Manfaat Susu Beruang, Perlu Diketahui

08 Sep 2021 by Laruan

Banyak dari Sobat Pintar mengetahui apa itu susu beruang, susu ini sempat booming belakangan waktu di masyarakat Indonesia karena banyak yang mengatakan bahwa dapat menjadi obat Covid-19 tetapi menurut Prof. Dr. Zubairi Djoerban sudah menyatakan bahwa susu beruang tidak untuk mengobati virus Covid-19, lalu apa sebenarnya manfaat susu beruang yang banyak dibicarakan banyak masyarakat belakangan ini?

Susu beruang atau Susu Bear Brand ini susu steril sapi yang memiliki logo beruang dan telah ada di Indonesia sejak tahun 1906. Manfaat susu beruang sendiri sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh apalagi di masa pandemi seperti ini.

Kali ini Kredit Pintar akan menjabarkan beberapa manfaat susu beruang yang dikulik dari berbagai sumber yang kredibel agar tidak ada lagi pemahaman yang salah tentang susu beruang ini dan semoga Sobat Pintar bisa memahami isi artikel ini sebagai wawasan baru terutama untuk kesehatan Sobat Pintar dan para pembaca lainnya.

Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan 

Manfaat susu beruang untuk kesehatan sangatlah banyak, terutama untuk di masa-masa pemulihan. Itu dikarenakan susu beruang memiliki banyaknya kandungan seperti vitamin dan mineral di dalamnya terutama vitamin A, B1, B2, B12, C, E, dan tinggi akan kandungan Kalsium.

Susu beruang juga dapat mempertahankan daya tahan tubuh Sobat Pintar yang mana sel-sel dalam tubuh akan bekerja dengan baik karena di dalamnya membutuhkan beberapa bahan bakar seperti glukosa, protein, lemak, serta mineral dan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin E. Dalam hal ini, susu beruang juga dapat membuat Sobat Pintar terhindar dari resiko Osteoporosis

Tak hanya itu, manfaat susu beruang juga untuk program diet dan juga dapat menjaga kesehatan maupun kecantikan kulit terutama mencerahkan kulit, mengencangkan pori-pori, dan juga berperan penting dalam mengurangi munculnya jerawat hingga dapat menghilangkan bekas jerawat, itu semua karena susu beruang memiliki kandungan rendah lemak dan tinggi protein serta Vitamin E dan asam laktat di dalam susu beruang.

Begitu banyaknya manfaat susu beruang dan khasiat penting yang terkandung membuat banyak masyarakat berbondong-bondong memborong hampir semua stok yang ada di toko maupun minimarket karena banyaknya orang berasumsi bahwa manfaat susu beruang bisa menjadi obat Covid-19 padahal tidak benar adanya.

Manfaat Susu Beruang, Perlu Diketahui

Aturan yang Dianjurkan dalam Mengkonsumsi Susu Beruang

Berikut aturan yang dianjurkan dalam mengkonsumsi susu beruang agar tidak dirasa berlebihan, karena sejatinya meskipun baik untuk kesehatan tapi juga segala sesuatu yang berlebihan juga tidak terlalu baik.

Aturan Minum Susu untuk Anak-anak 

Untuk dapat mengkonsumsi susu beruang juga harus perlu diperhatikan, terutama pada anak-anak karena seperti dikutip Kredit Pintar dari pakar Gizi Medik Universitas Indonesia, Dr dr. Saptawati Bardosono, MSc, yang mana memberikan susu beruang untuk anak-anak dapat menimbulkan efek menjadi cepat kenyang dan dapat menurunkan nafsu makan dan hindari juga memberi susu beruang mendekati jam-jam waktu makan dengan dosis minum maksimal tiga kali sehari, pagi, siang dan malam.

Namun, untuk anak-anak yang masih di usia dua tahun kebawah sangat tidak disarankan karena lebih baiknya anak dengan usia tersebut lebih sebaiknya diberikan ASI (Air Susu Ibu).

Aturan Minum Susu Beruang untuk Dewasa

Perlu diketahui bahwa tidak hanya anak-anak saja yang dapat mengkonsumsi susu beruang, melainkan untuk orang dewasa pun sangat dianjurkan dalam mengkonsumsinya.

Agar manfaat susu beruang dapat dicerna baik oleh tubuh, ada baiknya waktu dalam mengkonsumsi susu beruang di minum dalam tiga kali sehari yakni pagi, siang maupun sore.

Namun, ada beberapa waktu yang menurut pakar jika mengkonsumsinya di malam hari sebelum waktu tidur lebih efektif dan sempurna dikarenakan kandungan dan berbagai macam vitamin dan nutrisinya akan mudah terserap dalam tubuh disaat Sobat Pintar mengistirahatkan tubuhnya.

Apabila Sobat Pintar sedang dalam program diet, untuk mengkonsumsi susu beruang diusahakan tidak lebih dari dua kali dalam sehari karena terdapat kandungan kolesterol sebesar 25 miligram yang terdapat di dalam satu kaleng susu beruang.

Manfaat Susu Beruang untuk Lambung

Banyak dari kita ataupun Sobat Pintar bertanya-tanya, Apakah susu beruang jika dikonsumsi akan baik pada lambung kita? Lalu Bagaimana sebenarnya manfaat susu beruang untuk lambung kita? 

Banyak para pakar kesehatan berpendapat mengenai manfaat susu beruang untuk lambung yang dikemukakan, seperti halnya dikutip dari dr. Evelin Kwandang dalam laman SehatQ yang mana susu apapun itu sebenarnya dapat dikonsumsi bagi penderita asam lambung karena dalam susu beruang atau susu apapun itu banyak mengandung zat gizi dan didalamnya terdapat kandungan protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin D dan kalsium dan susu juga tidak mengandung asam maka dalam mengkonsumsi susu beruang bagi penderita asam lambung masih aman-aman saja meskipun dikonsumsi pada penderita maag dan dalam keadaan perut kosong sekaligus namun dengan dosis tertentu.

Namun, ada juga kasus yang dapat menyebabkan intoleransi terhadap laktosa pada susu sapi yang dapat menyebabkan mual, muntah, ataupun diare yang mana banyak disalah artikan sebagai akibat dari asam lambung yang mulai meningkat.

Manfaat Susu Beruang untuk Paru-paru

Selain bisa dibilang baik untuk penderita asam lambung, banyak dari kita bertanya-tanya manfaat susu beruang untuk paru-paru kita. Vitamin komplek yang terkandung dalam susu beruang banyak memberikan manfaat pada tubuh kita terutama dalam merawat sel paru-paru.

Pada dasarnya, paru-paru menjadi salah satu bagian terpenting dalam tubuh, jangan sampai paru-paru yang kita miliki kotor atau terdapat iritasi yang ada didalamnya. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, paparan udara yang ada disekitar kita dapat menyebabkan paru-paru kita mengalami iritasi, dan rentan terhadap virus maupun bakteri.

Infeksi pada paru-paru sebisa mungkin harus Sobat Pintar hindari, salah satunya dengan menambah sistem imun kekebalan tubuh dengan salah satunya meminum susu.

Namun, para dokter juga menegaskan bahwa susu beruang atau apapun jenis susunya bukan menjadi satu patokan bahwa susu dapat mencegah iritasi pada paru-paru, melainkan hanya bertugas untuk membantu memenuhi gizi keseharian dalam tubuh.

Dengan gizi keseharian kita terpenuhi, sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga memungkinan untuk tubuh melawan kuman yang menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Jadi manfaat dari susu beruang untuk paru-paru hanya sebatas meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bukan menyembuhkan ataupun dapat mencegah infeksi pada paru-paru. 

Oleh sebab itu, asumsi bahwa susu beruang dapat membersihkan segala kotoran yang ada didalamnya hanyalah mitos belaka.

Adakalanya untuk Sobat Pintar sebelum mengalihartikan manfaat susu beruang lebih dalam dan mengaplikasikannya dalam keseharian, lebih baik Sobat Pintar berkonsultasi pada dokter yang memiliki bidang ini demi menjaga kesehatan dan yang pasti sudah terjamin karena sudah terverifikasi dari sumber yang kredibel.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload