Cara Membuat Kartu Kredit Secara Online dan Offline

21 Oct 2021 by Laruan

Memiliki kartu kredit saat ini sudah menjadi hal yang umum. Apalagi, ada banyak penawaran dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Lalu bagaimana cara membuat kartu kredit?

Hal Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membuat Kartu Kredit

Saat ini, ada banyak bank yang menawarkan cara membuat kartu kredit dengan mudah. Meskipun begitu, Anda tetap harus memahami beberapa hal dasar sebelum membuat kartu kredit pertama Anda. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kemungkinan kerugian atau penyesalan setelah membuat kartu kredit.

Cara Membuat Kartu Kredit Secara Online dan Offline

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit:

1. Memahami Konsep Dasar Kartu Kredit

Kartu kredit pada dasarnya merupakan instrumen pinjaman. Karena itu, memiliki kartu kredit dan menggunakannya sama dengan memiliki utang, bukan tambahan penghasilan. Jadi, Anda perlu menentukan prioritas saat menggunakan kartu kredit.

Pastikan Anda menggunakan kartu kredit untuk sesuatu  yang penting. Dan bukan sekedar untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Selain itu, jangan menggunakan kartu kredit melebihi kemampuan Anda membayar utang di bulan berikutnya. Jika tidak, nantinya Anda justru akan terjebak dalam tumpukan hutang yang sulit terlunasi.

2. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Sebelum membuat kartu kredit di bank tertentu. Pastikan anda memahami kebutuhan Anda dan jenis kartu kredit yang ditawarkan. Biasanya, setiap bank memiliki beberapa jenis kartu kredit berdasarkan fungsi dan limitnya.

Anda bisa memilih jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda membayar tagihan. Selain itu, kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan serta memiliki akses yang luas juga bisa Anda jadikan pertimbangan.

3. Pastikan Riwayat Keuangan Anda Aman dan Lancar

Saat Anda membuat pengajuan kartu kredit, pihak bank akan melakukan beberapa pengecekan. Salah satunya adalah pengecekan riwayat keuangan Anda. Karena itu, pastikan Anda tidak memiliki riwayat pinjaman atau kredit macet sebelumnya. Jika ada riwayat keuangan yang bermasalah, besar kemungkinan pengajuan Anda akan ditolak.

Cara Membuat Kartu Kredit Secara Offline

Membuat pengajuan kartu kredit secara offline adalah cara yang paling umum dilakukan. Anda tinggal datang ke kantor cabang bank tujuan Anda untuk membuat pengajuan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengajuan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum membuat pengajuan kartu kredit secara offline, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Umumnya, Anda perlu menyiapkan dokumen berikut ini agar proses pengajuan lebih lancar:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi slip gaji dengan besar minimal Rp 3 juta per bulan
  • Surat keterangan penghasilan atau SKP dari kantor tempat bekerja

2. Datang ke Kantor Cabang dan Bertemu Customer Service

Setelah datang ke kantor cabang, Anda bisa mengambil nomor antrian ke Customer Service atau CS. Di sini, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan dan memberikan berkas persyaratan yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Selanjutnya, CS akan memproses berkas Anda dan mewawancarai Anda mengenai beberapa hal. Termasuk data pribadi, nama orang tua, serta data identitas lainnya yang diperlukan.

3. Menunggu Informasi Pengajuan

Setelah itu, Anda tinggal menunggu informasi dari bank apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak. Biasanya, pihak bank akan menghubungi Anda dalam beberapa hari. Jika pengajuan Anda diterima, pihak bank akan melakukan konfirmasi atas pengajuan yang Anda lakukan. Selanjutnya, kartu kredit akan dikirim ke alamat Anda dalam beberapa hari.

Cara Membuat Kartu Kredit Online

Saat ini, banyak bank yang mempermudah pengajuan kartu kredit. Bahkan Anda bisa membuat pengajuan kartu kredit secara online. Bagi sebagian orang, cara membuat kartu kredit secara online memberikan beberapa keuntungan. Seperti proses pengajuan yang lebih mudah dan simple, hemat waktu, dan lebih aman.

Jika Anda berencana untuk membuat pengajuan kartu kredit secara online, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Situs Pengajuan Kartu Kredit

Ada banyak situs yang dapat membantu Anda membuat pengajuan kartu kredit secara online. Mulai dari situs resmi bank yang Anda tuju, situs fintech, atau bahkan melalui platform e-commerce atau marketplace.

Setelah mengunjungi situs tersebut, cari menu Kartu Kredit untuk memulai pengajuan kartu kredit Anda.

2. Pilih Jenis Kartu yang Sesuai

Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis kartu kredit yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Misalnya dengan mempertimbangkan promosi yang ditawarkan, rewards, jenis kartu kredit, biaya admin, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memilih kartu kredit sesuai dengan gaji atau penghasilan Anda per bulan, berdasarkan limit, atau kartu kredit bank pilihan Anda.

3. Isi Formulir Pengajuan

Setelah itu, Anda perlu mengisi laman formulir pengajuan. Mulai dari nama, tanggal lahir, nomor ponsel, tempat tinggal, penghasilan per bulan, pekerjaan sekarang, dan lain-lain. Kemudian upload dokumen identitas seperti KTP, NPWP, atau dokumen lain yang dibutuhkan.

Sampai sini, proses pengajuan Anda telah selesai. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu kabar apakah pengajuan kartu kredit Anda diterima atau tidak.

Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu syarat mengajukan kartu kredit adalah dengan melampirkan slip gaji. Lalu bagaimana jika Anda bukan pegawai yang memiliki slip gaji? Apakah mungkin mengajukan kartu kredit tanpa slip gaji?

Tentu saja Anda tetap bisa mengajukan kartu kredit tanpa menggunakan slip gaji. Berikut ini adalah beberapa tips cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji yang bisa Anda coba:

1. Buat Kartu Kredit dengan Jaminan

Jika Anda tidak memiliki gaji, Anda bisa tetap membuat kartu kredit dengan jenis kartu kredit yang menggunakan jaminan. Tentu saja cara ini sedikit merepotkan dibandingkan pengajuan biasa. Namun tetap bisa Anda coba.

Jaminan paling aman yang bisa Anda coba adalah deposito. Untuk membuat kartu kredit tanpa slip gaji, Anda bisa mengajukan deposit di bank yang sama sebagai jaminan.

2. Lakukan di Bank Tempat Menabung

Anda pasti memiliki bank tempat Anda menyimpan uang. Anda bisa mencoba melakukan pengajuan kartu kredit tanpa slip gaji dengan mengajukannya di bank tempat Anda menabung. Jika arus kas Anda lancar, biasanya akan lebih mudah untuk mengajukan kartu kredit.

3. Buat Permohonan Melalui Lembaga Keuangan

Cara lain mengajukan kartu kredit tanpa slip gaji bisa Anda lakukan melalui lembaga keuangan. Anda cukup mengajukan aplikasi ke lembaga keuangan yang Anda percaya. Selanjutnya, pihak lembaga tersebut akan membantu mengurus pengajuan kartu kredit Anda ke bank.

4. Ajukan Kartu Kredit di Kota Asal

Tips terakhir bisa Anda lakukan dengan mengajukan kartu kredit di kota asal atau alamat yang sesuai dengan kartu identitas Anda. Pengajuan di kota asal biasanya memiliki peluang persetujuan yang lebih besar.

Itulah beberapa cara membuat kartu kredit yang perlu Anda ketahui. Seringkali, pengajuan kartu kredit membutuhkan waktu mulai dari 14 hari kerja hingga disetujui.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload