10 Teknik Cara Cepat Menghafal yang Efektif

22 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Menghafalkan materi bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi jika materi tersebut punya tingkat kesulitan tinggi. Pastinya semakin susah bagi kita untuk menghafalkannya. Akan tetapi, cara cepat menghafal sebenarnya bisa dilakukan dengan teknik-teknik tertentu. 

10 Teknik Cara Cepat Menghafal yang Efektif dan Menarik

Contohnya, menghafal dengan mind map dan lagu. Cara tersebut diketahui cukup jitu untuk membantu mempercepat hafalan. Namun, ada juga teknik lain yang bisa kamu terapkan dan seluruhnya akan dijelaskan dalam penjelasan berikut. 

Baca juga: Ini Dia Cara Bermain Bola Kasti dan Aturan-Aturan Yang Harus Dipatuhi 

Teknik Menghafal dengan Mind Map

Mind map atau mind mapping adalah sebuah metode pemetaan pikiran yang terstruktur. Teknik ini dibuat dengan visualisasi yang memuat konsep-konsep ide. Teknik ini dinilai bisa jadi cara cepat menghafal karena kamu hanya perlu mengingat ide-ide penting dalam suatu materi. 

10 Teknik Cara Cepat Menghafal yang Efektif dan Menarik

Teknik menghafal dengan mind mapping mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan. Teknik ini diperkenalkan karena dianggap sebagai sebuah sistem yang bisa membuka potensi otak yang tersembunyi.

Disamping itu, teknik ini juga diperkenalkan guna memaksimalkan otak kanan dan kiri dalam menghafal. Hal ini juga karena teknik mind map memadukan simbol, warna, gambar, dan kata. Sehingga, membuat catatan lebih mudah dipahami oleh otak. 

Teknik Menghafal dengan Jembatan Keledai

Pernahkah kamu mendengar mengenai teknik jembatan keledai untuk menghafal? Cara ini ternyata sudah cukup banyak diterapkan sebagai cara cepat menghafal. Terutama untuk menghafal istilah-istilah asing. Sering kali teknik ini digunakan untuk menghafal tabel periodik supaya lebih mudah. 

Cara atau bentuk penerapan teknik jembatan keledai adalah dengan mengambil huruf pertama dari kata atau frasa. Lalu, kumpulan huruf pertama tersebut akan disusun menjadi kata baru. Contoh umumnya adalah ‘mejikuhibiniu’ yang mana dipakai untuk menyebut warna-warna pelangi.  

Teknik Menghafal dengan Lagu

Menghafal lagu itu lebih gampang daripada menghafal materi pelajaran. Sepertinya banyak diantara Sobat Pintar yang akan setuju dengan pendapat seperti ini. Pada dasarnya, otak kita memang cenderung lebih mudah menangkap musik. Jadi, tidak heran kalau kita lebih cepat menghafal lagu ketimbang materi.

Baca juga: 8 Daftar Lagu Anak-anak dan Maknanya 

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menghafal materi dengan mengaitkannya dengan lagu kesukaanmu. Misalnya, kamu bisa mengubah sebagian lirik dari lagu kesukaan dengan kalimat yang susah dihafal. Dengan begitu, setiap kali kamu mencoba mengingat sebuah materi, kamu akan lebih cepat mengingatnya karena lagu tersebut. 

Teknik Menghafal dengan Tulis Tangan

Teknik atau cara menghafal cepat selanjutnya adalah dengan menulis tangan. Menurut penelitian terkait hal ini, menulis tangan bisa membuat fungsi otak menjadi lebih tajam. Terutama pada fungsi otak yang berkaitan dengan mengingat dan memahami. 

10 Teknik Cara Cepat Menghafal yang Efektif dan Menarik

Mahasiswa yang menulis atau mencatat dengan tulis tangan diketahui mampu mengingat pelajaran dengan jangka waktu lebih lama. Hal ini karena otak kita akan bekerja lebih terstruktur ketika kita menggunakan tangan untuk menulis. 

Baca juga: Apa Itu Google Keyword Planner? Ini Penjelasannya 

Teknik Mencatat Poin Penting

Sebenarnya, cara menghafal cepat dengan teknik ini bisa digabungkan dengan teknik-teknik sebelumnya. Kamu bisa mencatat poin-poin penting semenarik mungkin, entah itu dengan bentuk yang mirip dengan mind map atau lebih sederhana.

Cobalah untuk menggunakan pensil warna atau spidol untuk membedakan setiap topik. Tujuannya supaya catatan jadi lebih menarik lagi. Kemudian, dalam meneliskan poin-poin penting dari suatu materi, alangkah lebih baik jika kamu juga menulis dengan tangan. Mengingat manfaat yang didapat juga cukup banyak. 

Teknik Menghafal dengan Belajar Kelompok 

Jika kamu lebih senang suasana belajar yang tidak monoton, maka cara ini bisa jadi pilihan tepat. Belajar dengan teman pastinya membuat proses belajar lebih seru. Selain itu, belajar kelompok juga memungkinkan kita untuk berdiskusi tentang materi sulit. Sehingga, kita tidak dibuat pusing sendirian saat mempelajari suatu materi.

Namun, karena terkadang saking asyiknya berkumpul dengan teman, terkadang justru kegiatan belajar kelompok jadi tidak maksimal. Untuk itu, kamu harus pastikan jika tujuan belajar kelompok itu memang untuk belajar bersama bukan bermain bersama ya. 

Baca juga: Kelas Jabatan PNS Beserta Gaji dan Tunjangannya 

Cobalah untuk berunding dengan teman, materi apa yang akan dibahas saat belajar kelompok. Kemudian, berapa durasi atau lamanya waktu belajar juga harus ditentukan. Nah, dengan cara seperti ini tentu akan menjadikan belajar kelompok sebagai cara cepat menghafal yang efektif. 

Teknik Membaca Keras dan Lantang

Ada penelitian yang menyebutkan jika membaca keras dan lantang bisa menjadi cara cepat menghafal. Penelitian tersebut dilakukan di Waterloo University, yang mana hasilnya mengatakan jika membaca lantang bisa meningkatkan daya ingat. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\4\Teknik Membaca Keras dan Lantang.jpg

Dalam penelitian tersebut, ada 4 proses membaca yang diteliti yaitu membaca di dalam hati, membaca lantang, mendengar orang lain membaca, dan mendengar rekaman diri membaca. Hasilnya menunjukkan jika sebagian besar partisipan mengaku membaca dengan lantang bisa meningkatkan daya ingat mereka. 

Saat membaca dengan lantang, kita pastinya merasa seolah mendengar suara kita sendiri. Hal ini memberikan efek yang disebut dengan ‘efek produksi.’ Jadi, dengan adanya efek tersebut turut membantu otak untuk menyerap informasi lebih efektif.

Teknik Menghafal dengan Visualisasi

Fakta mengatakan jika menghafal dengan bantuan visual akan membuat otak jadi lebih mudah dalam mengingat.  Contohnya, saat kamu perlu menghafalkan bagian-bagian dari tumbuhan. Kamu bisa menggunakan gambar sebagai cara cepat menghafal. 

Tidak masalah jika kamu menggambarnya sendiri atau mengambil dari internet, lalu menempelkannya di buku. Setidaknya ada visualisasi tertentu yang membantu kamu mempercepat proses hafalan. 

Baca juga: SNMPTN 2022 dan 9 Tips Lolos Seleksi 

Teknik Menghafal dengan Tanya Jawab

Teknik satu ini menjadi salah satu cara cepat menghafal yang boleh jadi cukup efektif dan menarik untuk diterapkan. Mintalah teman, kakak, adik, atau bahkan orang tuamu untuk membantu kamu melakukan teknik ini.

Saat selesai membaca sebuah materi, minta salah satu di antara mereka untuk memberikan pertanyaan. Pertanyaan tersebut harus berhubungan dengan materi yang sudah kamu baca. Setelah mendapat pertanyaan, pastinya kamu akan mencoba mengingat-ingat jawaban. 

Sehingga, secara tidak langsung otak akan terlatih untuk mengingat informasi terkait jawaban tersebut. Lakukan teknik ini bersamaan dengan teknik lain dan bisa dipastikan kamu akan jadi lebih cepat menghafal. 

Teknik Menghafal dengan Cerita

Jika kamu salah satu yang suka membaca cerita, tak ada salahnya mencoba teknik ini. Cara ini bisa digunakan untuk memecah informasi dengan menghubungkannya dengan hal-hal tertentu. Contohnya, saat menghafal suatu nama senyawa seperti ‘acid’. Senyawa satu ini sama juga dengan asam. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\4\Teknik Menghafal dengan Cerita.jpg

Saat kamu kesulitan menghafalnya, kamu bisa mengingatnya sebagai sesuatu yang murung atau berwajah masam. Dengan menghubungkan suatu materi dengan kondisi atau hal-hal yang ada di kehidupan nyata, pastinya akan lebih mudah kita untuk mengingat. Teknik satu ini pada dasarnya mencoba menggunakan pemicu atau pendorong supaya kita tidak kesulitan dalam mengingat informasi-informasi.  

Baca juga: Nulis Untuk Kepi: Yuk, Ikutan dan Menangin Hadiah Jutaan! 

Wah, ternyata banyak sekali teknik yang bisa kamu terapkan sebagai cara cepat menghafal. Meskipun 10 teknik di atas berupa teknik yang berbeda, akan lebih menguntungkan jika kamu menggabungkan satu teknik dengan teknik lainnya. Jadi, menghafal akan lebih efektif dan pastinya menjadi kegiatan yang menarik.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download