6 Peraturan Bulu Tangkis Untuk Semua Pemain

22 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Bisa dibilang memahami peraturan bulu tangkis bisa jadi pengetahuan yang menarik bagi masyarakat Indonesia karena bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang digemari oleh sebagian besar warganya. Para pemain bulu tangkis Indonesia juga cukup terkenal hingga ke ranah internasional.

Kalau Sobat Pintar benar-benar ingin mendukung tim nasional Indonesia, sangat penting untuk memahami semua peraturan yang berlaku dalam pertandingan bulu tangkis. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa lebih memahami jalannya pertandingan dan mengikuti permainan dengan lebih antusias.

Mengenal Peraturan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis sekilas memang mirip dengan tenis. Tapi pada bulu tangkis, para pemainnya memukul bola bernama shuttlecock atau kok. Olahraga bulu tangkis bisa dilakukan secara tunggal atau ganda. Permainan bulu tangkis tunggal dimainkan oleh dua orang yang saling melawan.

Permainan bulu tangkis tunggal bisa dimainkan oleh sesama pemain putra atau sesama pemain putri. Sedangkan permainan ganda bisa dimainkan oleh dua pemain putra versus dua pemain putra, dua pemain putri melawan dua pemain putri, dan dua pemain campuran versus dua pemain campuran.

Beberapa peraturan bulu tangkis yang wajib diikuti oleh para pemain ditetapkan oleh Badminton World Federation atau BWF. Beberapa peraturan tersebut antara lain:

Baca juga:  Berita Kemenangan Greysia-Apri pada Olimpiade Tokyo 2020

1. Peraturan terkait peralatan permainan bulu tangkis

Raket yang digunakan dalam permainan bulu tangkis harus mempunyai panjang 68 cm maksimal dan lebar maksimal 22 cm. Panjang area senar atau kepala raket harus 28 cm dan lebarnya 22 cm. Raket bulu tangkis terbuat dari bahan aluminium atau kayu dengan berat kurang dari 150 gram.

Shuttlecock atau kok harus terbuat dari 16 helai bulu. Semua bulu tersebut harus ditancapkan pada sebuah gabus yang diameternya berkisar antara 25 hingga 28 mm. Berat standar untuk shuttlecock adalah antara 4,74 hingga 5,5 gram dengan panjang maksimal kok adalah antara 64 hingga 74 mm.

2. Peraturan berkaitan dengan jumlah pemain bulu tangkis

Seperti disinggung sebelumnya, peraturan bulu tangkis yang berkaitan dengan pemain bulu tangkis dibedakan menjadi tiga kategori. Kategori pertama adalah permainan tunggal yang melibatkan pertandingan satu lawan satu, bisa dimainkan oleh pemain putri maupun putra.

Kategori kedua merupakan pemain ganda, satu tim yang terdiri dari dua pemain melawan tim lain dengan dua pemain. Tim putra akan melawan tim putra dan tim putri akan melawan tim putra. Lalu kategori ketiga adalah ganda campuran yang setiap tim juga terdiri dari dua pemain.

Tapi pada kategori ganda campuran, satu tim akan terdiri dari satu pemain putri dan satu pemain putra. Tim lawan juga akan terdiri dari pemain putri dan putra.

3. Peraturan bulu tangkis untuk menentukan awal permainan

Pertandingan akan dimulai dengan menggunakan undian yang berupa pelemparan koin. Undian ini dilakukan oleh seorang wasit. Undian dilakukan untuk menentukan salah satu pemain yang harus melakukan servis untuk mengawali permainan terlebih dahulu.

4. Peraturan tentang perhitungan skor permainan

Untuk menentukan pemenang pertandingan, sistem yang digunakan adalah pemenang dua babak atau best of three. Permainan bulu tangkis ini bisa berlangsung antara dua babak sampai tiga babak. Kalau salah satu bisa memenangkan dua babak berturut-turut, babak ketiga tidak akan terjadi.

Tapi kalau salah satu pemain memenangkan satu babak dan pemain lawan memenangkan babak berikutnya atau kedudukan imbang terjadi, maka peraturan bulu tangkis yang perlu diterapkan berikutnya adalah dilakukannya set atau babak ketiga.

Di setiap set, pemain yang berhasil memperoleh poin 21 adalah yang memenangkan set tersebut. Tapi kalau dalam satu set masing-masing pemain memperoleh poin 20-20, pertandingan tidak akan berhenti sampai salah satu pemain atau tim mengungguli tim lain dengan selisih 2 poin.

Baca juga: Peraturan Bola Basket yang Wajib Ditaati, Apa Saja?

5. Peraturan bulu tangkis mengenai pelanggaran

Seperti di semua permainan olahraga lainnya, ada peraturan tentang pelanggaran yang harus dipahami dan dihindari oleh setiap pemain atau tim. Pelanggaran akan dihitung oleh wasit jika:

  1. Kok yang dipukul oleh pemain tersangkut di jaring atau net.
  2. Net tersentuh oleh raket ketika pemain berusaha memukul kok.
  3. Raket melewati batas jaring dan memasuki area pemain atau tim lawan.
  4. Kok yang sudah dipukul gagal melewati jaring sehingga terjatuh di areanya sendiri.
  5. Pemain yang akan menerima servis sudah bergerak terlebih dahulu padahal kok belum dipukul oleh pemain lawan.
  6. Saat menerima maupun melakukan servis, pemain tanpa sengaja menginjak garis batas pada lapangan bulu tangkis.
  7. Kok terjatuh di bagian luar lapangan bulu tangkis atau bahkan meluncur melewati bagian bawah net.
  8. Kok dipukul sebanyak dua kali oleh pemain yang sama atau oleh pemain lain yang masih merupakan anggota timnya sendiri.
  9. Pemain bulu tangkis sengaja memperlambat jalannya pertandingan atau mengulur waktu pertandingan.
  10. Pemain melakukan tindakan yang bisa mengganggu tim lawan secara sengaja.

Pelanggaran peraturan bulu tangkis bisa merugikan pemain atau tim karena tim lawanlah yang akan mendapatkan poin dari pelanggaran dan kesalahan yang diperbuat oleh salah satu tim maupun pemain.

6. Peraturan bulu tangkis mengenai lapangan badminton

Lapangan permainan bulu tangkis berbentuk persegi panjang. Di bagian tengahnya terdapat net atau jaring yang memisahkan daerah permainan menjadi dua, daerah sendiri dan daerah lawan. Ukuran panjang lapangan adalah 13,40 meter dan bisa digunakan oleh pemain ganda maupun tunggal.

Ukuran lapangan bulu tangkis yang ditetapkan oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia atau PBSI adalah:

  1. Panjang lapangan 13,40 meter
  2. Lebar lapangan 6,10 meter.
  3. Tinggi tiang jaring atau net 1,55 meter.
  4. Tinggi jaring atau net 1,52 meter.
  5. Jarak antara garis servis bagian depan dengan jaring atau net 1,98 meter.
  6. Jarak antara garis samping dengan garis servis bagian tengah 3,05 meter.
  7. Jarak antara garis servis belakang dengan garis belakang untuk permainan ganda 0,76 meter.
  8. Jarak antara garis samping hingga ke bagian tepi lapangan untuk permainan tunggal 0,46 meter.

Selain berbagai ukuran di atas, peraturan bulu tangkis yang berkaitan dengan lapangan juga melibatkan pemilihan lantai lapangan. Lantai lapangan bulu tangkis harus dipilih dengan benar sehingga para pemain bisa bergerak dengan leluasa dan tidak mengalami kecelakaan.

Setiap jenis dan bahan lantai bulutangkis harus dipilih dengan cermat, apalagi jika lapangan itu akan digunakan untuk pertandingan berskala besar dan akan sering digunakan. Lantai lapangan bulu tangkis harus berkualitas sehingga tidak mudah aus.

Baca juga: Jenis-jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Dukung Tim Indonesia di Berbagai Kejuaraan

Sebentar lagi para pemain bulu tangkis Indonesia akan bertanding dengan para pemain lainnya dalam kejuaraan Thomas Cup dan Uber Cup. Pastikan untuk selalu mendukung tim kebanggaan Sobat Pintar secara langsung, maupun dari siaran langsung dari TV.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download