Cara Membuat Lemon Tea, Haus Auto Kabur

25 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 26 Aug 2022

Cara membuat lemon tea yang mudah di rumah, dapat menjadi solusi ketika cuaca panas. Terlebih kalau kamu ingin minuman menyegarkan untuk menghilangkan dahaga.

Bahan yang kamu butuhkan sederhana dan simpel untuk membuat lemon tea. Karena jenis minuman satu ini tidak membutuhkan bahan yang rumit.

Secara umum, lemon tea adalah teh yang mendapatkan tambahan es batu dan irisan lemon di dalam gelas. Ternyata minuman ini juga bisa memberi manfaat untuk tubuh kamu.

Pada minuman lemon tea dingin maupun hangat, penambahan irisan lemon tersebut tidak sekadar membuat warnanya lebih pekat. Tetapi juga memperkaya rasanya, jadi teh yang kamu minum tidak hanya itu-itu saja.

Kabar baiknya, lemon tea sangat rendah kalori. Sehingga juga mempunyai manfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Di dalam minuman ini terdapat kandungan phytochemical, yang punya banyak manfaat. Antara lain memerangi penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan persentase terkena kanker.

Oleh sebab itulah, meminum lemon tea tanpa tambahan gula lebih menyehatkan bagi tubuh. Haus yang kamu rasakan seketika langsung menghilang.

Baca juga: 7 Minuman Segar Ini, Dipercaya Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Cara Membuat Lemon Tea, Haus Auto Kabur

Cara Membuat Lemon Tea dengan Bahan yang Tepat

Sebelum mulai meracik minuman menyegarkan dan menyehatkan lemon tea, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dulu. Bahan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kantung teh 1 buah;

2. Gula pasir 1 sendok makan;

3. Jeruk lemon 1 buah;

4. Air panas 50 ml;

5. Air dingin 150 ml;

6. Es batu kecil 6 buah.

Kantung teh bisa dari merek apa saja. Kamu juga dapat menggunakan teh saring kalau menginginkan rasa tehnya lebih dominan daripada lemon.

Sedangkan gula pasir bisa kamu ubah menjadi gula rendah kalori. 1 buah jeruk lemon berwarna kuning yang mana kamu butuh 2 irisan saja. Tetapi kalau ingin rasa jeruk lemon lebih dominan, kamu bisa menambah perasan sisanya ke dalam gelas teh.

Air panas berfungsi untuk menyeduh dan menyatukan antara teh dengan lemon. Untuk air panas dan dingin, pastikan keduanya adalah air yang sudah matang.

Karena pembuatan es lemon tea, maka membutuhkan tambah es batu kecil. Es batu tidak perlu terlalu banyak agar rasa teh dan lemon tidak pudar seiring esnya mencair.

Baca juga: Tidak Sepenuhnya Dilarang, 5 Manfaat Minuman Bersoda

Proses dan Cara Membuat Lemon Tea

Es menjadi solusi untuk menghilangkan haus, cara membuat lemon tea yang mudah bisa menjadi pilihan kamu. Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan.

Tidak membutuhkan banyak waktu, simak langkah-langkah meracik es lemon tea paling enak dan segar berikut ini.

1. Seduh Kantung Teh

Pertama-tama kamu perlu menyeduh kantung teh ke dalam 50 ml air panas. Tunggu sebentar agar sari-sari teh keluar dalam gelas. Hal ini bisa tampak dari warna air yang kemudian berubah menjadi lebih pekat.

2. Tambah Gula sesuai Selera

Masih di gelas yang sama, tambahkan gula sesuai dengan selera kamu. Untuk membuat 1 porsi es lemon tea, kurang lebih membutuhkan 1 – 2 sendok makan gula.

3. Peras Jeruk Lemon

Peras dan saring jeruk lemon ke dalam gelas khusus. Hasil saringan yang sudah bersih tersebut bisa kamu tuangkan ke dalam gelas pertama. Aduk agar sari jeruk lemon, teh, dan gula menyatu bersama.

4. Tambah Es Batu dan Air Dingin

Langkah selanjutnya dalam cara membuat lemon tea adalah menambahkan es batu dan air dingin. Banyak yang menambahkan airnya dulu, padahal seharusnya yang ditambahkan adalah es batu dulu.

5. Aduk dan Es Lemon Tea Siap Kamu Nikmati

Aduk perlahan agar intisari teh dan lemon tidak hanya berada di bagian bawah gelas. Untuk menghidangkan ala restoran, kamu bisa memberi hiasan berupa irisan lemon pada bagian mulut gelas.

Nikmatnya Membuat Lemon Tea di Rumah

Cara membuat lemon tea di atas untuk 1 porsi 200 ml. Kalau ingin membuat dalam wadah yang lebih besar, kamu tinggal mengalikan jumlah bahan dengan berapa porsi yang kamu butuhkan.

Membuat lemon tea di rumah lebih nikmat karena kamu bisa memastikan menggunakan air matang agar tidak pilek. Selain itu, kamu sendiri yang memastikan bahwa lemon yang digunakan benar-benar segar.

Di sisi lain, untuk faktor kesehatan, bagi penderita diabetes bisa menyesuaikan diri kadar gula dan manisnya dari minuman ini. Mau membuat versi hangat atau versi dingin juga bebas.

Baca juga: Cara Membuat Milkshake Oreo, Coklat, Strawberry

Manfaat Lemon Tea untuk Kesehatan

Secara lebih rinci, sebenarnya apa manfaat lemon tea bagi kesehatan kamu? Berikut adalah daftar manfaat yang bisa kamu dapat.

1. Sumber Antioksidan

Dalam buah lemon terdapat kandungan flavonoid yang punya tugas menangkal radikal bebas. Selain itu adanya vitamin C juga membantu sistem kekebalan tubuh kamu.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa limonoid dalam buah lemon mampu menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker. Manfaat senyawa ini seperti mengurangi risiko terkena kanker lambung, payudara, dan usus besar.

3. Menyehatkan Jantung

Berbagai macam vitamin dan antioksidan dalam lemon dan teh ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung. Yang mana senyawa lainnya berfungsi menurunkan tekanan darah.

4. Membuat Pencernaan Lebih Lancar

Apakah kamu tahu bahwa lemon tea juga bisa memperlancar keluarnya racun dari dalam tubuh? Manfaat berikutnya berkaitan dengan sistem pencernaan manusia, es lemon tea mampu membantu usus menyerap nutrisi dari makanan.

Sedangkan untuk lemon tea hangat akan mendorong racun dan membersihkan usus kamu. Dengan cara membuat lemon tea yang cukup mudah, ternyata memberi manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Tidak hanya pada sistem pencernaan, aroma menenangkan dari teh dan lemon tersebut mempunyai manfaat meningkatkan mood dan suasana hati seseorang. Sehingga hal itu juga berpotensi mengurangi rasa cemas berlebih.

6. Meredakan Sakit di Tenggorokan

Khusus untuk lemon tea hangat, bisa membantu mengurangi gejala dari batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Untuk cuaca dingin lebih nikmat kalau meracik lemon tea hangat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat berikutnya khusus untuk kamu yang mengalami masalah kulit seperti kulit kering dan pecah-pecah. Cobalah untuk minum lemon tea secara rutin, karena vitamin dan nutrisinya punya sifat anti penuaan dini.

8. Detoksifikasi Tubuh

Minuman ini sangat baik dalam detoksifikasi tubuh, yang membantu menghilangkan racun sehingga mengurangi kerusakan pada organ hati manusia. Kandungan asam nitratnya ternyata punya manfaat mengurangi risiko batu ginjal.

Meski mempunyai banyak manfaat, setiap sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Jadi dalam meminum harus wajar, ya. Misalnya sehari 1 kali dengan kandungan gula yang terkontrol.

Itulah beberapa informasi tentang resep dan cara membuat lemon tea. Lengkap beserta manfaatnya untuk tubuh kamu. Yuk coba meracik sendiri di rumah! Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download