Ini 3 Kemudahan Desain Website Menggunakan Wix

18 Aug 2021 by Laruan

Kebanyakan orang mungkin akan memilih untuk menyewa jasa freelance atau web developer agency saat membutuhkan sebuah desain website. Ini karena mereka enggan berurusan dengan rumitnya bahasa pemrograman yang dibutuhkan dalam pembuatan website. Tetapi tahukah Sobat Pintar jika saat ini membuat website bisa lebih mudah dengan bantuan Wix.

Lantas, apa itu Wix dan bagaimana caranya membuat website menggunakan Wix?

Ini 3 Kemudahan Desain Website Menggunakan Wix

Website Builder Untuk Membuat Website Tanpa Coding

Melansir situs resminya, Wix menyatakan diri sebagai website builder berbasis cloud yang memungkinkan siapapun untuk membuat website tanpa perlu mengetahui atau memiliki kemampuan coding. 

Baik itu mereka yang baru pertama kali mencoba maupun mereka para ahli. Entah itu untuk membuat blog pribadi, komunitas, situs portal berita, toko online, atau website yang sifatnya lebih professional. Hanya perlu men-drag dan drop berbagai fitur yang ingin ditampilkan dalam website.

Bahkan, saat ini Wix sudah menyediakan sebuah layanan khusus Bernama Wix ADI (Artificial Design Intelligence) yang bisa ‘diperintah’ untuk membuatkan website secara cepat dan mudah. Sobat Pintar hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan sederhana terkait website yang diinginkan, kemudian Wix ADI akan membuat website sesuai deskripsi yang diberikan dalam waktu kurang dari 10 menit.

Hati-hati terhadap modus penipuan: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

Ini 3 Kemudahan Desain Website Menggunakan Wix

Cara Membuat Website dengan Mudah di Wix

Jika ingin mencoba menggunakan Wix untuk membuat desain untuk website yang Sobat Pintar inginkan, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buat akun di wix.com
  2. Pilih jenis website yang ingin dibuat untuk memulai
  3. Klik opsi ‘Edit a template’, maka akan muncul dua pilihan pengeditan yaitu mengedit sendiri melalui laman editor atau menggunakan layanan Artificial Design Intelligence
  4. Pilih template yang ingin digunakan, kemudian klik ‘Edit’
  5. Atur tampilan website sesuai kebutuhan
  6. Pilih menu ‘My blog’, lalu klik ‘Create a post’ untuk membuat postingan pertama
  7. Setelah selesai, klik tombol ‘Preview’ untuk meninjau tampilan website dan klik ‘Publish’ jika tampilannya sudah sesuai dengan keinginan

Kelebihan dan Kekurangan Desain Website Menggunakan Wix

Layaknya website builder pada umumnya, Wix juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan dalam segi fitur maupun dukungannya terhadap performa website yang dihasilkan. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut antara lain:

Kelebihan

1. Editor utama yang mudah untuk digunakan oleh siapa pun

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, Wix merupakan website builder yang memudahkan siapapun membuat situs websitenya sendiri tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu. Dalam penggunaannya, Sobat Pintar hanya men-drag dan drop berbagai opsi yang sudah tersedia di laman editor.

Berbagai elemen desain Wix dapat sepenuhnya disesuaikan dengan keinginan, mulai dari mengatur, memindahkan hingga menambahkannya ke website yang ingin dibuat. Semuanya hanya dalam satu klik.

Tidak hanya itu, Wix bahkan menyediakan fitur tambahan untuk meningkatkan keamanan situs seperti SSL, verifikasi dua langkah, dan pemantauan situs web selama 24 jam penuh setiap harinya.

2. Menyediakan editor seluler untuk menyesuaikan web di perangkat seluler

Hal yang tidak kalah luar biasa dari website builder yang satu ini adalah adanya editor seluler. Di mana editor ini memungkinkan Sobat Pintar untuk mengatur tampilan website ketika dibuka menggunakan perangkat seluler. Bukan hanya dengan mengandalkan template responsive seperti pada website builder pada umumnya.

3. Menawarkan koleksi template yang sangat beragam

Template memang menjadi pilihan yang sangat penting bagi orang-orang yang tidak ingin repot mengatur websitenya dari nol. Hanya perlu klik dan tinggal menyesuaikannya dengan tampilan situs website yang diinginkan.

