Cari Tahu Cara Membuat Kartu Kredit Bank

08 Apr 2022 by Kredit Pintar., Last edit: 21 Sep 2022

Cara membuat kartu kredit menjadi satu hal penting yang perlu diketahui di era digital saat ini. Di mana beragam metode pembayaran online maupun offline dapat dilakukan melalui kartu kredit. Bagaimana cara membuatnya? Melalui ulasan berikut, Sobat Pintar dapat mengetahui cara membuat kartu kredit BCA, BRI, Mandiri hingga BNI.Kartu Debit Adalah Kartu Pembayaran Non-Tunai, Berikut Penjelasannya -  Nasional Katadata.co.id

Baca Juga: Cara Mengajukan Kartu Kredit yang Baik dan Benar

Sejumlah pusat pembelanjaan telah memberlakukan kartu kredit sebagai metode pembayaran paling simpel yang mana dapat Sobat Pintar gunakan meski waktu gajian belum tiba. Sayangnya cara membuat kartu kredit belum banyak diketahui karena dianggap ribet. Tapi tenang, melalui informasi di sini Sobat Pintar bisa membuatnya dengan mudah.

Meski kartu kredit dapat menjadi solusi belanja di kala belum punya uang, namun sebaiknya tetap seimbangkan jumlah pemasukan dengan pengeluaran. Jadi jika Sobat Pintar menggunakan kartu kredit untuk keperluan lifestyle maka bisa menggunakan jumlah maksimal hingga 30% dari total penghasilan tetap.

Apa itu Kartu Kredit? 

Semakin tingginya kebutuhan hidup seseorang membuat mereka membutuhkan kartu kredit sebagai solusi ketika menginginkan produk dengan harga mahal. Melalui kartu kredit, Sobat Pintar bisa mendapatkan barang impian dengan cepat karena pembayarannya bisa dicicil setiap bulan.

Sedikit gambaran tentang kartu kredit perlu Sobat Pintar ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Mulai dari apa itu kartu kredit, bagaimana sistem pembayarannya hingga cara membuat kartu kredit di beberapa bank seperti BCA, BRI, Mandiri dan BNI sebagai bahan pertimbangan.  

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang dikeluarkan oleh suatu bank dan pengguna harus membayarnya kepada pihak bank setiap bulan. Jadi dengan kartu kredit, pihak bank akan memfasilitasi Sobat Pintar saat berbelanja secara online maupun offline. Kartu ini bisa digunakan setelah nasabah menyetujui syarat yang diberikan oleh pihak bank.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Bank Secara Bijak

Sebelum membahas cara membuat kartu kredit bank, hal yang tidak kalah penting Sobat Pintar ketahui ialah tips menggunakan kartu kredit secara bijak agar tidak menguras pengeluaran. Berikut tips menggunakan kartu kredit bank secara bijak, di antaranya:

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Secara Online dan OfflineCara Membuat Visa Inggris Bagi Kamu Yang Pemula - RumahMigran.com

  1.  Miliki Salah Satu Kartu Kredit

Meski cara membuat kartu kredit BRI, Mandiri, BNI dan BCA relatif mudah dan memberikan angsuran lebih rendah, hindari untuk memiliki semuanya, Sobat Pintar bisa menentukan salah satu kartu kredit yang paling rendah bunganya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari suatu kondisi pengeluaran yang tidak terkendali. 

  1.  Hindari Menarik Uang Tunai dari Kartu Kredit

Bagi Sobat Pintar yang tidak ingin menghadapi masalah di masa depan, sebaiknya hindari menarik uang dari kartu kredit. Ini karena kartu kredit hanya sebagai alat untuk memudahkan berbelanja, bukan untuk menarik uang yang tidak Sobat Pintar miliki. Jadi sebaiknya tarik uang yang benar-benar Sobat Pintar miliki di dalam tabungan.

  1.  Beli Barang Sesuai dengan Kemampuan Membayar

Membeli barang sesuai dengan kemampuan membayar merupakan tips menggunakan kartu kredit secara bijak. Sebab banyak orang menggunakan kartu kredit namun tidak disesuaikan dengan kemampuan membayar. Seperti mengambil nominal cicilan tinggi namun tidak dipertimbangkan, akibatnya tagihan jadi semakin membengkak.

