Tidak Sepenuhnya Dilarang, 5 Manfaat Minuman Bersoda

14 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 17 Jul 2021

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minuman bersoda dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Tidak Sepenuhnya Dilarang, Inilah 5 Manfaat Minuman Bersoda

Namun ternyata dibalik bahaya yang ditimbulkan oleh minuman ini, ternyata juga terdapat manfaat dari minuman bersoda yang jarang sekali diketahui orang.

Kandungan dalam Minuman Bersoda

Minuman bersoda merupakan jenis minuman yang di dalamnya terkandung karbon dioksida. 

Hal itulah yang menciptakan gelembung di dalam air yang menempel pada dinding gelas. Dengan adanya gelembung di dalam minuman bersoda, wajar saja jika orang yang meminumnya akan merasakan sebuah sensasi tersendiri.

Selain mengandung karbon dioksida, minuman bersoda ini juga diketahui mengandung campuran asam sitrat, pemanis buatan seperti contohnya fruktosa, kafein dan beberapa kandungan lainnya.

Para pelaku diet serta ahli kesehatan seringkali mengingatkan bahaya mengenai minuman yang satu ini.

Di sisi lain, ada juga manfaat minuman bersoda yang cukup jarang dipublikasikan.

Dalam artikel ini kita akan mencari tahu dampak negatif dan manfaat minuman bersoda.

Apa Manfaat Dari Minuman Bersoda?

Berikut adalah manfaat minuman bersoda:

1. Sebagai pelepas dahaga

Salah satu manfaat dari minuman  ini adalah bisa membantu menghilangkan rasa haus yang Sobat Pintar rasakan.

Terlebih lagi saat cuaca tengah panas dan Sobat Pintar memerlukan asupan cairan untuk membuat tubuh terasa segar kembali.

Hanya saja, jenis minuman yang paling baik untuk mengembalikan cairan tubuh Sobat Pintar yang hilang tetaplah air putih.

Hal ini karena minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang mana bersifat diuretik, sehingga cukup beresiko membuat Sobat Pintar mengalami dehidrasi karena buang air kecil yang terlalu sering.

2. Meredakan Sembelit

Manfaat minuman bersoda berikutnya yaitu mampu meredakan sembelit, karena minuman bersoda bisa membantu dalam mengatasi gangguan pencernaan yang sedang dialami.

Sebuah riset dilakukan terhadap 40 orang yang pernah mengalami riwayat penyakit stroke.

Rata-rata mereka buang air besar hingga dua kali lipat saat meminum minuman bersoda. Terlebih lagi para peserta riset  melaporkan bahwa terdapat penurunan gejala sembelit sebesar 58%.

Kemudian sebuah penelitian lain juga dilakukan dan melibatkan 21 orang partisipan dengan riwayat gangguan pencernaan kronis.

Para partisipan tersebut diminta untuk mengonsumsi minuman bersoda selama beberapa hari berturut-turut.

Dari hasil penelitian yang didapat, menunjukkan terdapat pengurangan gejala gangguan pencernaan yang cukup signifikan.

Termasuk di sini pengosongan kantung empedu dan sembelit. Namun perlu Sobat Pintar ingat, bagaimanapun juga minuman bersoda bukanlah cara yang sehat untuk dapat melancarkan pencernaan.

3. Memberikan Rasa Kenyang

Manfaat minuman bersoda lainnya adalah dapat menimbulkan rasa kenyang jika dibanding dengan Sobat Pintar minum air putih.

Minuman tersebut dapat membantu makanan agar tetap berada di dalam perut dalam waktu yang lebih lama, sehingga akan meningkatkan rasa kenyang. 

Hal tersebut tidak lepas dari kandungan gas yang tinggi serta gula di dalam minuman bersoda.

Sekalipun demikian manfaat minuman soda yang satu ini masih memerlukan riset lebih lanjut guna membuktikan tentang keefektifannya.

4. Kemampuan Menelan Meningkat

Manfaat lain yang bisa diberikan oleh minuman bersoda yaitu kemampuan menelan yang meningkat. Hal tersebut didasarkan dari hasil studi yang pernah dilakukan pada orang dewasa muda dan tua.

Dalam penelitian itu melibatkan sebanyak 16 orang partisipan yang memiliki kondisi sehat dan diminta berulang kali menelan beragam jenis cairan.

Hasilnya minuman bersoda ternyata mampu untuk merangsang saraf yang bekerja untuk menelan.

Studi lain juga menunjukkan bahwasanya konsumsi dari minuman bersoda dalam kondisi dingin juga dapat meningkatkan manfaat dari minuman tersebut.

5. Kandungan Kafein yang Mengurangi Penyakit Tertentu

Kafein adalah zat stimulan yang dapat ditemukan dalam minuman bersoda. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, maka dapat  merugikan kesehatan Sobat Pintar.

Sebaliknya jika Sobat Pintar dikonsumsi dalam batas yang wajar, kafein dapat merangsang sistem saraf pusat, membantu memecah asam lemak di hati, meningkatkan mood, dan meredakan sakit kepala.

Orang yang secara teratur mengkonsumsi kafein lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit Parkinson, kanker usus besar, batu empedu, dan sirosis hati.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai apa saja dampak negatif yang ditimbulkan oleh minuman soda serta manfaat yang ditimbulkan.

Sebagian besar orang lebih memahami bahwasanya minuman bersoda cenderung mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh dan hal tersebut memang terbukti benar. 

Namun selain itu, minuman bersoda juga memberikan manfaat bagi para pengkonsumsi selama minuman tersebut dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Sering meminum minuman yang mengandung soda akan menimbulkan beberapa dampak negatif, di antara lain yaitu:

  1. Resiko Terjangkit Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman bersoda memiliki kandungan gula yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Penelitian dilakukan pada lebih dari 90.000 wanita selama kurang lebih 8 tahun. 

Hasil penelitian menemukan bahwa para wanita yang dalam sehari mengkonsumsi lebih dari satu minuman bersoda lebih mungkin untuk terserang diabetes tipe 2 jika dibanding mereka yang jarang meminumnya. 

Oleh karena itulah di sini sangat disarankan agar Sobat Pintar mulai mengurangi untuk mengkonsumsi minuman bersoda agar terhindar dari resiko penyakit diabetes tipe 2.

  1. Beresiko Terserang Jantung

Dengan kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda akan meningkatkan orang yang sering mengonsumsinya terjangkit penyakit jantung.

Hal tersebut telah dibuktikan melalui sebuah riset dimana hasil dari riset tersebut mengungkap bahwa jika seseorang mengonsumsi minuman bersoda secara berlebih, bahkan setiap hari, maka dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung. 

Hal itu diduga oleh karena adanya resistensi insulin yang dapat meningkatkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

  1. Tulang Semakin Rapuh

Pada minuman bersoda terdapat kadar fosfat yang tinggi tetapi sebaliknya tidak memiliki kandungan kalsium serta nutrisi yang sehat.

Mengonsumsi banyak fosfat dibanding kalsium bisa menyebabkan kesehatan tulang yang menurun. 

Seperti yang kita ketahui, kalsium sangatlah penting bagi tulang, terlebih selama masa anak-anak dan remaja.

Maka dari itu, bagi Sobat Pintar yang saat ini masih berada dalam masa pertumbuhan, sebaiknya mengurangi konsumsi minuman bersoda agar nantinya tulang Sobat Pintar tetap sehat dan pertumbuhan tulang jadi lebih baik.

  1. Merusak Gigi

Dampak negatif lain dari seringnya mengkonsumsi minuman bersoda yaitu dapat merusak gigi, oleh karena kandungan gula yang sangat tinggi yaitu fruktosa dan glukosa.

Seperti yang telah kita ketahui, kedua kandungan tersebut sangat beresiko bagi kesehatan gigi serta dapat membuat gigi Sobat Pintar berlubang. 

Mengonsumsi soda secara berlebih juga dapat menyebabkan rusaknya enamel gigi pada mulut Sobat Pintar. Untuk mengurangi resiko tersebut, sebaiknya Sobat Pintar dapat menyikat gigi setelah mengkonsumsi minuman bersoda.

  1. Kinerja Otak Terganggu

Penyebab mengapa minuman bersoda dapat mengganggu kinerja dari otak yaitu karena pemanis buatan yang terkandung di dalamnya.

Pemanis buatan seperti contohnya aspartame yang umum mengandung fenilalanin bisa menyebabkan fungsi otak menjadi terganggu.

Zat ini juga bisa menyebabkan kejang dan juga gangguan genetik fenilketonuria yang lain.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download