Untuk mendukung hal tersebut, Wix hingga saat ini telah menawarkan lebih dari 500 template dalam berbagai kategori seperti bisnis, blog, desain, pendidikan, dan lain sebagainya. Termasuk template yang disediakan khusus bagi pengguna yang ingin membuat desain website e-Commerce.

4. Menyediakan pasar aplikasi dengan pilihan yang beragam

Ingin menambahkan fitur-fitur seperti forum, acara, chat, affiliate, background music, booking online, atau fitur khusus untuk kursus online? Sobat Pintar bisa melakukannya dengan bantuan pasar aplikasi yang sudah tersedia di laman editor Wix.

Berbagai alat yang disebut sebagai ‘aplikasi’ tersebut fungsinya tidak lain seperti plugin yang digunakan untuk mengerjakan tugas tertentu pada website. Misalnya, Wix Photo Albums yang memungkinkan para freelancer untuk menjual karya secara langsung melalui website yang mereka buat menggunakan Wix.

Ini 3 Kemudahan Desain Website Menggunakan Wix

5. Memberikan kesempatan untuk melakukan  pemasaran website secara praktis

Membuat website baru agar dapat dikenali dan dengan mudah ditemukan mesin pencari adalah tugas berat yang harus dilakukan setelah website diluncurkan. Bahkan tidak sedikit orang yang merasa frustasi karena websitenya tidak dapat terindeks oleh mesin pencari.

Nah, untuk memudahkan penggunanya dalam memasarkan website dengan lebih mudah dan praktis, Wix sudah menyediakan beragam fitur seperti pengelolaan SEO, pemasaran email, hingga postingan media sosial.

Dengan begitu, Sobat Pintar tidak perlu lagi menyewa digital marketing agency untuk memasarkan website. Terutama bagi Sobat Pintar yang sedang merintis bisnis dengan dana terbatas.

6. Memiliki beragam fitur tambahan yang menarik

Kelebihan terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah adanya beragam fitur tambahan yang menarik. Beberapa diantaranya yaitu sistem pembayaran terintegrasi, fitur untuk mengundang kontributor, dan fitur penjawab otomatis.

Bahkan Wix juga menyediakan fitur tambahan pembuat logo, jika bisnis atau layanan jasa Sobat Pintar belum memiliki logo. 

Kekurangan 

1. Tidak bisa mengganti template setelah situs diterbitkan

Meskipun menyediakan koleksi template yang jumlahnya mencapai ratusan, faktanya saat ini Wix masih belum memungkinkan penggunanya untuk mengubah template secara bebas pada situs yang sudah diterbitkan.

2. Paket gratis tidak menyediakan layanan pelacakan dan analisis situs

Sebagai pemilik website, Sobat Pintar tentu ingin memantau seberapa baik performa situs website yang dibuat dengan Google Analytics atau alat serupa lainnya. Sayangnya, ini tidak bisa dilakukan oleh pengguna paket gratis dari Wix. Sobat Pintar harus terlebih dahulu meng-upgrade ke paket berbayar.

3. Paket premium hanya dapat digunakan untuk membuat satu website

Paket bulanan premium memang memungkinkan pengguna Wix untuk memanfaatkan fitur dan layanan yang lebih beragam dalam mendesain website. Tetapi hanya untuk satu website saja.

Ya! Fitur premium yang Sobat Pintar dapatkan hanya bisa digunakan pada satu website dan tidak bisa ditransfer ke web lainnya. 

4. Website yang sudah dibuat tidak bisa ditransfer

Ketika mengelola sebuah website, terkadang fitur atau dukungan layanan website builder yang kurang memuaskan memaksa seseorang untuk memindahkan websitenya. Tetapi lagi-lagi ini tidak bisa Sobat Pintar lakukan jika menggunakan Wix.

Intinya, sekali mendaftar dan membuat website menggunakan Wix, artinya Sobat Pintar harus siap untuk terikat selamanya dengan mereka. Jika tidak, Sobat Pintar mau tidak mau harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mentransfer website dari Wix.

Jadi, apa pilihan Sobat Pintar? Membuat desain website sendiri menggunakan Wix atau menggunakan jasa freelance web developer?

Hati-hati terhadap modus penipuan: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload