7+ Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan 2022

23 Mar 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 23 Mar 2022

Tidak hanya menjadi bulan penuh keberkahan, Ramadhan bisa jadi momen yang mendatangkan rezeki berlimpah. Dengan mencari tahu berbagai ide jualan paling laris di bulan Ramadhan, Sobat Pintar bisa menuai rezekinya berupa penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan di hari raya Idulfitri.

jualan paling laris di bulan ramadhan

Meskipun momen Ramadhan terjadi sekali dalam setahun, bukan berarti bahwa rekomendasi ide jualan berikut ini hanya akan ramai di momen tersebut. Dengan pengelolaan yang baik, akan ada kemungkinan bahwa lapak dagangan bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Rekomendasi Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Yuk, dapatkan penghasilan tambahan dengan menjalankan berbagai ide jualan berikut ini. Semua rekomendasi ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, lho.

1. Makanan dan minuman takjil

“Berbukalah dengan yang manis” adalah ungkapan yang kerap terdengar selama bulan puasa berlangsung. Maka, wajar jika banyak masyarakat Indonesia menikmati makanan dan minuman manis sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. 

​​Baca juga: Kiat dan Tips Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 2021

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba jualan makanan dan minuman takjil sebagai ide jualan paling laris di bulan ramadhan. Sobat Pintar bisa memilih sistem penjualan berdasarkan pesanan atau berjualan di pasar kaget mendekati jam berbuka puasa.

2. Jasa penyedia Asisten Rumah Tangga selama Lebaran

Asisten Rumah Tangga (ART) selalu ditunjuk sebagai juru kunci kebersihan tempat tinggal sehari-hari. Namun, seringkali ART yang ijin selama libur lebaran, membuat pekerjaan rumah jadi terbengkalai. Belum lagi, jika mereka tiba-tiba mengundurkan diri dengan alasan pulang kampung selama lebaran.

Untuk itu, jasa penyaluran ART juga berpeluang mendapatkan peningkatan permintaan mendekati libur lebaran. Untuk menyiasati lonjakan permintaan dari keluarga yang membutuhkan ART, baiknya Sobat Pintar mengantisipasi dengan mencari tenaga ART yang benar-benar bersedia bekerja selama hari raya Idulfitri. 

3. Jasa penukaran uang

Jika lembaran uang baru terlihat menarik untuk dibagikan ke saudara dan kerabat saat bersilaturahmi, jasa penukaran uang bisa menjadi ide jualan paling laris di bulan Ramadhan. Bagi sebagian masyarakat, lembaran uang dalam keadaan baru, terlihat lebih menarik dan pantas untuk diberikan ke orang lain.

Jadi, tak heran jika ada orang yang rela menukarkan uang dengan nominal yang sama, namun harus membayar biaya penukaran untuk mendapatkan uang lembaran dalam keadaan baru. Tidak hanya populer di hari raya Idulfitri, ide jualan ini juga berpotensi mendatangkan keuntungan menjelang Imlek.

4. Jual amplop lucu untuk bagi-bagi THR

Selain lembaran uang baru, amplop lucu yang dipakai untuk berbagi ke saudara dan kerabat juga jadi perlengkapan Idulfitri yang kerap dicari. Meskipun bersifat opsional, nyatanya amplop spesial tersebut bisa memunculkan kesan personal bagi penerimanya. Oleh karenanya, amplop lucu ini bisa jadi jualan paling laris di bulan ramadhan.

5. Jasa cuci sofa, kasur, dan AC

Kebersihan rumah menjelang hari raya Idulfitri harus menjadi prioritas, terutama jika Sobat Pintar menerima kedatangan saudara yang mudik. Selain itu, selama pandemi belum berakhir, pastikan juga bahwa udara di rumah senantiasa terjaga kebersihannya agar terhindar dari Covid-19. 

ide jualan

Dengan adanya situasi tersebut, jasa cuci sofa, kasur dan AC punya kesempatan untuk menerima tingginya permintaan menjelang Idulfitri. Dengan demikian, jasa ini bisa jadi pilihan jualan paling laris di bulan Ramadhan, lho. 

Tidak hanya di bulan Ramadhan, jasa ini juga bisa jadi kebutuhan bulanan bagi penghuni rumah yang ingin menjaga kebersihan rumahnya.

6. Jual parcel/hampers

Parcel/hampers bisa menjadi tali kasih untuk saudara dan kerabat jika belum bisa bertemu secara langsung ketika mudik. Untuk itu, ide jualan parcel/hampers patut dicoba jika Sobat Pintar ingin mendapatkan tambahan penghasilan selama bulan Ramadhan. 

Baca juga: 7 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Menyambut Ramadan

Parcel/hampers yang dijual bisa berupa alat sholat, makanan, sembako, dan bingkisan lainnya. Jika Sobat Pintar melayani pengiriman parcel/hampers keluar kota, perhatikan juga tanggal pengiriman selama Lebaran agar pelanggan tidak kecewa akibat keterlambatan pengiriman.

7. Catering makanan khas Idulfitri

Hidangan khas Idulfitri seperti opor ayam dan rendang, memunculkan suasana hari raya yang mewujudkan kemenangan. Namun, tidak semua orang bisa memasak hidangan tersebut karena keterbatasan keterampilan dan waktu.

Oleh karenanya, Sobat Pintar yang pandai memasak, bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Untuk mengurangi potensi kerugian, usahakan Sobat Pintar memasak dengan sistem pesanan yang dilakukan pada awal puasa agar selanjutnya bisa berbelanja kebutuhan memasak dengan harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan mendekati Lebaran.

8. Jasa penitipan hewan peliharaan

Jika diperhatikan, banyak orang yang mengadopsi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan hamster semenjak pandemi. Karenanya, jasa penitipan hewan peliharaan akan sangat diperlukan jika pemilik hewan harus mudik ke kampung halaman. 

ide jualan

Hewan peliharaan membutuhkan perawatan dari pemiliknya seperti kebutuhan makan, minum, dan grooming agar tetap sehat. Keadaan tersebut memberikan peluang bisnis jasa penitipan hewan peliharaan dan menjadikannya sebagai ide jualan paling laris menjelang Lebaran. 

Pelajari berbagai layanan yang diberikan jasa penitipan hewan peliharaan di kota besar sebelum Sobat Pintar mencoba terjun ke bisnis ini. 

Penutup

Itulah berbagai ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang bisa dicoba. Meskipun ide jualan yang dipilih baru bisa terwujud di bulan Ramadhan, jangan biarkan hal tersebut juga berhenti di bulan yang sama.

Baca juga: Ternyata Ini Lho Perbedaan Arti Ramadan Kareem dan Ramadan Mubarak

Terus promosikan ide jualanmu secara konsisten untuk menjangkau banyak pelanggan dan tingkatkan pelayananmu agar pelanggan semakin setia. Memang, menjalankan usaha bukanlah hal yang mudah dan akan selalu membutuhkan sejumlah modal agar usaha semakin berkembang.

Saat membutuhkan tambahan modal untuk usaha, jangan ragu untuk ajukan pinjaman di Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Hanya dengan KTP, Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman cukup dalam waktu 10 menit dengan proses yang mudah dan aman. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

23 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download