Cara Membuat Kartu Kredit Bank 

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, banyak bank mengeluarkan produk kartu kredit. Beberapa di antaranya bank BRI, BNI, BCA dan Mandiri. Berikut ini cara membuat kartu kredit BNI, BCA, BRI dan Mandiri:
Cara Membuat Kartu Kredit BNI Secara Online, Mudah dan Praktis Halaman all  - Kompas.com

Baca Juga: Mau Ajukan Pinjaman Online BRI? Ini yang Harus Disiapkan

  1.  Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri

Cara membuat kartu kredit Mandiri yang harus Sobat Pintar lakukan ialah menyiapkan sejumlah persyaratan seperti KTP, Slip gaji, NPWP dan fotocopy buku tabungan dalam 2 bulan terakhir. Jadi umumnya kartu kredit bank Mandiri diberikan kepada mereka yang telah bekerja dan berusia 21 hingga 65 tahun. 

Semua syarat yang telah Sobat Pintar siapkan dapat diserahkan secara langsung kepada customer service bank atau menguploadnya jika pembuatan dilakukan secara online. Caranya buka laman http://www.mandirikartukredit.com melalui Chrome. Kemudian pilih jenis kartu sesuai kebutuhan, isi semua data yang diperlukan, upload persyaratan, konfirmasi dengan kode OTP dan jawab seluruh pertanyaan dengan benar.

Tahap selanjutnya lakukan aktivasi melalui SMS ke nomor 3355 dengan format ACT CC (spasi) 16 nomor kartu kredit (spasi) 4 digit kode aktivasi Sobat Pintar. Nantinya Sobat Pintar akan mendapat informasi pin melalui sms atau email yang ditautkan. Selain sms, Sobat pintar bisa melakukan aktivasi melalui nomor telepon 14000 untuk dihubungkan langsung dengan CS bank Mandiri.

  1.  Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Sobat Pintar harus berusia 25 tahun, memiliki KTP, NPWP dan slip gaji terbaru. Jika Sobat Pintar melakukan pendaftaran secara langsung sebaiknya fotocopy terlebih dahulu dan bawa dokumen aslinya untuk mempercepat proses pendaftaran ke CS kantor cabang BRI terdekat. 

Untuk melakukan pendaftaran kartu kredit secara online, silakan masuk ke halaman website kartukredit.bri.co.id lalu isi seluruh data dan siapkan persyaratan dalam dokumen digital seperti melakukan scan berkas terlebih dulu. Kemudian cetak formulir dan tunggu hingga kurir BRI mengambil formulir yang telah ditandatangani. 

  1.  Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Sobat Pintar memenuhi syarat yaitu berusia 21 hingga 65 tahun dan memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan. Adapun dokumen yang harus disiapkan seperti KTP, NPWP, slip gaji dan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak.

Setelah menyiapkan persyaratan, Sobat Pintar dapat masuk ke laman eform.klikbca.com/applycc/ lalu klik layanan aplikasi online. Setelah itu pilih jenis kartu kredit yang diinginkan, klik lanjutkan, jawab pertanyaan, isi aplikasi BCA jika belum memiliki rekening tapi apabila punya silakan isi dengan nomor rekening. Setelah selesai, cek email untuk konfirmasi dan tanda tangan lalu kirim ke CS bank BCA terdekat.

  1.  Cara Membuat Kartu Kredit BNI

Sobat Pintar harus berusia 17 hingga 65 tahun, memiliki KTP, slip gaji atau bukti penghasilan (minimal 36 juta satu tahun), SPT dan NPWP. Setelah itu, jangan lupa bawa seluruh persyaratan asli dan fotocopy untuk mempercepat proses pendaftaran ke CS bank BNI terdekat.

Jika Sobat Pintar melakukan pendaftaran melalui online, silakan masuk ke laman website https://applykartukredit.bni.co.id/bni, pilih Apply Kartu Kredit, masukan persyaratan yang telah di scan, klik OK di halaman disclaimer, pilih jenis kartu kredit, selfie bersama KTP asli dan isi seluruh data hingga selesai. Kemudian tunggu hingga petugas bank memverifikasi data melalui telepon atau email.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download