Fakta Susu Beruang yang Diburu Selama Pandemi Covid-19

11 Jul 2021 by georgineesperance

Sobat Pintar! Beberapa waktu lalu sempat viral video masyarakat melakukan panic buying di salah satu swalayan. Barang yang diburu oleh masyarakat adalah susu beruang. Bahkan, dikarenakan banyaknya masyarakat yang memborong susu beruang, harganya sempat melambung tinggi dibeberapa e-commerce. Namun, apakah betul bahwa susu beruang dapat mencegah virus Covid-19?

Komentar Para Ahli

Menurut Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban membantah susu beruang bisa menyembuhkan Covid-19. Kandungan dalam susu beruang tidak dapat membunuh virus SARS-CoV-2 dalam tubuh.

Dokter Tan Shot Yen juga menyatakan bahwa asumsi susu beruang dapat menyembuhkan berbagai penyakit adalah mitos. “Tidak ada studi ilmiah yang menghubungkan konsumsi susu dan pencegahan penularan COVID-19. Satu-satunya pencegahan adalah protokol kesehatan ketat,” ujar Dokter Tan Shot Yen.

Ahli gizi, Ati Nirwanawati SKM.MARS juga menyatakan dalam artikel yang muat oleh merdeka.com bahwa nilai gizi dalam susu beruang tidak jauh berbeda dari susu lain pada umumnya.

Sehingga, kesimpulannya adalah panic buying terhadap susu beruang sangat tidak diperlukan, karena mengkonsumsi susu beruang tidak dapat mencegah penularan Covid-19 atau bahkan membunuh virus SARS-CoV-2 dalam tubuh.

Untuk mencegah dari penularan Covid-19, yang perlu kita lakukan adalah menjalani protokol kesehatan dengan ketat.

Apakah artikel ini membantu kamu? Berikan komentar kamu dibawah ini ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload