5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

24 Jan 2018 by Ary Wibowo, Last edit: 05 Sep 2022

“Harta yang paling berharga adalah keluarga” adalah salah satu penggalan lirik lagu yang dinyanyikan Bunga Citra Lestari sebagai OST dari film Keluarga Cemara. Namun bagaimana jika kondisi keluarga tanpa harta? Oleh karena itu kamu perlu tahu 5 cara mengatur keuangan rumah tangga di bawah ini. 

Cara Mengatur keuangan rumah tangga

Banyak masalah yang timbul dari kesulitan finansial dalam keluarga. Banyak diantaranya bahkan berujung dengan perceraian. Oleh karena itu, pemahaman finansial dibutuhkan oleh seseorang yang akan berumah tangga.

Salah satu pemahaman finansial yang paling penting adalah cara mengatur keuangan rumah tangga. Karena bukan hal yang mudah ketika ada dua kepala yang saling berargumentasi dengan latar belakang finansial yang berbeda. 

Wanita biasanya menjadi sosok utama dalam keluarga yang mengatur kondisi finansial dalam rumah tangga. Namun bukan berarti laki-laki tidak ambil bagian dalam perencanaan keuangan dalam rumah tangga. 

Baca Juga : Bantuan Pemerintah Juni 2022, Siapkan KTP Buat Daftar!

Alasan Perlunya Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga

Mengapa kita harus mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga? Tentunya perlu alasan agar kita bisa berkomitmen untuk menikmati setiap tahapan. 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengetahui perencanaan finansial bagi keluarga adalah sebagai berikut : 

Harmoni 

Komunikasi adalah kunci keluarga yang bahagia. Menentukan rencana keuangan akan menjadi momen komunikasi yang mengasyikan bagi sepasang suami istri yang baru belajar cara mengatur keuangan dalam rumah tangga. 

Dengan membicarakan impian satu sama lain, sebuah keluarga akan saling bekerja sama untuk mewujudkan mimpi bersama. Romantis bukan? 

Teratur 

Dengan perencanaan keuangan, pergerakan finansial menjadi lebih teratur, terjadwal, dan mudah untuk diprediksi. 

Jika diibaratkan ketika mendaki gunung. Maka menyiapkan perlengkapan dan saling menyemangati satu sama lain adalah bagian dari keindahan pemandangan di puncak gunung. 

Menggapai Impian Bersama 

Berkeluarga menjadikan dua orang yang berbeda menjadi satu kesatuan utuh. Oleh karena itu, penting untuk saling membantu untuk menggapai mimpi bersama. Apalagi berurusan dengan finansial, pasangan harus saling tahu cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar.  

Saling Mengingatkan Satu Sama Lain 

Setelah mengetahui impian bersama. Pasangan kamu akan menjadi penyemangat pertama ketika bekerja. Keinginan untuk mewujudkan impiannya adalah mimpi kedua yang ingin kamu wujudkan. 

Itulah beberapa manfaat dari melakukan perencanaan untuk mengatur keuangan rumah tangga.

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga 

Selanjutnya kita akan lanjut kedalam bagian yang paling utama. Yakni 5 cara mengatur keuangan dalam rumah tangga. 

Membacanya secara perlahan dan mengajak pasanganmu untuk mengetahui bersama akan menjadikan semua tahapan menjadi lebih mudah. Berikut adalah 5 tahapan dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga : 

1. Identifikasi Tujuan dan Strategi Mencapainya

Tahapan pertama yang perlu kamu lakukan adalah membicarakan tujuan finansial yang diimpikan. Financial goals seperti apa yang kalian berdua inginkan di masa depan? 

Salah satu contoh impian dalam berkeluarga ini seperti liburan keluarga, membeli rumah baru, tabungan pendidikan anak, bahkan hingga biaya pensiun dini. 

Setelah mengetahui apa yang kamu inginkan, kini tinggal mencari cara untuk mencapai tujuan tersebut. Mungkin kamu perlu menabung setiap hari untuk mewujudkan impian liburan keluarga ataupun strategi lainnya yang bisa menggapai impian tersebut. 

2. Membuat Perencanaan Keuangan 

Langkah kedua dari cara mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan memperhatikan seberapa banyak pendapatan yang bisa kamu berdua hasilkan. Bandingkan pengeluaran tersebut dengan biaya pengeluaran yang harus kamu lakukan. 

Kamu juga perlu memberi daftar tentang darimana saja penghasilan yang kamu dapatkan. Begitu pula dengan biaya pengeluaran. 

Dengan demikian, kamu mengetahui, seberapa banyak uang yang bisa kamu hasilkan. Dan kemana uang itu pergi setiap bulannya. 

Sekarang, kamu juga memiliki gambaran akan kondisi keuangan kamu saat ini. Sehingga kamu bisa tahu akan seberapa banyak uang yang bisa kamu simpan untuk mewujudkan impian yang kamu inginkan. 

