Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet

14 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Permasalahan lain yang muncul, bukaan lagi mengenai borosnya kuota yang dipakai untuk belajar. Namun, lebih ke bagaimana cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet? Mengingat memang kuota belajar yang diberikan pemerintah untuk tingkatan pendidikan cukup banyak. 

Baca juga Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari Telkomsel 2021

Hanya saja, kuota tersebut memiliki keterbatasan. Seperti yang kita ketahui, kuota belajar tidak bisa digunakan untuk mencari materi lain di internet. Sehingga, para pelajar tetap harus mengisi kuota untuk menemukan penjelasan materi yang belum mereka pahami. 

Sebenarnya, ada banyak alasan yang membuat peserta didik ingin mengubah kuota belajar menjadi kuota internet. Salah satunya adalah banyaknya sisa kuota belajar yang tidak terpakai setiap bulannya. Hal ini tentu sangat disayangkan. 

Banyaknya sisa kuota belajar bukan dikarenakan tidak adanya pembelajaran menggunakan aplikasi belajar. Hanya saja, kuota yang diberikan terlalu banyak untuk ukuran akses aplikasi belajar saja. Tidak heran memang jika semakin peserta didik yang mencari cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet. 

Pengertian Kuota Belajar 

Rincian Bantuan Kuota Gratis dari Kemendikbud (kuota-belajar.kemdikbud.go.id)

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengubah kuota belajar, kamu harus tau dulu apa itu kuota belajar. Nah, kuota belajar sendiri merupakan paket internet yang diberikan oleh pemerintah secara percuma. Pemberian kuota ini ditunjukkan untuk mendukung program belajar di rumah yang terjadi selama pandemi. 

Kemendikbud sendiri memberikan kuota belajar ini kepada seluruh operator dengan jumlah berbeda di setiap tingkat pendidikan. Di mana, kuota ini hanya bisa digunakan untuk mengakses situs atau situs yang berisi materi pembelajaran. Kuota belajar ini memiliki masa aktif selama sebulan. 

Tidak heran jika banyak sekali sisa kuota yang tidak terpakai. Untuk memanfaatkan kuota tersebut, hadir beberapa artikel mengenai cara mengubah kuota belajar, termasuk artikel kali ini. 

Tentunya, dengan mengubah kuota belajar menjadi kuota internet, maka bisa digunakan untuk mengakses berbagai situs atau mengakses media sosial. Setidaknya, tidak ada kuota belajar yang terbuang secara sia-sia. 

Bagaimana Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet? 

Untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota internet, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Di mana, cara di bawah ini bisa digunakan oleh semua operator. 

Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet dengan Aplikasi AnonyTun

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi AnonyTun. Aplikasi ini bisa dengan mudah ditemukan dan diunduh di play store. Adanya aplikasi AnonyTun, menjadi bukti bahwa memang untuk mengubah kuota ini diperlukan aplikasi pendukung. 

Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu perlu memastikan bahwa kartu atau nomor yang nantinya akan digunakan memiliki kuota utama. Setidaknya, kuota utama yang dimiliki adalah sebesar 100 MB.

 Baca juga Cara Paket Telkomsel Prabayar, Inilah 10 Pilihannya

Cara selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi tersebut. Kemudian, kamu bisa langsung saja tap menu opsi yang berada di bagian pojok kanan atas. Dalam menu ini, kamu akan menemukan beberapa pilihan. Nah, cukup memilih VPN Setting saja. 

Selanjutnya adalah dengan mengaktifkan compress packets terlebih dahulu, kemudian save. Jika sudah selesai, kamu bisa membuka menu stealth settings yang berada di sebelah kiri menu opsi. 

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur menu tersebut. Di sini, kamu hanya perlu mengaktifkan stealth settings on/oof. Kemudian, connection protocol bisa memilih SSL. 

Nah, untuk connection port bisa diisi dengan 443. Terakhir, aktifkan advanced SSL settings. Kemudian, tahap selanjutnya adalah mengedit SSL Settings. 

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet menggunakan aplikasi ini memang cukup panjang prosesnya. Di mana, kamu juga harus mengatur bagian dari SSL Settings. Di sini, kamu bisa mengubah cellist spoof SNI host. 

Selanjutnya, spoof host: port, spoof host diisi dengan zoom.us atau bisa juga dengan zoom.com. Nah, hal ini merujuk pada kuota belajar biasa. Jika kuota belajarnya dari kemendikbud, kamu bisa mengisi bagian tersebut dengan v.whatsapp.com, v.whatsapp.net. 

Sementara, untuk spoof port diisi dengan 443. Jika sudah terisi semua, kamu bisa klik save untuk melakukan penyimpanan. Untuk digunakan sebagai kuota internet utama, maka kamu bisa mengklik connect. 

Di sini, kamu harus memastikan bahwa sudah muncul tulisan connected, agar bisa benar-benar tersambung. Jika sudah berhasil, maka kamu bisa mengubah kuota belajar menjadi kuota internet dan bisa langsung menggunakannya. 

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet dengan Aplikasi TLS Tunnel 

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi TLS tunnel. TLS tunnel sendiri merupakan sebuah aplikasi VPN yang bisa membantu penggunanya untuk memanipulasi koneksi internet. 

Dengan kata lain, aplikasi ini cocok untuk membantu kamu mengubah kuota belajar. Sebelumnya, kamu harus mengunduh aplikasi ini melalui play store terlebih dahulu. Jika sudah terunduh dan terinstal, kamu bisa membuka aplikasi tersebut. 

Nantinya, pilihlah connection method dan pilih juga custom SNI. Nah, di sini kamu perlu mengisi SNI host dengan classroom.google.com. Sementara, pada menu port, kamu bisa mengisi dengan angka 443. 

Langkah selanjutnya dalam menggunakan aplikasi ini adalah dengan mengklik server automatic. Kemudian tekan log untuk bisa mengecek statusnya. Jika berhasil, akan muncul tulisan connected dan muncul juga notifikasi aplikasi TLS Tunnel. 

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet dengan Google Drive

Ternyata, selain menggunakan aplikasi VPN, juga bisa dilakukan dengan menggunakan google drive. Ternyata, google drive masih bisa diakses ketika kamu menggunakan kuota belajar. 

Untuk memanfaatkan kuota belajar ini, kamu bisa menyiapkan link yang sudah tersimpan di google drive untuk streaming menggunakan kuota belajar yang dimiliki. Tentu saja, kamu harus membuka aplikasi ini terlebih dahulu. 

Jika sudah selesai, maka kamu bisa melakukan streaming di google drive menggunakan kuota tersebut. Bisa dibilang bahwa hal ini tidak mengubah kuota menjadi kuota internet. Hanya saja membuat alternatif lain untuk memanfaatkan kuota internet yang masih banyak. 

Cara ini terbilang cukup mudah, karena kamu tidak perlu khawatir dengan penggunaan aplikasi VPN. Di mana, tentu saja akan ada beberapa dampak yang diberikan ketika menggunakan aplikasi ini. 

Sebenarnya, selain menggunakan google drive, ada cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet, menggunakan konsep yang sama. Di mana, kamu bisa menggunakan aplikasi whatsapp. 

Aplikasi ini masih bisa digunakan hanya dengan kuota belajar saja. Nah, untuk memaksimalkan penggunaan kuota, kamu bisa melakukan streaming melalui whatsapp dengan melakukan copy paste link streaming pada kolom chat. Nantinya, ketika kamu mengklik link tersebut bisa menonton, tanpa harus menggunakan youtube atau aplikasi nonton lainnya. 

Baca juga Cara Cek Nomor Axis

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terbesar dan diawasi oleh OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download