Cara Memilih Keramik Motif Kayu Untuk Rumah Minimalis

08 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Feb 2022

Memiliki hunian minimalis dengan motif keramik kayu memang akan membuat suasana rumah menjadi lebih indah. Namun, sebelum memilih keramik dengan motif kayu, Sobat Pintar harus mengetahui beberapa tips memilih keramik motif kayu berikut ini!

Cara Memilih Keramik Motif Kayu

Baca juga: Tips Memilih Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Juta dan 50 Juta

Dimana Tempat Beli Keramik Motif Kayu?

Sebelum kita memasuki pembahasan cara memilih keramik motif kayu, Sobat Pintar harus tahu dimana tempat membeli keramik yang paling bagus.

  1. Beli Offline

Tempat membeli keramik terbaik menurut Kredit Pintar adalah membelinya secara offline. Sobat Pintar dapat mengunjungi toko bangunan atau toko khusus keramik yang berada di sekitar rumah Sobat Pintar.

Disana, selain menemukan beragam macam keramik, Sobat Pintar dapat berkonsultasi secara langsung dengan orang ahlinya. Mereka akan membantu Sobat Pintar memilih keramik yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

  1. Beli Online

Selain membeli offline, Sobat Pintar juga bisa membeli keramik secara online di marketplace kesayangan kalian. Berbelanja online memang mudah dan menawarkan banyak program promo yang menarik. Namun Sobat Pintar tidak dapat melihat secara langsung keramik yang akan dibeli.

Tips Memilih Keramik Motif Kayu

  1. Memilih Bahan Keramik

Jika ini merupakan kali pertama Sobat Pintar membeli keramik, mungkin Sobat Pintar akan merasa kebingungan bagaimana cara memilih keramik yang baik saat berada di toko.

Jadi, sebelum mengunjungi toko keramik, Sobat Pintar harus tahu terlebih dahulu jenis keramik yang diinginkan. Dengan begitu, ketika sampai di toko, Sobat Pintar dapat langsung mencari keramik dengan jenis tersebut.

  1. Pilihlah Keramik Dengan Motif Sederhana
Keramik Dengan Motif Sederhana

Keramik motif kayu memiliki banyak variasi, mulai dari motif dan warna yang terlihat sama seperti kayu asli.

Jika Sobat Pintar memiliki hunian minimalis, maka keramik dengan motif kayu roman yang berwarna cerah menjadi pilihan terbaik untuk kalian. Namun jika Sobat Pintar memiliki ruangan yang besar dengan tema klasik, Sobat Pintar dapat memilih warna ubin dengan warna yang lebih gelap dengan motif sedikit kuno.

  1. Ketebalan Keramik

Pada dasarnya, keramik terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar.  Bahan-bahan inilah yang membuat keramik akan menjadi tahan lama dan anti air. Jadi, hal yang perlu Sobat Pintar pertimbangkan sebelum membeli keramik adalah ketebalannya. Dengan begitu, keramik tidak akan mudah retak dalam waktu yang singkat.

  1. Ukuran Keramik

Keramik memiliki banyak ukuran, namun Kredit Pintar menyarankan untuk memilih keramik lantai yang memiliki ukuran yang besar. Dengan begitu, motif kayu lantai yang Sobat Pintar beli akan terlihat lebih alami dan tidak terlihat terlalu menumpuk dan ramai.

  1. Beli Keramik Yang Bergaransi

Tidak hanya beli barang elektronik saja, Sobat Pintar juga harus membeli keramik yang memiliki garansi. Saat berada di toko, Sobat Pintar hanya dapat melihat sampel keramik yang tersedia disana. Jadi, belum tentu kualitas keramik yang dikirim oleh toko tersebut sama dengan yang kalian lihat.

Jadi, pastikan toko tersebut memiliki garansi jika pada saat barang tersebut sampai di tangan Sobat Pintar dan memiliki beberapa keramik yang retak, pecah, atau motif atau warna yang tidak seragam, Sobat Pintar bisa mengajukan pengembalian.

Varian Keramik Motif Kayu Favorit

  1. Keramik Kayu Dalam Berbagai Warna

Keramik motif kayu tidak hanya cocok untuk hunian yang bergaya tradisional saja, tetapi juga cocok untuk hunian bergaya modern. Supaya kesa tradisional hilang, Sobat Pintar dapat menggunakan keramik kayu dengan beberapa warna yang berbeda. 

Sobat Pintar dapat memadukan warna coklat tua, coklat muda, abu-abu dan putih. Dengan begitu, tampilan ruangan yang dipasangkan dengan keramik ini akan terlihat lebih modern dan cerah.

  1. Pola Papan Catur

Tidak selalu warna hitam dan putih. Sobat Pintar juga bisa menggunakan keramik dengan pola papan catur dengan warna lainnya. Bisa menggunakan warna coklat tua dan warna coklat muda.

  1. Motif Kayu Garis Bergelombang

Jika Sobat Pintar ingin menghadirkan kesan dinamis dan natural di dalam ruangan, maka Sobat Pintar dapat menggunakan keramik dengan motif garis bergelombang. Motif ini akan membuat ruangan seakan-akan memiliki efek 3D/

  1. Keramik Dengan Motif Kayu Klasik
Motif Kayu Klasik

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa memilih keramik motif kayu yang disusun secara sejajar. Ini adalah format klasik yang sering kita temui di beberapa tempat. Jika Sobat Pintar memiliki hunian dengan gaya tradisional, maka motif kayu klasik ini cocok untuk hunian kalian.

  1. Keramik Dengan Warna Serba Putih
Keramik Motif Kayu Serba Putih

Tidak selalu cokelat. Keramik motif kayu juga memiliki varian warna putih. Jika Sobat Pintar ingin membuat suasana di dalam ruangan terlihat bersih dan nyaman, keramik serba putih ini menjadi jawaban yang tepat! Dengan begitu, ruangan rumah Sobat Pintar akan terlihat seperti gaya Skandinavia!

  1. Pola Horizontal dan Vertikal

Selanjutnya, Sobat Pintar dapat menggabungkan pola horizontal dan vertikal untuk menciptakan kesan anyaman yang sederhana. Dalam motif ini, 1 buah keramik memiliki 4 bar kayu. Jadi, Sobat Pintar hanya perlu meminta tukang untuk memasangnya selang-seling.

  1. Keramik Kayu Dengan Efek 3 Dimensi

Selanjutnya, Sobat Pintar juga dapat memilih keramik dengan susunan garis horizontal yang tidak sejajar untuk membuat efek 3D. Motif ini tidak hanya membuat efek bergolombang, tetapi juga menciptakan efek perbedaan lantai yang seakan-akan memiliki perbedaan tinggi.

Mungkin ini akan terlihat sedikit pusing, namun jika Sobat Pintar menyukai ide ini, kalian bisa langsung menerapkannya di hunian kalian masing-masing.

  1. Motif Pertemuan 4 Garis ke Satu Titik

Variasi keramik motif kayu yang terakhir memiliki motif yang mempertemukan 4 garis pada satu titik. Ini merupakan motif yang cukup populer dan sering kita temukan di berbagai tempat.

Namun, untuk menggunakan variasi motif seperti ini, Kredit Pintar sarankan untuk memasangnya di ruangan yang berukuran kecil.

Penutup

Jadi itulah keramik motif kayu dan ude variasi keramik yang bisa Sobat Pintar implementasikan di huniannya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download