Baca Juga : Daftar Harga Closet Duduk Terbaik Tahun 2022

3. Lacak Pengeluaran 

Bagian ketiga dari cara mengatur keuangan rumah tangga ini adalah yang paling sulit menurut saya pribadi. Karena kita perlu mengetahui setiap detail akan kemana uang kita pergi. 

Dalam tahapan kedua, mungkin kamu hanya bisa membayangkan akan pengeluaran yang bersifat wajib. Namun bagaimana dengan pengeluaran diskon belanjaan? Atau lapar mata ketika berjalan di pasar swalayan? 

Setiap detail pengeluaran harus tercatat disini. Hal ini diperlukan agar bisa mengevaluasi diri ketika akhir bulan tiba.

4. Mengatur Sistem Pembayaran Tagihan 

Pisahkan rekening yang kamu gunakan untuk simpanan dan rekening untuk pengeluaran. Dengan demikian, kamu lebih mudah mengatur keuangan kamu. 

Kamu tidak akan sampai kelabakan menghabiskan seluruh keuangan kamu hingga tidak ada untuk simpanan. Karena uang bagian simpanan telah aman di rekening lain yang kamu simpan. 

Selain itu, pastikan kamu tidak membawa kartu ATM dari rekening simpanan kamu untuk menghindari pembelian menggunakan rekening bank tersebut. 

5. Komunikasi

Keterbukaan adalah kunci untuk mencapai harmoni rumah tangga. Jangan sampai kamu tidak memberi tahu pasangan kamu ketika perubahan rencana terjadi. 

Sekecil apapun itu akan menjadi masalah jika dibiarkan secara terus menerus. Jadi berkomunikasi dengan baik bersama pasangan adalah solusi dari cara mengatur keuangan rumah tangga.

Singkat kata, kini kamu telah berhasil untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara untuk mempertahankannya? 

Hubungan suami istri dengan perilaku keuangan sangat berkaitan erat. Sehingga keduanya bisa saling mempengaruhi satu sama lain. 

4 Hal yang Mengganggu Kekuatan Finansial Keluarga

Kini kamu telah berhasil mengamankan salah satunya dengan menyadari cara untuk mengatur finansial dalam keluarga. Sekarang tinggal menyadari kedekatan hubungan diantara kalian berdua. 

Sekarang adalah tentang bagaimana cara kamu mempertahankan kekuatan finansial yang kamu miliki dengan menghindari hal yang dapat mengganggu kekuatan finansial keluarga kamu. 

Beberapa diantaranya yang dapat mengganggu kekuatan finansial keluarga kamu adalah sebagai berikut : 

Komunikasi 

Tidak habis-habis perihal komunikasi disinggung dalam tulisan kali ini. Karena pentingnya komunikasi antara pasangan keluarga. Jadi pastikan untuk terus menciptakan komunikasi yang baik diantara kalian berdua. 

Kepekaan Terhadap Pasangan

Kamu harus tahu perasaan satu sama lain akan kondisi keuangan keluarga. Apakah kondisi ekonomi yang sulit akan mempengaruhi istri atau suami kamu? Maka kamu harus mencari solusi untuk menyelesaikannya. 

Saling Menghormati dan Pertimbangan 

Pertanyakan kembali ketika akan membelanjakan uang yang kamu kumpulkan untuk pembelanjaan pribadi. Bagaimana perasaan pasanganmu terhadap hal tersebut. 

Jangan sampai kamu bersikap egois dikarenakan kamu yang dihadapkan dalam kondisi yang harus membuat kamu marah terhadap pasangan kamu. Membelanjakan uang secara berlebihan hanya untuk balas dendam kepada suami yang berbuat salah adalah salah satu contoh hal yang bodoh. 

Kepercayaan dan Cinta 

Dua kata ini adalah hal yang paling mendasari dalam rumah tangga kalian berdua. Jangan sampai kedua kata tersebut hilang ketika kamu telah berkeluarga. 

Saling terbuka dengan masalah masing-masing dan saling percaya akan satu sama lain akan menumbuhkan rasa cinta yang kamu miliki lebih tinggi lagi. 

Dari beberapa paparan di atas, maka ada beberapa hal yang bisa kami rangkum akan hal yang harus kamu hindari untuk menjadikan finansial keluarga lebih baik. Berikut adalah diantaranya : 

Baca Juga : Cara Melestarikan Budaya Bangsa

  • Komunikasi yang buruk
  • Kontrol dan manipulasi orang lain
  • Peran yang tidak jelas
  • Egoisme
  • tidak hormat
  • Ketidakpercayaan

Itulah beberapa hal yang harus kamu hindari untuk mengatur keuangan rumah tangga yang lebih baik lagi. Sekaligus menjadi penutup dari artikel 5 cara mengatur keuangan rumah tangga lebih baik lagi. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download