkan, para pedagang kini sudah bersiap untuk menaikkan harga gorengan hingga dua kali lipat berkaitan dengan kondisi ini. Wah, sebagai pecinta gorengan, bagaimana tanggapanmu?

Baca Juga: Alasan Saham CPO Melejit Serta Perusahaan CPO yang Ada di BEI

Minyak Kelapa Sawit dan Sejuta Rahasianya

Mari kita berhenti sejenak membicarakan tentang melejitnya harga minyak sawit ini. Kira-kira, pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa minyak sawit begitu menjadi primadona di kalangan masyarakat? Ternyata, ia menyimpan banyak rahasia yang akan dibongkar sepenuhnya pada pembahasan kali ini. 

Fakta Minyak Kelapa Sawit

Saat menyusuri lorong bagian minyak goreng di supermarket, kamu akan menemukan berbagai jenis minyak tersedia, mulai dari minyak sawit, minyak bunga matahari, minyak kanola, dan masih banyak lagi. Di antara berbagai jenis minyak ini, mengapa minyak sawit selalu menjadi pilihan utama? Berikut adalah beberapa fakta minyak sawit yang perlu kamu ketahui.

  1. Indonesia eksportir minyak kelapa sawit terbesar dunia

Tahukah kamu, bahwa ternyata Indonesia yang tengah mengalami kelangkaan minyak sawit ini, ternyata juga merupakan eksportir terbesar minyak sawit dunia, loh! Pada tahun 2020 kemarin, Indonesia berhasil mengekspor minyak sawit dengan total nilai US$17,36 miliar. Ini menjadikan Indonesia sebagai pengekspor minyak sawit terbesar, dengan kontribusi mencapai 53,46% dari total nilai ekspor global. 

  1. Minyak yang hemat sumber daya

Berbeda dengan jenis minyak lainnya yang telah disebutkan sebelumnya, minyak kelapa sawit terhitung hemat sumber daya. Dalam hal ini, hanya dibutuhkan sedikit lahan untuk memproduksi minyak sawit dengan jumlah yang sama dengan minyak jenis lainnya. Tidak hanya memiliki nilai produktivitas yang tinggi, minyak sawit juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih besar.

  1. Digunakan juga untuk obat, kue, dan kosmetik

Kapan kamu pertama kali tahu kalau minyak kelapa sawit ternyata juga digunakan dalam pembuatan barang lainnya, seperti obat, kue. dan kosmetik? Ya, hal ini benar adanya, karena minyak kelapa sawit memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengurangi tanda penuaan. 

Baca Juga: Mengenal Ragam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh 

Minyak kelapa sawit juga memiliki kandungan gliserin yang dapat digunakan untuk obat batuk, serta dapat diolah menjadi margarin yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kue.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Sebuah gambar berisi dapur, orang, dalam ruangan

Deskripsi dibuat secara otomatis

Sebelumnya telah disinggung bahwa minyak kelapa sawit memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Adapun nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah berbagai jenis vitamin, serta antioksidan yang memiliki sejuta manfaat. Untuk lebih jelasnya lagi, ini manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi minyak kelapa sawit.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minyak kelapa sawit memiliki kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang meningkat tentu saja akan melindungimu dari risiko terkena penyakit akibat terpapar berbagai jenis patogen berbahaya, seperti bakteri, kuman dan virus.

  1. Menangkal radikal bebas

Mengingat kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, minyak kelapa sawit dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni dengan menangkal efek dari radikal bebas. Perlu diketahui bahwa terpapar radikal bebas secara berlebihan dalam hal ini hanya akan membuat sel dalam tubuh rusak dan mengundang berbagai jenis penyakit.

  1. Mencegah defisiensi vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang memiliki banyak manfaat dan oleh karenanya dibutuhkan oleh tubuh. Kondisi kekurangan asupan vitamin A dapat meningkatkan risiko infeksi, kulit kering, bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Konsumsi minyak kelapa sawit yang dicampurkan pada makanan dalam hal ini dapat menjadi solusi untuk mencegah defisiensi vitamin A.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi minyak sawit dalam jumlah yang tidak berlebihan, sejatinya mampu mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat  menjaga kesehatan jantung. Sebagai salah satu organ terpenting tubuh, menjaga kesehatan jantung haruslah menjadi prioritas kita semua, bukan? Minyak sawit dalam hal ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan otak

Tidak hanya jantung, kesehatan otak juga bisa terjaga dengan mengonsumsi minyak sawit. Hal ini karena minyak sawit memiliki kandungan salah satu jenis vitamin E (tocotrienol), yang dapat mengurangi risiko terjadi stroke dan demensia, hingga mencegah pertumbuhan tumor pada otak. Secara keseluruhan, konsumsi minyak kelapa sawit tentu akan baik bagi kesehatan otak.

Risiko Minyak Kelapa Sawit

Sebuah gambar berisi teks

Deskripsi dibuat secara otomatis

Manfaat minyak sawit memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, kita juga harus bisa bersikap bijak dalam menimbang risiko yang dapat ditimbulkan oleh minyak sawit itu sendiri. Semua ini tentu saja penting karena menyangkut kesehatan tubuh kita. 

Apabila tidak diolah dan dikonsumsi dengan baik, minyak sawit dapat menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini karena minyak sawit sejatinya memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. 

Apabila kadar kolesterol jahat terlalu banyak, akan terjadi penumpukan lemak pada pembuluh darah. Kondisi ini kemudian akan menghambat aliran darah ke organ-organ tubuh lainnya, termasuk ke otak dan jantung. Jika hal ini terjadi, maka risiko terjadinya stroke atau penyakit jantung akan semakin meningkat. 

Berkaitan dengan ini, tentu akan lebih baik jika kita membatasi konsumsi makanan-makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, seperti gorengan (pecinta gorengan menangis di pojokan). Selain itu, hindari kebiasaan memanaskan minyak sawit hingga berulang kali, karena hal ini hanya akan merusak kadar antioksidan dan hanya akan meningkatkan kandungan lemak jenuh di dalamnya. 

Nah, sekian dulu penjelasan mengenai minyak sawit, bahan baku utama dengan fakta yang menarik, manfaat yang beragam, serta risiko yang patut diwaspadai. Perlu diingat, konsumsi minyak sawit sejatinya aman digunakan selama tidak berlebihan.

Baca Juga: Rekomendasi Lembaga Asuransi Kesehatan Terbaik

Balik lagi ke pembicaraan mengenai tingginya harga minyak sawit di pasaran. Apakah kamu termasuk kalangan yang terdampak cukup besar terhadap kondisi ini? Jika kamu mengalami kesulitan finansial di masa sulit ini, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan, ya!

Kredit Pintar dapat menjadi tempatmu mengadukan segala kebutuhanmu yang tidak sempat terpenuhi, termasuk mengenai pembiayaan kebutuhan bulanan di rumah. Berapapun jumlahnya, kamu bisa langsung mendapatkan pinjaman dengan cepat hanya dalam hitungan menit saja. Tak perlu khawatir, meskipun harganya sedang mahal, manfaat minyak kelapa sawit masih bisa kamu dapatkan, kok!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download