Ternyata Ini Lho Perbedaan Arti Ramadan Kareem dan Ramadan Mubarak

30 Apr 2021 by kreditpintar

Memasuki bulan suci Ramadan, mungkin keberkahan banyak terjadi, seperti tiba-tiba banyak pesanan yang masuk, atau bonus yang cepat cair. Nah, beriringan dengan hal itu, di luar sana banyak sekali orang mengucapkan “Ramadan Kareem” atau “Ramadan Mubarok”. Namun apakah Sobat Pintar tahu apa perbedaan dari kedua kata-kata tersebut?

Kata-kata ini biasanya bermunculan saat sebelum bulan Ramadan itu tiba. Kata seperti Ramadan Kareem atau Ramadan Mubarok diikuti oleh permintaan maaf melalui pesan di media sosial sudah bukan hal yang aneh lagi. 

Namun tentu, untuk lebih mendalami pengucapan dan arti dari Ramadan Karim serta Ramadan Mubarok ini, Sobat Pintar perlu tahu dulu makna dari kedua kata-kata tersebut. Oleh karena itu, mari kita jabarkan makna dan ada perbedaan apakah di dalam kata Ramadhan Kareem dan Ramadan Mubarok itu?

Makna dan Arti Dari Ramadan Kareem

Ramadan kareem festival card design | + Free Vectors

Bila diperhatikan secara seksama. Dalam bahasa Arab Kareem artinya murah hati. Al Karim juga merupakan salah satu dari 99 Asmaul Husna (nama Allah) yang mencerminkan keagungan Allah SWT. 

Dalam hal ini, Al-Karim dapat bermakna sebagai zat yang sangat banyak memiliki kebaikan, Maha Pemurah, Pemberi Nikmat dan keutamaan, baik saat diminta atau pun tidak.

Maka bila seseorang mengucapkan kata tersebut maknanya adalah seperti ini: “Ramadan yang bermurah hati.” 

Bila dicerna secara kasar, diartikan seperti berikut ini: “semoga Ramadan bermurah hati padamu.”

Tentunya, ada beberapa orang yang menganggap ucapan ini kurang tepat. Karena bukan Ramadan lah yang sebenarnya bermurah hati, namun Allah yang bermurah hati pada saat Ramadan. Segala jenis kebaikan, pahala, dan kemurahan hati, diberikan berkali lipat oleh Allah di bulan Ramadan. Jadi yang patut disebut murah hati adalah Allah.

Bagaimana menurutmu? Oleh karena itu tidak aneh bila saat Ramadan bonus dan penjualan biasanya cepat cair dan naik.

Makna Dari Ramadan Mubarak

Ramadan Mubarak Golden Mosque Silhouette Design 954176 - Download Free  Vectors, Clipart Graphics & Vector Art

Selanjutnya adalah arti dan makna dari Ramadan Mubarok. Secara Bahasa Ramadan Mubarok berarti “Ramadan yang diberkati” atau “Ramadan yang bahagia”. 

Berbeda dengan Ramadan Karim sebelumnya, ucapan ini jauh lebih umum dan tidak mendapatkan perdebatan. 

Ramadan Mubarok bisa digunakan untuk menyapa dengan sopan selama bulan suci Ramadan. Ucapan ini pun dapat digunakan untuk mendoakan orang lain dengan baik selama menjalankan ibadah puasa dan doa dan untuk memohon berkah atas usaha yang dilakukannya.

Selain itu Ramadan Mubarok juga disebut dalam salah satu hadis nabi yang berbunyi:

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ

ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu syurga dibuka padanya. Pintu-pintu neraka ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik di bandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad)

Lantas, Mana Yang Sebaiknya Diucapkan?

Bila dilihat dari mata telanjang dan logika, maka Ramadan Mubarok adalah penggunaan kata yang tepat untuk mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadan dan memohon maaf.

Tidak hanya itu saja, menurut berbagai sumber pun mengatakan bahwa penggunaan Ramadan Mubarok lebih tepat daripada Ramadan Karim. 

Hal tersebut pun diungkapkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, beliau mengatakan bahwa: “Hukumnya adalah bawah kalimat ini “Ramadan Karim” (terjemahnya: Ramadan itu pemurah) adalah tidak benar. Yang benar adalah “Ramadan Mubarak” (Ramadan yang diberkahi) atau yang semisal, karena bukan Ramadan yang memberi sehingga disebut pemurah, akan tetapi Allah Ta’ala yang memberikan keutamaan ini.”

Nah, bagaimana menurut Sobat Pintar?

Semoga bacaan ini dapat membuat Sobat Pintar lebih memahami makna dari kedua kata Ramadan Kareem dan Ramadan Mubarok ya. 

Kami dari Kredit Pintar mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Kredit Pintar adalah aplikasi penyedia dana pinjaman resmi yang telah berizi, terdaftar, dan diawasi oleh OJK. Semoga amal ibadah kita semua dilipat gandakan dan diberikan Ramadan terbaik yang pernah kita semua jalani… Amiin.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload