Cara Menulis Artikel Dengan Benar? Cek Tips Berikut!

12 Feb 2021 by Andro
menulis artikel

Artikel dan tips menulis artikel merupakan salah satu hal yang paling sering kamu temui ketika berselancar di internet. Artikel yang merupakan sebuah karya tulis ini menampilkan banyak sekali tulisan dan memiliki tujuan sebagai media hiburan, informasi, dan juga edukasi bagi pembaca.

Artikel tentang hoaks salah satunya. Artikel jenis ini memang sangat banyak sekali diminati oleh para kaum muda bahkan orang tua sekalipun. Artikel jenis ini biasanya berisi tentang gosip – gosip yang berseliweran di jagat maya.

Sebenarnya, artikel bukan hanya tentang hoaks. Banyak sekali artikel – artikel yang biasa kamu temui di internet, seperti artikel pendidikan, artikel politik, artikel budaya, dan masih banyak lagi.

Dalam menulis artikel sendiri, banyak sekali aspek yang harus kamu ketauhi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuatnya. Salah satunya adalah menentukan topik yang ingin kamu buat. Dengan adanya topik membuat kamu lebih mudah dalam menyusun sebuah artikel.

Pada artikel ini akan dipaparkan sebuah tips menulis artikel agar artikel yang kamu buat menjadi bagus dan juga menarik ketika dibaca.

Namun sebelum kita mengetahui tentang tips menulis artikel, kita harus mengetauhi terlebih dahulu mengenai artikel lebih jauh agar saat menulis nanti kita tidak kebingungan dengan artikel yang kita tulis.

Artikel sendiri merupakan sebuah karangan faktual yang dibuat dengan panjang tertentu berisi gagasan atau fakta yang memiliki tujuan sebagai media informasi, hiburan dan juga edukasi untuk dipublikasikan di media cetak maupun media online.

Ciri – Ciri Artikel

Sebelum menulis artikel, alangkah baiknya kita untuk mengetauhi ciri – ciri dari artikel tersebut. Ciri – ciri artikel diantaranya yaitu:

  • Isi artikel merupakan sebeuah fakta yang terjamin kebenarannya.
  • Artikel dibuat secara jelas, logis, tidak bertele – tele, dan juga ringkas.
  • Artikel bersifat faktual dan juga informatif.
  • Menggunakan bahasa resmi dan baku yang bercirikan lugas, logis, denotif, dan juga efektif.
  •  Metode penulisan dibuat secara sistematis agar pembaca mudah mengerti isinya.

Jenis Jenis Artikel

Ada 5 jenis artikel yang perlu kamu ketauhi secara umum, diantaranya yaitu:

1.   Narasi

Artikel narasi adalah jenis artikel berupa cerita mengenai sebuah peristiwa atau kejadian dalam waktu yang sistematis. Artikel narasi biasanya berisikan sebuah fakta atau fiksi. Contoh dari artikel narasi ialah biografi, autobiografi, dan juga kisah pengalaman.

2.   Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan artikel yang memberikan sebuah gambaran mengenai suatu hal maupun keadaan, sehingga pembaca seolah – olah dapat merasakan hal tersebut.

3.   Argumentasi

Artikel argumentasi adalah suatu artikel yang tujannya membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data sebagai bukti. Di dalam artikel ini biasanya terdapat sebuah opini dan data serta fakta.

4.   Eksposisi

Artikel eksposisi adalah artikel yang isnya menjelaskan atau memberi informasi agar menambah pengetahuan pembacanya. Biasanya dalam artikel ini disertai dengan grafik dan juga gambar.

5.   Persuasi

Sesuai dari namanya, artikel ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh sang penulis. Contoh dari artikel ini misalnya tentang merawat lingkungan maupun anti narkoba.

Tujuan dan Manfaat Artikel

Artikel tidak serta merta dibuat tanpa adanya tujuan. Artikel memiliki tujuan dan manfaat bagi penulis dan pembacanya. Manfaat dan tujuan dari artikel tersebut  adalah

  • Memberi informasi yang berguna bagi pembaca.
  • Sarana penyampaian ide penulis.
  • Sebagai cara untuk menjelaskan suatu masalah.
  • Membantu untuk dapat berpikir secara sistematis.
  • Untuk menghibur pembaca.

