Ini Dia Cara Bermain Bola Kasti dan Aturan-Aturan Yang Harus Dipatuhi

17 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Permainan ini cukup sering dimainkan oleh anak-anak zaman dulu di lapangan sekitar kampung mereka. Hanya saja permainan bola kasti di kampung kerap kali tidak mengikuti cara bermain bola kasti yang benar. Mungkin ini juga disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka akan hal ini atau mungkin mereka lebih senang dengan aturan yang mereka buat sendiri. 

Cara Melempar dan Menangkap Bola Dalam Permainan Kasti - Sportstars.Id

Terlepas dari itu semua, pemain bola kasti tetaplah menjadi salah satu permainan olahraga yang digemari masyarakat Indonesia hingga saat ini. Sekilas permainan bola kasti Nampak mirip dengan permainan baseball yang banyak terdapat di negara bagian Amerika, yaitu permainan yang dimainkan secara berkelompok yang terdiri dair satu kelompok penjaga dan satu kelompok pemukul.

Baca juga 6 Peraturan Bulu Tangkis Untuk Semua Pemain

Hanya saja, pemain bola kasti tidak memiliki pakaian khusus seperti layaknya pemain baseball. Tidak ada helm ataupun sarung penangkap bola yang digunakan selama permainan berlangsung. Hanya tangan kosong dan bahkan tanpa alas kaki dan helm pengaman.

Alat-alat yang umum digunakan dalam permainan kasti adalah bola kecil berwarna hijau dan pemukul yang biasanya terbuat dari kayu sepanjang 50-60 cm. Ukuran bola kasti juga sedikit lebih kecil daripada bola baseball dengan warna hijau yang menjadi ciri khasnya.

Lalu, bagaimana cara bermain bola kasti yang benar? Apa aturan-aturan yang perlu ditaati oleh setiap pemain? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara bermain bola kasti

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara bermain bola kasti, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai teknik-teknik dasar dalam permainan ini agar kamu bisa melakukan permainan dengan lebih mudah. Adapun teknik-teknik dasar permainan kasti yang umum digunakan di sekolah adalah:

1. Teknik melempar bola

9 Contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Kasti

Teknik pertama yang harus kamu pelajari sebelum bermain adalah teknik memukul bola. Secara umum, terdapat  3 jenis cara melempar bola yang digunakan dalam permainan kasti, yaitu lemparan bole ke bawah, lemparan bola ke atas dan lemparan bola ke samping. 

Masing-masing jenis lemparan akan menghasilkan lambungan bola yang berbeda ketika sampai ke pemukul. Teknik ini harus kamu pelajari dengan benar untuk menghasilkan pukulan yang maksimal oleh teman satu kelompokmu. 

2. Teknik menangkap bola

Teknik selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kamu pelajari adalah teknik menangkap bola. Ini ditujukan untuk regu atau kelompok penjaga. 

Cara menangkap bola yang baik dan benar akan selalu bergantung kepada posisi badan dan tangan saat menangkapnya. Usahakan kamu dalam posisi yang siap ketika bolah hendak dilemparkan oleh regu pelempar dan tetap fokus kepada si pemukul agar kamu bisa melihat dengan baik kemana arah bola tersebut dan bagaimana cara datangnya. 

Apakah bola melambung tinggi, mendatar, melengkung atau justru menggelinding di tanah.

Baca juga Macam-macam Olahraga di Rumah yang Murah, Mudah, dan Efektif

3. Memukul bola

Teknik utama yang harus kamu pahami dari permainan kasti adalah teknik memukul bola. Cara memukul bola yang baik dan benar adalah dengan pukulan dari bawah, pukulan mendatar, dan pukulan dari atas. Ini harus disesuaikan dengan bagaiman bola dilemparkan.

Nah, setelah mengetahui teknik-teknik dasarnya barulah kita membahas tentang cara bermain bola kasti yang benar. Yang perlu kamu catat adalah bahwa permainan ini akan berlangsung sebanyak dua babak dengan durasi masing-masing babak sekitar 20 sampai 30 menit. Waktu istirahat dapat ditentukan selama 15 menit. Berikut adalah cara bermain bola kasti selengkapnya:

  1. Pertama, kamu perlu membagi tim ke dalam dua kelompok terlebih dahulu. Masing-masing kelompok beranggotakan 12 orang pemain.
  2. Tim pertama akan menjadi tim pemukul sedangkan yang lainnya adalah tim penjaga.
  3. Kemudian masing-masing tim akan mengambil posisi permainan di tempatnya masing-masing.
  4. Dalam tim pemukul, salah seorang anggota akan menjadi pelempar. Bola akan dilemparkan ke arah pemukul sesuai instruksi dari wasit permainan. Setelah bola dipukul, pemain harus berlari ke tempat pemberhentian yang aman hingga ke tempat semula tanpa terkena lemparan bola dari regu pelempar. 
  5. Sedangkan regu penjaga harus berhasil menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul dan berusaha sekeras mungkin untuk melempar regu pemukul dan mematikannya dengan cara melempar bola hingga mengenai tubuh regu pemukul tadi.
  6. Tim dengan skor tertinggi akan menjadi pemenang permainan ini. Skor dihitung ketika salah satu regu berhasil menyelesaikan permainan.

Aturan bola kasti

Soal Permainan Kasti | Physical Ed - Quizizz

Jika tadi kita membahas tentang cara bermain bola kasti, maka sekarang kita harus memahami aturan-aturan dalam permainan ini. Berikut adalah aturan-aturan permainan bola kasti yang berhasil dirangkum oleh kredit pintar dari berbagai sumber:

  1. Dalam permainan kasti ini akan dibuat tiga tiang hingga dengan jarak yang disesuaikan. Tidak terlalu jauh tapi tidak terlalu dekat juga.
  2. Pergantian posisi jaga terjadi jika regu penjaga berhasil mematikan regu pelempar dengan cara mengenai badan lawan atau berhasil menangkap lemparan tiga kali berturut-turut selama menjadi penjaga.
  3. Apabila pemain di dalam regu pemukul telah habis dan terjadi pelanggaran, maka akan dilakukan pergantian jaga.
  4. Tim penjaga bisa mendapatkan poin apabila berhasil menangkap bola dan mematikan tim lawan.

Tujuan bermain bola kasti

Sebenarnya apa tujuan dari permainan ini? Mengapa permainan kasti jarang ada di pertandingan nasional maupun internasional? Berikut adalah tujuan selengkapnya!

  1. Dengan bermain bola kasti berarti kita telah ikut serta dalam melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa kita. Ya, kasti merupakan olahraga permainan tradisional sehingga jarang dilibatkan dalam pertandingan nasional apalagi internasional.
  2. Dengan bermain kasti kamu bisa memaksimalkan gerak dan aktivitas seluruh anggota tubuhmu. Kamu pun akan menjadi jauh lebih sehat dan bugar setiap harinya.
  3. Permainan ini dapat melatih tingkat sportivitasmu ketika bermain dalam permainan beregu.
  4. Kasti adalah permainan tradisional yang mungkin tidak semua orang tahu cara bermainnya. Dengan bermain kasti secara langsung, kamu dapat mengenal cara bermain bola kasti lebih jauh.
  5. Permainan ini bisa meningkatkan kemampuanmu dalam menyusun strategi dan teknik untuk dapat mengalahkan lawan. Dimana hal ini nantinya juga akan bermanfaat bagimu ketika berada diluar.
  6. Bisa membangun hubungan yang dengan sesame tim yang mungkin dulunya kamu tidak saling kenal.
  7. Belajar tentang bagaimana cara berkomunikasi dalam tim yang baik
  8. Dalam permainan ini kamu juga dapat menyalurkan kreativitas dan ide yang ada di kepalamu. 
  9. Mendapatkan olahraga yang murah, mudah dan sangat menyenangkan. Apalagi jika dimainkan bersama teman-teman sekampung.

Itulah beberapa hal seputar cara bermain bola kasti, teknik-teknik dasar yang harus dikuasai dan aturan-aturan yang harus ditaati oleh setiap pemain.

Baca juga Berikut Peraturan Bola Basket Yang Perlu Kamu Tahu

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download