Olaharga Saat Puasa? Ini Manfaat dan Jenis Olahraga Saat Puasa

Olaharga Saat Puasa? Ini Manfaat dan Jenis Olahraga Saat Puasa

10 May 2021 by kreditpintar
manfaat olahraga

Menjalankan puasa ramadhan adalah salah satu hal yang paling dinanti oleh umat Muslim. Ketika menjalankan ibadah puasa, ada baiknya Sobat Pintar tetap berolahraga. Apalagi di masa pandemic seperti sekarang ini, di mana kesehatan adalah hal yang paling utama. Adapun beberapa manfaat dan juga jenis olahraga saat puasa yang perlu untuk Sobat Pintar ketahui. 

Manfaat Olahraga Saat Puasa 

Ketika Sobat Pintar memilih olahraga saat puasa, maka ada banyak sekali manfaat yang akan Sobat Pintar dapatkan. Olahraga saat menjalankan ibadah puasa akan membantu menyeimbangkan hormon tubuh. Ketika perut dalam keadaan kosong, maka ada kemungkinan bahwa produksi hormone tubuh akan mengalami perubahan. 

Tentu saja perubahan ini bisa berdampak buruk jika Sobat Pintar tidak menyeimbangkannya dengan olahraga. Selain itu, olahraga ketika sedang berpuasa akan membantu kepadatan tulang semakin baik. Sehingga tulang akan selalu dalam keadaan yang sehat. Tidak hanya itu saja, kualitas hidup pun juga meningkat dan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit ketika sedang berpuasa. 

Jenis Olahraga Saat Berpuasa 

Karena Sobat Pintar sedang berpuasa, sudah pasti jenis olahraga yang dijalankan pun tidak bisa sembarangan. Hal ini sendiri perlu diperhatikan agar tubuh dapat tetap dalam keadaan bugar, bukan lemas. Di bawah ini sendiri ada beberapa jenis olahraga saat puasa yang bisa Sobat Pintar lakukan: 

1. Jalan cepat 

Jenis olahraga yang bisa Sobat Pintar lakukan ketika sedang berpuasa adalah jalan cepat. Olahraga yang satu ini terbilang sangat mudah dilakukan, di mana juga akan membantu Sobat Pintar tetap bergerak sehingga metabolisme tubuh akan semakin baik. Sobat Pintar dapat melakukan jalan sehat selama 30 menit pada saat sebelum berbuka puasa. 

2. Jogging 

Jogging juga dapat menjadi pilihan berolahraga saat sedang berpuasa. Namun, perlu diperhatikan untuk memilih intensitas jogging yang ringan. Hal ini sendiri bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang tentu saja akan sangat berbahaya bagi Sobat Pintar. Waktu yang tepat untuk melakukan jogging adalah setelah sahur atau sebelum berbuka. 

3. Treadmill 

Olahraga yang satu ini sendiri terbilang sederhana dan bisa Sobat Pintar lakukan di rumah jika mempunyai alatnya. Treadmill sendiri sangat bagus sekali untuk membuat metabolisme tubuh lebih cepat. Selain itu, proses detoksifikasi pun dapat berjalan lebih lancar. Sama seperti jogging, waktu yang tepat untuk melakukan treadmill adalah setelah sahur atau sebelum buka puasa.

Treadmill sendiri bukanlah alat olahraga yang tidak murah, di mana Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman cepat cair untuk membeli treadmill di Kredit Pintar. Proses pengajuan pinjaman yang kilat dari Kredit Pintar akan membantu Sobat Pintar untuk bisa memiliki treadmill terbaik di rumah.  

4. Yoga 

Yoga sendiri adalah salah satu olah tubuh yang sangat populer pada saat ini. Di mana yoga bisa menjadi pilihan olahraga ketika berpuasa yang bisa Sobat Pintar jalankan. Banyak sekali manfaat yang dapat Sobat Pintar peroleh dari yoga, seperti tetap membuat pikiran stabil dan membantu menyuplai oksigen ke otak dalam jumlah yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu saja, melakukan yoga akan membuat Sobat Pintar lebih tenang, santai dan juga nyaman. Hal ini sendiri sangatlah penting didapatkan ketika sedang berpuasa. Agar yoga dapat dilakukan dengan baik, pilihlah ruangan yang sekiranya tenang dan juga nyaman bagi Sobat Pintar. 

5. Bersepeda 

Ketika berpuasa, memang ada baiknya menjalankan olahraga yang tidak begitu berat. Salah satunya adalah bersepeda. Selain mampu membakar kalori, dengan bersepeda Sobat Pintar bisa rileks dengan berjalan-jalan melintasi daerah rumah. Bersepeda saat puasa sendiri sangat disarankan selama 45 menit dan dengan intensitas kayuhan yang santai. 

Ada baiknya Sobat Pintar juga memilih sepeda yang sesuai, dimana mengajukan kredit yang cepat cair dapat menjadi salah satu cara yang tepat. Dengan memilih sepeda sesuai dengan kebutuhan maka Sobat Pintar akan semakin nyaman berolahraga. 

Itulah manfaat dan pilihan aktivitas fisik selama berpuasa. Dengan berolahraga secara rutin akan membantu Sobat Pintar untuk menjalankan puasa dalam keadaan yang selalu sehat. Namun, jangan pernah berolahraga secara berlebihan ketika menjalankan puasa, karena bagaimanapun Sobat Pintar harus memperhatikan asupan energi dalam tubuh Sobat Pintar.

kredit pintar