7 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Menyambut Ramadan

29 Mar 2021 by Laruan
7 tips ramadan

Kurang dari sebulan lagi kita akan menyambut bulan Ramadan, namun apakah kamu sudah tahu apa saja yang bisa kamu persiapkan sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan? Jika belum, artikel ini bisa membantu kamu mempersiapkan Ramadan terbaik di tahun ini. Yuk disimak tips-nya dibawah ini.

Persiapan Menuju Awal Puasa Ramadan

Ingin puasamu jadi lebih berkualitas? Mungkin tips ini bisa kamu terapkan agar bisa menjalani hari pertama puasa dengan baik dan konsisten untuk scale-up banyak hal baik agar bulan suci ini bisa jadi lebih baik lagi dari Ramadan yang telah berlalu. Yuk kita cari tahu apa saja yang bisa kamu persiapkan di ramadan di tahun ini.

1. Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Ibadah

Begitu sampai bulan ramadan, kamu dan semua muslim menyadari fakta bahwa setiap ibadah di bulan ini pahalanya berkali-kali lipat. Dengan kesadaran ini, kamu bisa meningkatkan kualitas ibadahmu dengan cara shalat lebih khidmat, mempelajari tata cara membaca hukum bacaan Al-Quran agar bisa melafalkan setiap ayat suci dengan benar, melatih keikhlasan dengan cara menyisihkan sebagian uang untuk sedekah.

Selain kualitas, meningkatkan kuantitas ibadah juga penting, ibadah wajib tepat waktu ditambah sholat sunnah, tarawih, membaca al-quran yang awalnya sebulan sekali mulai dicoba untuk mengaji sehari sekali, dan ibadah-ibadah lainnya.

2. Bayar Hutang Puasa di Tahun Sebelumnya

Selama menjalani ibadah puasa di bulan ramadan, pasti ada satu atau dua kali kamu berhalangan tidak bisa menjalankan ibadah ini karena sedang sakit. Nah, berhubung sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadan, kamu bisa membayar hutang puasa dengan membayar fidyah da;a, bentuk makanan pokok. Mudah, bukan?

3. Perbanyak Perbuatan Baik

Dalam hidup, kita pasti pernah berbuat salah dan memang sudah jadi sifat alamiah manusia. Namun, kamu masih bisa memperbaikinya dengan cara memperbanyak perbuatan baik apalagi di bulan suci ramadan. Kamu bisa berbagi makanan untuk buka puasa, membantu orang lain dalam bentuk donasi uang apalagi di masa pandemic seperti sekarang ini banyak orang-orang yang sedang kesulitan memenuhi kebutuhannya.

4. Latihan Puasa Senin Kamis Sebelum Ramadan Tiba

Bulan Ramadan, seperti yang kita ketahui, ibadah wajibnya adalah berpuasa, jadi, masuk akal rasanya bila kamu melakukan latihan puasa terlebih dahulu. Latihannya dengan ibadah yang sama, yakni ibadah puasa sunnah senin dan kamis.

Dengan melakukan ibadah ini, saat Ramadan tiba, kamu sduah terbiasa dan bisa maksimal beribadah dan bekerjanya. Latihan ini pun bisa membiasakan tubuh agar tidak kaget saat pola makan saat Ramadan berubah drastis di mana kamu harus makan pagi-pagi di waktu sahur dan berbuka di waktu magrib.

5. Rubah Pola Tidur agar Tidak Telat Bangun Sahur

Karena kita tahu keesokan harinya harus bangun pagi untuk makan sahur dan sholat subuh tepat waktu. Maka dari itu, kamu bisa membiasakan untuk mencoba pola tidur baru, kalau biasa tidur jam 12 malam, kamu bisa tidur lebih awal, jam 9 malam misalnya agar esok pagi bisa sahur tepat waktu.

6. Buat Tujuan atau Goals Ramadhan agar Bisa Beribadah Lebih Baik Lagi

Niat terbaik saat Ramadan adalah niat kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperkuat iman, dan merealisasikan niat ini dengan bukti rindakan sesuai Ramadan goals kamu, misalnya kamu ingin menamatkan membaca Quran satu kali di bulan Ramadan dan ibadah lainnya yang terkait dan relevan dengan tujuanmu untuk mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT.

7. Buat Persiapan Sebaik Mungkin Agar Siap Menyambut Ramadhan

Well, selama bulan Ramadan, kamu dan muslim lain pastinya akan mempersiapkan segala kebutuhan di bulan suci misalnya menyiapkan kebutuhan makanan, minuman, alat ibadah, atau bahkan persiapan mudik untuk menikmati momen puasa bersama di kampung halaman. Kalau kamu butuh dana untuk persiapan menyambut bulan Ramadan, kamu bisa mengajukan pinjaman online terpercaya di Kredit Pintar. Saat Ramadan telah usai, hasilnya maksimal, baru deh kamu bisa bayar pinjamannya. Jadi, win-win solution gitu deh. Semoga Ramadan tahun ini adalah momen terbaik meningkatkan iman yang lebih baik lagi untukmu ya.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload