Cara Membuat Milkshake Oreo, Coklat, Strawberry

26 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 29 Nov 2021

Milkshake sendiri adalah minuman yang terbuat dari bahan dasar susu dan diberi berbagai macam perasa makanan sehingga rasanya menjadi lebih menarik dan bervariasi. Minuman ini biasanya banyak ditemui di cafe dan restoran dan disajikan dalam kondisi dingin dengan menambahkan es batu. 

Cara Membuat Milkshake Oreo, Coklat, Strawberry

Berikut ini adalah beberapa cara membuat milkshake dengan memadukan beberapa rasa seperti oreo, coklat, strawberry tentunya.

  1. Oreo milkshake

Rekomendasi rasa milkshake yang pertama yaitu oreo milkshake atau milkshake rasa oreo. Cara membuat milkshake oreo ini dengan menggunakan beberapa bahan yang bisa Anda temukan di supermarket atau toko swalayan terdekat.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat oreo milkshake antara lain adalah biskuit oreo sebanyak 5 keping, es krim vanilla sebanyak 2 scoops, coklat bubuk sebanyak 2 sendok makan, es batu secukupnya, dan topping (whipped cream, oreo, dan astor).

Cara membuat milkshake oreo

Cara membuat milkshake oreo yang pertama yaitu menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan seperti blender.

Kemudian, hancurkan seluruh bahan-bahan yang ada dengan blender hingga halus atau tekstur yang Anda inginkan. 

Setelah itu, tuangkan hasil blender ke dalam gelas yang akan digunakan untuk penyajian. Gunakan topping seperti oreo, whipped cream, dan astor untuk menghias permukaan milkshake oreo.

  1. Milkshake coklat

Milkshake rasa coklat atau chocolate milkshake adalah menu yang paling umum dan mudah ditemui di hampir seluruh restoran atau cafe yang menyajikan milkshake. 

Cara membuat milkshake coklat juga cukup mudah dengan bahan-bahan seperti berikut ini:

  • Es krim coklat sebanyak 250 ml
  • Susu kental manis
  • Es batu
  • Air sebanyak 100 ml

Cara membuat milkshake coklat

Cara membuat milkshake coklat yang pertama yaitu, blender susu kental manis coklat, es batu, dan air dengan blender hingga hancur dan tercampur merata. Kemudian, tambahkan sebagian es krim coklat dan blender kembali hingga tercampur merata.

Setelah itu, tuangkan milkshake coklat ke dalam gelas saji dan tambahkan sisa es krim coklat dan tambahkan hiasan permukaan milkshake coklat dengan topping.

  1. Milkshake strawberry

Milkshake strawberry juga menjadi menu yang paling umum ditemui di restoran atau cafe yang menyajikan milkshake. Berikut ini adalah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat milkshake strawberry.

Bahan milkshake strawberry

  • Buah strawberry sebanyak 6 buah
  • Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  • Susu putih sebanyak 1 sendok makan
  • Es batu
  • Topping: sprinkle dan cream cheese

Cara membuat milkshake strawberry

Cara membuat milkshake strawberry yang pertama yaitu dengan memblender potongan buah strawberry yang telah dipotong kecil-kecil, air, gula pasir, susu, dan es batu hingga hancur dan tercampur merata.

Tuangkan hasil blender ke dalam gelas saji dan hiasi milkshake strawberry dengan menggunakan topping yang telah disiapkan.

  1. Milkshake tanpa es krim

Nah, setelah melihat resep-resep di atas yang menggunakan es krim untuk membuat milkshake, maka ini adalah cara membuat milkshake tanpa es krim yang bisa Anda coba juga.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat milkshake tanpa es krim ini terdiri dari:

  • Susu sebanyak 475 ml
  • Gula pasir sebanyak 1 sendok teh
  • Es batu secukupnya
  • Ekstrak vanila
  • Garam sebanyak ¼ sendok teh
  • Sirup coklat atau perasa lain

Cara membuat milkshake tanpa es krim

Cara membuat milkshake tanpa es krim yang pertama yaitu memblender semua bahan-bahan yang ada dengan blender hingga halus dan tercampur merata.

Blender tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 detik saja agar tidak menghasilkan busa yang berlebih. Setelah selesai proses blender, milkshake pun sudah jadi dan siap disajikan di dalam gelas dengan tambahan topping sebagai hiasan.

Nah, dengan menggunakan susu dan es batu, maka tekstur dan bentuk milkshake yang dihasilkan akan menyerupai milkshake yang dibuat dengan es krim. 

Bisnis milkshake

Nah, setelah Anda tahu bagaimana cara membuat milkshake dengan menggunakan oreo, coklat, dan strawberry maka tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis milkshake loh!

Bisnis minuman sama seperti makanan yaitu tidak pernah mati karena akan terus dibutuhkan oleh orang. Milkshake juga dapat dijadikan bisnis dengan modal yang bisa dibilang cukup terjangkau dan omset yang tinggi, karena bahan baku yang digunakan cenderung murah.

  1. Ide bisnis Milkshake

Untuk ide bisnis dari milkshake bisa dilihat dari target pembeli Anda. Jika target pembeli Anda adalah orang-orang yang mengkonsumsi milkshake ketika bepergian, maka ide bisnis milkshake yang cocok Anda coba adalah milkshake dalam kemasan seperti botol atau kemasan plastik.

Namun, jika target pembeli Anda adalah orang-orang yang mengkonsumsi milkshake ketika sedang makan atau nongkrong, maka Anda dapat mencoba membuat milkshake yang disajikan di dalam gelas seperti di cafe atau restoran.

  1. Modal Bisnis Milkshake

Modal untuk bisnis milkshake sendiri terdiri dari bahan baku pembuatan milkshake, sewa tempat, dan operasional.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis milkshake secara online maka biaya sewa tempat dan operasional bisa menjadi lebih murah atau bahkan tidak ada. 

  1. Harga jual pada Bisnis Milkshake

Setelah Anda tahu cara membuat milkshake dan menemukan formula yang tepat, maka selanjutnya Anda dapat melakukan perhitungan terhadap modal pembuatan milkshake untuk menentukan harga jual milkshake Anda.

Jangan lupa juga untuk melakukan riset pasar dengan melihat harga kompetitor atau pesaing Anda yang juga berjualan milkshake. Tentukanlah harga jual yang bersaing, tidak terlalu mahal dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada orang-orang atau kenalan Anda mengenai berapa harga jual yang menurut mereka sesuai untuk milkshake Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih nyata mengenai harga jual yang diinginkan oleh pasar.

Penutup

Nah, itu dia penjelasan bagaimana cara membuat milkshake yang bisa Anda coba sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti oreo, coklat, dan strawberry.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download