Cara Membuat Blog untuk Pemula

07 Sep 2021 by Laruan

Blog merupakan salah satu jenis website yang berisi opini atau pengalaman pribadi penulis, sehingga blog seringkali disebut sebagai website pribadi. Cara membuat blog terbilang sangat mudah karena kamu bisa membuatnya sendiri sekarang juga.

Pada era digital seperti sekarang, blog kini digunakan sebagai salah satu sumber penghasilan. Dengan menggunakan blog sebagai situs untuk jual beli online atau istilah yang umum digunakan sekarang adalah online shop. 

Lalu bagaimanakah cara membuat blog tersebut ? Apakah harus ahli coding, atau harus kursus menjadi programmer terlebih dahulu ?, jawabannya tentu saja tidak. Siapa pun kini bisa membuat sebuah blog sendiri dengan langkah yang sangat mudah, sekalipun untuk para pemula. Berikut adalah beberapa langkah mudah cara membuat blog untuk pemula. 

  1. Memilih Platform untuk Blog

Seperti halnya komputer yang membutuhkan windows dan smartphone yang membutuhkan android atau ios untuk menjalankan sistemnya, begitu pula dengan blog. Ada banyak platform yang bisa menjadi pilihan untuk anda gunakan yaitu, wordpress, tumblr,  blogger, medium, dan masih banyak lagi

Memilih Platform untuk Blog

Di atas adalah pie chart persentase orang yang menggunakan platform untuk pembuatan blognya, terlihat platform wordpress memiliki pengguna dengan persentase paling banyak. Namun wordpress sendiri memiliki dua pilihan yaitu wordpress.com dan wordpress.org, dan yang akan kita bahas kali ini yaitu wordpress.org, mengapa demikian ? 

Perbedaan simpelnya yaitu, jika menggunakan wordpress.com kita hanya mendapatkan sub nama domain dan kustomisasi yang terbatas seperti kita tidak dapat menggunakannya sebagai toko online, serta kapasitas penyimpanan data hanya 3GB.

Sedangkan pada wordpress.org kita bisa menjalankan blog atau website kita secara penuh dengan tanpa biaya alias gratis, sehingga siapapun bisa menggunakannya, lalu penggunaannya pun mudah tanpa harus paham coding. 

Banyak juga website-website besar yang menggunakan wordpress sebagai platform blog nya karena cukup aman, contohnya seperti blog milik Mercedes-Benz, Alodokter, dan Hipwee. 

Ada banyak tema dan plugin yang bisa digunakan secara gratis untuk membuat toko online, keuntungan lain jika menggunakan wordpress ialah, bisa lebih mudah masuk top 10 pencarian di google. Karena itu, untuk saat ini wordpress adalah platform terbaik untuk membuat blog. 

  1. Mencari Nama Domain dan Provider Hosting

Jika kita ingin membuat nama blog yang sesuai dengan keinginan kita, maka ada dua hal yang harus kita butuhkan 

  • Nama domain

Nama domain ini nantinya akan menjadi nama website anda, contohnya ‘caramembuatblog.org’ karena itu silahkan anda sesuaikan nama domain yang akan anda gunakan agar sesuai dengan isi kontennya

  • Web hosting

Web hosting diibaratkan seperti rumah bagi blog anda,  untuk menyimpan dan mengunggah data dan gambar.  Jika anda membuat blog untuk online shop maka anda harus tepat memilih hosting,  karena jika anda menggunakan hosting yang lemot bahkan sering down, maka pembeli akan langsung keluar dari blog anda sebelum melihat-lihat katalog produknya. 

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat memilih hosting,

  1. Kecepatan akses hosting, carilah yang memiliki kecepatan akses minimal standar. 
  2. Uptime. Ini diibaratkan seperti umur atau baterai pada smartphone, artinya seberapa lama blog anda akan terus hidup dan berjalan tanpa down. Untuk hosting yang bagus harus yang menyediakan 99% uptime secara maksimal, sehingga dalam sebulan hanya terjadi down sekitar 30 menit
  3. After sale, carilah penyedia hosting yang fast respon jika sewaktu-waktu ada masalah dengan blog anda
  4. Mempersiapkan Blog

Dalam pembahasan ini , host yang akan kita gunakan yaitu domainesia. Berikut adalah proses pembelian domain dan hosting. 

Masuk ke situs domainesia.com lalu pilih dan klik hosting,  setelah itu akan muncul beberapa pilihan paket yang ditawarkan. Namun karena kita menggunakan platform wordpress, maka disarankan untuk memilih paket yang sudah di optimasi untuk wordpress. Scroll ke bawah dan temukan banner wordpres lalu klik ‘lihat paket’ pada banner. 

Di dalamnya akan ada banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan, jika untuk blog online shop maka disarankan untuk memakai yang ‘mikro’ atau ‘mega’ karena memiliki spesifikasi yang lebih tinggi serta tempat penyimpanan sampai 12GB, setelah menentukan paket, langkah selanjutnya tinggal klik pesan. 

Kemudian pilih lokasi server, siklus dan nama domain. 

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Pilih lokasi server berdasarkan target pengunjung, karena hal ini akan berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya akses hosting. Semakin dekat lokasi server dengan target pengunjung, maka akan semakin cepat aksesnya.  Lalu pilih siklus pembayaran, bisa pilih bulanan atau tahunan. Disarankan pilih yang tahunan supaya dapat domain gratis. 

Kemudian pilih addons hosting yaitu merubah website dari http menjadi https, maka gunakan saja yang gratis yaitu “Let’s Encrypt FREE SSL”. 

Selanjutnya masukan nama domain atau nama website yang akan anda gunakan. Kemudian pada addons domain, DNS Zone Manager dan Privacy protection di kosongkan saja, karena untuk pemula bagian ini belum terlalu penting. Banyak pemula yang mungkin masih belum bisa memilih nama domain yang tepat untuk blog nya,  karena itu dalam pembahasan ini akan disarankan bagaimana memilih nama domain yang tepat. 

Pertama, pilihlah nama domain yang mudah diingat dan mudah diucapkan, jangan terlalu panjang dan kebanyakan tanda sambung.  Yang kedua, harus unik dan deskriptif. Pilihlah nama domain yang mencerminkan isi dari kontennya, sehingga pengunjung akan langsung tertarik. Yang ketiga, gunakan nama domain dengan akhiran ekstension yang dipercaya seperti ‘.com’, ‘.org’, ‘.id’ atau ‘.net’. 

Kemudian scroll ke bawah dan akan muncul tampilan untuk membuat username dan password wordpress yang nantinya akan digunakan untuk login ke blog anda

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Lalu lanjut scroll ke bawah, anda akan melihat total tagihan dan kolom email yang harus anda isi,  kemudian masukan ke troli.  Berikutnya akan muncul halaman seperti berikut

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Selanjutnya scroll ke bawah lalu klik daftar, kemudian akan muncul kolom pendaftaran, isikan semua data yang diminta, mulai dari nama, institusi, email, password.  Email dan password ini nantinya akan terdaftar sebagai member domainesia untuk login jika akan memperpanjang hosting, upgrade, support dan lainnya. 

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Setelah semuanya terisi, klik lanjut.  Kemudian akan muncul halaman yang menampilkan kolom untuk diisi dengan data pribadi,  lalu jika sudah selesai klik sign up. 

Cara Membuat Blog untuk Pemula

Jika semua pendaftaran sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu, klik selesaikan dan bayar.  Berikutnya akan muncul invoice untuk pembayaran. Setelah proses pembayaran selesai dan terkonfirmasi, dalam beberapa menit kemudian akan ada email yang memberitahukan bahwa pembayarannya berhasil. 

Cara Membuat Blog untuk Pemula
  1. Login dan Cek Blog Baru Anda

Untuk masuk sebagai admin maka anda harus masuk ke admin url blog anda, menggunakan nama domain yang sudah anda buat sebelumnya. Contoh ‘caramembuatblog.org/wp-admin’ setelah itu masukan detail username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian anda akan masuk ke dalam blog anda

Login dan Cek Blog Baru Anda

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat blog dengan mudah. Yuk, coba membuat blog dan bagikan pengalaman kamu sekarang juga.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload