Tips Menulis Kreatif di Blog dan Contohnya

26 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 29 Nov 2021

Sebelum masuk ke tips menulis kreatif, blog, dan contoh, maka pengertian tulisan kreatif atau karya tulis kreatif itu harus dipahami terlebih dahulu. Karya tulis kreatif dapat diartikan sebagai bentuk tulisan yang memiliki tujuan sebagai hiburan orang yang membacanya dan biasanya sering digolongkan sebagai penulisan sastra.

Tips Menulis Kreatif di Blog dan Contohnya

Karya tulis kreatif memiliki teknik penulisan yang berbeda dari karya tulis ilmiah atau karya tulis lainnya, karena pada karya tulis kreatif menggunakan teknik penulisan yang dapat menciptakan imajinasi di dalam pikiran pembaca yang membacanya. 

Contoh karya tulis kreatif

Berikut ini adalah beberapa contoh dan tips menulis kreatif untuk blog.

  1. Puisi

Contoh karya tulis kreatif yang pertama yaitu puisi yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan manusia terhadap suatu hal. 

Tips menulis kreatif untuk contoh pertama ini yaitu dengan menggunakan kalimat perumpamaan dan pendek-pendek.

  1. Naskah film

Naskah film adalah contoh karya tulis kreatif yang kedua. Tips menulis kreatif blog naskah film yang baik yaitu menuliskan kronologi jalan cerita dengan jelas dan memberikan kalimat percakapan antar pemain. 

  1. Buku / novel

Contoh tips menulis kreatif untuk blog yang selanjutnya yaitu buku atau novel. Saat ini buku atau novel sudah dapat dinikmati dalam bentuk digital melalui blog atau website.

Tips menulis kreatif buku atau novel agar dapat diminati oleh pembaca yaitu selalu gunakan gaya bahasa yang unik dan khas serta dapat menciptakan imajinasi di dalam pikiran pembaca.

  1. Lirik lagu

Contoh tips menulis kreatif untuk blog yang selanjutnya yaitu lirik lagu. Contoh penulisan kreatif yang satu ini menyerupai dengan penulisan puisi, karena adanya penggunaan gaya penulisan yang singkat dan perumpamaan di dalamnya, namun bedanya pada lirik lagu terdapat penggunaan melodi atau nada. 

Tips menulis kreatif untuk blog

Tips menulis kreatif untuk blog adalah sebagai berikut ini.

  1. Deskriptif

Tips menulis kreatif blog yang pertama yaitu gunakan gaya penulisan deskriptif. Bentuk tulisan deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu kondisi kepada pembaca. 

Bahkan pembaca juga dapat dibuat untuk membayangkan kejadian tersebut untuk lebih memahami dan merasakan kejadian yang sesungguhnya terjadi melalui bentuk tulisan.

Contoh blog dengan gaya penulisan berupa deskripsi ini dapat Anda lihat dari blog milik The Naked Traveler yang membahas seputar perjalanan berkeliling kota dan pulau di Indonesia.

  1. Metafora

Tips menulis kreatif blog yang kedua yaitu gunakan gaya penulisan yang berupa perumpamaan atau metafora. Tujuan dari gaya bahasa metafora atau perumpamaan ini yaitu untuk menghidupkan imajinasi dari pembaca.

Jika Anda tertarik untuk membuat blog yang berisi tulisan berupa puisi, maka Anda dapat menyimak dari contoh blog milik http://www.puisi.biz.id yang berisi kumpulan puisi.

  1. Dialog naskah

Tips menulis kreatif blog yang ketiga yaitu gunakan dialog di dalam naskah yang Anda tulis. Dialog naskah akan membantu tulisan menjadi lebih hidup, karena pembaca dapat membayangkan suatu kejadian melalui percakapan antar tokohnya.

Biasanya naskah dialog digunakan pada karya tulis fiksi seperti cerita pendek atau cerpen. Contoh blog yang berisi cerpen yaitu cerpenupay.blogspot.com, syafirahpoetri.blogspot.com, dan mirnarizka.wordpress.com.

  1. Hindari penjelasan yang terlalu singkat

Hindari penjelasan yang terlalu singkat. Tulisan kreatif merupakan hasil karya kreatifitas dari seorang penulis untuk dinikmati oleh pembaca, sehingga kalimat yang dituliskan juga harus dirangkai sedemikian rupa agar memberikan kesan yang indah ketika dibaca.

Contohnya yaitu misalnya daripada Anda menuliskan “udaranya panas”, Anda dapat memperpanjang menjadi “udaranya menyengat kulit”, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih detail kepada pembaca Anda.

  1. Baca ulang tulisan

Tips menulis kreatif blog yang kelima yaitu baca ulang tulisan yang sudah jadi. Hal ini bertujuan untuk mengecek kembali apakah hasil tulisan sudah layak dibaca dan menarik perhatian pembaca.

Anda juga dapat melakukan perbandingan hasil tulisan Anda dengan contoh blog lainnya, lalu lakukan analisis dari segi jumlah pembaca, jenis topik, dan gaya bahasa yang digunakan untuk memperbaiki kualitas tulisan blog Anda.

Meminta bantuan orang lain untuk membaca hasil tulisan Anda juga akan membantu Anda dalam menemukan kesalahan atau kejanggalan dalam tulisan Anda sendiri.

  1. Judul 

Tips menulis kreatif blog yang keenam yaitu buatlah judul yang semenarik mungkin. Tidak dapat dipungkiri bahwa judul menjadi penentu apakah pembaca akan melirik atau tidaknya suatu tulisan. 

Contoh blog yang banyak dikunjungi umumnya juga menggunakan strategi ini yaitu dengan cara membuat judul yang menarik perhatian pembaca, sehingga pembaca tertarik untuk mengklik dan membacanya.

  1. Jumlah baris

Tips menulis kreatif blog yang ketujuh yaitu pengaturan jumlah baris. Permainan baris dalam satu paragraf dapat mempengaruhi keindahan tulisan juga.

Contoh blog yang biasanya disukai oleh para pembaca yaitu yang tidak terlalu sempit jarak antar barisnya, atau jumlah kalimat per paragrafnya sedikit. Aturlah agar jumlah baris dalam satu paragraf seminimal mungkin yaitu antara 2-3 baris saja.

Hal ini akan membuat pembaca tidak mudah lelah ketika membaca tulisan Anda karena adanya celah atau jeda antar baris yang dapat mengistirahatkan mata pembaca sejenak.

  1. Visualisasi

Tips menulis kreatif blog yang kedelapan yaitu visualisasi. Penulisan kreatif seringkali menggunakan kalimat yang bersifat ekspresi dan juga mewakili panca indera seperti penglihatan, penciuman, perasa, dan peraba.

Contoh blog yang menggunakan visualisasi dalam penulisannya yaitu blog yang berisi cerita pendek atau puisi. Anda dapat menjadikan blog-blog tersebut sebagai referensi dalam penulisan Anda.

  1. Waktu menulis

Tips blog yang kesembilan yaitu waktu menulis. Waktu menulis juga mempengaruhi hasil tulisan yang Anda buat, oleh karena itu tentukanlah waktu yang tepat untuk Anda bisa menulis dengan tenang atau tidak sedang dalam kondisi terburu-buru, sehingga hasil tulisan menjadi bagus dan memiliki makna yang tersampaikan.

Tentukanlah waktu yang terbaik versi Anda sendiri untuk menulis, misalnya waktu saat Anda sedang kreatif adalah pada malam hari, maka Anda bisa menulis pada malam hari. 

Hindari menulis ketika Anda sedang dalam kondisi mood yang tidak mendukung seperti sedih atau marah, karena hal ini akan menyebabkan makna dan keindahan dari tulisan Anda menjadi tidak maksimal atau ide untuk menulis juga menjadi sulit keluar.

Penutup

Nah, itu dia beberapa contoh tips menulis kreatif blog yang dapat Anda coba untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda.

Tulisan kreatif yang baik dihasilkan dari latihan dan juga pengalaman dalam menulis, sehingga sering-seringlah berlatih menulis kreatif agar Anda terbiasa dalam menulis dan menemukan gaya penulisan khas Anda sendiri.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload