SNMPTN 2022 dan 9 Tips Lolos Seleksi

16 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Para siswa berprestasi sedang menunggu-nunggu SNMPTN 2022 atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Persaingan ketat akan terjadi di jalur undangan yang diadakan oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

SNMPTN tidak sama dengan SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN tidak memerlukan pengerjaan tes yang dilakukan melalui UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Para siswa cukup mengumpulkan portofolio tertentu dan nilai rapor yang bagus.

Tips Agar Lolos SNMPTN 2022 dengan Sukses

Penyelenggara SNMPTN akan mempertimbangkan prestasi alumni dan akreditasi sekolah tempat alumni tersebut pernah belajar. Kalau Anda berencana untuk mengikuti SNMPTN, pastikan untuk mempelajari tips khusus agar bisa melalui SNMPTN dengan baik.

Ada setidaknya 9 tips yang perlu Anda ketahui dan pahami sebelum mulai melakukan pendaftaran SNMPTN. Seluruh tips tersebut bisa Anda temukan dan pelajari di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Lilin Cuma Modal Kapas!

Cari tahu ketentuan dasar SNMPTN 2022

Setiap sekolah mempunyai kuota penerimaan SNMPTN yang berbeda. Biasanya, kuota ini ditentukan oleh indeks sekolah. Dan indeks sekolah sendiri terdiri dari beberapa kriteria. Beberapa kriterianya mencakup akreditasi sekolah, nilai peserta SBMPTN tahun sebelumnya, serta prestasi sekolah.

Untuk mengisi kuota yang terbuka, penentuannya adalah peringkat nilai siswa. Semakin tinggi nilai siswa, semakin besar peluang untuk masuk ke penerimaan SNMPTN 2022. Ketentuan kuota penerimaan SNMPTN yang berdasarkan akreditasi sekolah adalah sebagai berikut:

Akreditasi SekolahKuota Penerimaan
Akreditasi A40% terbaik di sekolah
Akreditasi B25% terbaik di sekolah
Akreditasi C dan yang lainnya5% terbaik di sekolah

Fokus pada program studi yang paling diinginkan

Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, Anda sebagai calon mahasiswa perlu yakin dulu dengan PTN mana yang akan dimasuki serta program studi mana yang paling Anda inginkan. Jangan sembarangan masuk ke program studi apapun apalagi hanya ikut-ikutan teman.

Pilih program studi yang paling sesuai dengan passion dan bakat. Bagaimana caranya agar tidak melakukan kesalahan dalam pemilihan jurusan? Coba periksa nilai rapor Anda sejak semester 1 hingga semester 5. Mata pelajaran mana yang nilainya paling meningkat dan paling stabil?

Agar bisa diterima, nilai rapor Anda tidak boleh ada yang anjlok. Mata pelajaran yang relevan dengan salah satu jurusan pilihan harus mendapatkan nilai yang terus meningkat.

Baca juga: Cara Memilih Keramik Motif Kayu Untuk Rumah Minimalis

Miliki pencapaian yang relevan dan nilai rapor konsisten

Seleksi SNMPTN 2022 tidak memerlukan tes apapun. Hal yang akan ditinjau sebagai bahan penilaian merupakan nilai rapor Anda antara semester 1 hingga semester 5. Sangat penting untuk memiliki nilai yang konsisten dan stabil. Nilai yang terus meningkat akan lebih diutamakan oleh PTN.

Nilai yang ditinjau bukan semua nilai, melainkan hanya nilai dari beberapa mata pelajaran yang paling sesuai dengan program studi yang dipilih. Misalnya kalau Anda memilih prodi Kedokteran, maka nilai yang akan ditinjau adalah nilai Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Bahasa Indonesia dan Inggris.

Selain itu, Anda juga bisa mengumpulkan pencapaian yang lain tapi tetap relevan demi mendukung nilai pada rapor. Misalnya sertifikasi olimpiade sains.

Perhatikan daya saing serta daya tampung

Tips lain yang bisa membantu Anda untuk lolos SNMPTN 2022 adalah melakukan riset yang mendalam. Cari tahu lebih banyak peluang untuk lolos di prodi pilihan dengan cara memeriksa peminatnya pada tahun sebelumnya serta daya tampung PTN yang dikehendaki.

Cara melakukannya bisa melalui situs web resmi PTN. Atau Anda juga bisa melihatnya di halaman resmi LTMPT. Di halaman tersebut Anda bisa membandingkan siswa yang mendaftar di tahun sebelumnya dan daya tampung yang tersedia di suatu program study.

Kalau Anda memilih prodi SNMPTN 2022 yang persaingannya ketat, siapkan strategi khusus seperti mempersiapkan nilai yang cukup hingga memilih jurusan lainnya yang peminatnya sedikit.

Siapkan sertifikat dan portofolio sebelum mendaftar SNMPTN 2022

Portofolio juga wajib dilampirkan ketika melakukan pendaftaran SNMPTN, khususnya kalau Anda memilih bidang Olahraga dan Seni. Selain mempersiapkan nilai rapor, mempersiapkan portofolio bisa menjadi bahan pertimbangan khusus dalam pemilihan calon mahasiswa.

Portofolio yang harus disiapkan sebaiknya relevan dengan jurusan yang Anda inginkan. Isi portofolio tersebut bisa berupa kombinasi antara penampilan yang dibuat secara khusus mengikuti instruksi setiap bidangnya atau dokumentasi karya yang pernah Anda kerjakan.

Dengan begitu, formulir pendaftaran Anda akan menjadi lebih bernilai dibandingkan dengan formulir pendaftaran calon mahasiswa lain yang tidak menyediakan portofolio yang relevan.

Baca juga: Cara Membuat Paspor: Cara, Prosedur dan Biaya

Periksa ketentuan khusus di setiap PTN

Salah satu hal yang juga tidak kalah penting adalah memperhatikan aturan khusus yang ditetapkan oleh setiap PTN. Misalnya ada peraturan lintas jurusan yang berbeda di setiap PTN. Misalnya kalau Anda ingin mengambil jurusan yang sangat berbeda dengan jurusan Anda saat di SMK atau SMA.

Contohnya adalah pendaftaran ke ITB. Disediakan formulir permintaan khusus yang perlu diisi ketika Anda akan mengambil suatu jurusan tertentu. Hal ini karena sistem penerimaan SNMPTN 2022 di ITB dibatasi pilihannya hingga ke tingkat fakultas saja.

Sangat penting untuk mengecek situs web penerimaan di setiap PTN dengan rajin demi mengikuti perkembangan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh PTN yang Anda inginkan.

Bertanya pada alumni dan senior yang diterima lewat jalur SNMPTN

Jika memungkinkan, coba temui alumni atau senior yang diterima di program studi serta PTN yang ingin Anda tuju. Gali sebanyak mungkin informasi mengenai bagaimana caranya belajar, dimana Anda bisa menemukan informasi lengkap tentang indeks sekolah, serta caranya diterima di prodi tersebut.

Ikuti setiap petunjuk yang diberikan oleh senior atau alumni. Bisa jadi Anda akan bisa lolos SNMPTN 2022 dan memasuki prodi yang paling sesuai dengan minat dan bakat Anda. Kalau tidak ada alumni atau senior yang Anda kenal, coba temukan tips-tips dari alumni melalui situs web mereka.

Catat semua tanggal penting yang berkaitan dengan SNMPTN

Setelah seluruh dokumen pendaftaran sudah siap dan nilai rapor juga telah dipersiapkan dengan baik, penting untuk mengingat semua tanggal penting yang berkaitan dengan dilaksanakannya SNMPTN. Misalnya kapan pendaftaran berlangsung dan kapan verifikasi berkas akan dilakukan.

Jangan sampai terlewat karena melewatkan tanggal tersebut berarti Anda melewatkan kesempatan untuk masuk PTN favorit melalui SNMPTN 2022. Setiap PTN menetapkan tanggal yang berbeda untuk SNMPTN. Pastikan untuk mencatat semua tanggal dari beberapa PTN yang paling Anda inginkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Kepiting, Memilih dan Menyimpannya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download