Struktur Artikel

1.   Tesis

Tesis ini terdapat pada aline awal sebuah artikel. Tesis merupakan gagasan utama dari sebuah permasalahan. Bagian pembuka ini berisi uraian yang dijadikan pijakan untuk pembahasan artikel berikutnya.

2.   Argumentasi

Bagian ini biasanya mengemukakan sebuh pendapat penulis dalam bentuk penjalasan dan disertai fakta.

3.   Penegasan Ulang

Penegasan ulang ini berisi tentang penjelasan ulang pendapat yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi yang disertai fakta.

 

Artikel biasanya memiliki struktur yang jelas, logis, dan juga tidak bertele – tele. Dalam menulis artikel yang bagus dan juga menarik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu banyak berlatih dan memiliki ide ide serta wawasan yang luas dalam membuat artikel.

Untuk membuat artikel sendiri, kamu harus menentukan topik terlebih dahulu untuk membuatnya. Nah, bagaimana sih cara untuk membuat artikel dengan baik dan benar ? Berikut ini akan dipaparkan tips menulis artikel dengan baik dan benar.

Tips Menulis Artikel

1.   Mencari Ide

Hal yang paling pertama harus kamu lakukan sebelum membuat artikel adalah mencari ide. Mencari ide ini sangat penting dilakukan agar kamu bisa membuat artikel yang menarik untuk dibaca seseorang.

2.   Menentukan Topik

Setelah mendapatkan ide yang menarik, langkah selanjutnya adalah menentukan topik. Topik membuat kamu dapat lebih fokus dalam menulis dan tidak akan keluar dari jalan.  Untuk menentukan topik, kamu pilih satu tema yang dapat dijabarkan menjadi banyak hal.

3.   Menentukan Judul

Judul merupakan salah satu hal terpenting dalam pembuatan sebuah artikel. Mengapa ? Karena dari judul terlebih dahulu orang melihat sebuah artikel. Jika judul yang kamu buat menarik dan berguna apabila dibaca, mereka akan membaca artikel yang kamu buat.

4.   Isi Dengan Konten Berkualitas.

Isi menjadi hal terpenting juga selain judul. Isi yang tidak menarik, terlalu bertele -tele, serta tidak lengkap membuat orang malas dengan artikel yang kamu buat dan memilih untuk membaca artikel orang lain.

Usahakan artikel yang kamu buat jelas, logis, ringkas, lengkap, serta tidak bertele tele agar orang yang membaca tidak bosan dengan artikel yang kamu buat.

Dari pemaparan mengenai tips menulis artikel tadi, kamu bisa mengikuti tips – tips tersebut agar artikel kamu menjadi lebih baik lagi.

Nah, buat kamu yang sudah mulai paham dalam pembuatan artikel yang baik, benar, dan juga menarik, kamu bisa mengikuti kompetisi yang diadakan oleh kredit pintar, loh.

Kompetisi menulis blog yang diadakan oleh kredit pintar ini bisa kamu coba agar kamu mengetauhi sampai mana sih kualitas menulis yang kamu miliki.

Kompetisi Menulis Blog Oleh Kredit Pintar

blog competition kredit pintar

Kompetisi menulis blog yang diselenggarakan oleh kredit pintar ini akan berlangsung dari tanggal 1 Februari hingga 28 Februari 2021 dan menawarkan hadiah jutaan rupiah tanpa potongan pajak.

Kompetisi menulis blog ini gratis dan tidak dipungut biaya. Apabila kamu menjadi pemenang, artikel yang kamu tulis akan dipublish ulang di website kredit pintar. Cukup membanggakan, bukan?

Sebelum mengikuti kompetisi menulis blog ini, kamu harus mengikuti beberapa peraturan yang dibuat oleh kredit pintar. Salah satu peraturan yang harus kamu ikuti adalah karya yang kamu kirimkan harus asli buatan kamu. Nah, untuk peraturan -peraturan lainnya bisa kamu liat di situs resmi kredit pintar.

Kompetisi menulis blog yang diadakan dari tahun lalu oleh kredit pintar ini sudah melahirkan juara – juara hebat, loh. Jadikanlah dirimu juara selanjutnya dengan mengikut tips menulis artikel yang sudah diberikan tadi. Kamu bisa menerapkan dan mengkreasikannya sesuai dengan kreativitas yang kamu miliki.

mobile-closeKredit PintarDownload