8 Daftar Lagu Anak-anak dan Maknanya

19 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 04 Mar 2022

Ketika si kecil memasuki masa pertumbuhan, coba perkenalkan pada lagu anak-anak. Lagu-lagu semacam ini bisa merangsang kognitif anak dan membantunya untuk mengenal kosakata baru. 

lagu anak-anak

Selain berdampak pada perkembangan kognitif dan komunikasi si kecil, lagu khusus anak-anak ini juga mengandung sarat makna. Seiring dengan perkembangannya, si kecil akan mempelajari banyak hal dari lagu-lagu tersebut.  

Sebagai orang tua, pasti Anda ingin mengajarkan hal-hal baik pada anak tercinta. Bukan cuma secara lisan, Anda juga bisa mengajarkan banyak hal pada si kecil dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satunya adalah menyanyi. 

Tema lagu yang paling cocok diajarkan kepada anak-anak Anda tentunya lagu khusus anak-anak. Makanya, sebagai referensi buat Anda, berikut ini adalah beberapa daftar lagu untuk anak-anak yang memiliki makna bagus. 

1. Lagu Balonku Ada Lima

Lagu ciptaan Abdullah Totong Mahmud ini sering sekali dinyanyikan di acara-acara ulang tahun. Namun, selain di acara ulang tahun, lagu “Balonku Ada Lima” ini juga bisa dinyanyikan dalam situasi apapun. 

Bila didengarkan dari segi iramanya, lagu ini termasuk ke dalam tipikal lagu yang ceria. Anda bisa mengajak anak-anak bernyanyi dengan riang dan gembira menggunakan lagu ini. 

Baca juga: Wahai Gitaris Tongkrongan, Ini 5 Lagu Wajib Yang Biasa Dipakai Untuk Nyetem Gitar

Selain mengandung unsur melodi yang ceria, lagu Balonku Ada Lima ternyata memiliki makna tersirat. Supaya Anda lebih memahami arti lagunya, mari bedah makna lagunya dari lirik di bawah ini: 

Balonku Ada Lima, rupa-rupa warnanya. 

Hijau, kuning, kelabu, merah muda, dan biru. 

Meletus balon hijau, dor! Hatiku sangat kacau. 

Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat. 

Sekilas, lagu ini menceritakan tentang rasa sedih akibat kehilangan. Melalui ini, Anda bisa mengajarkan pada anak bahwa rasa kehilangan adalah perasaan yang wajar dialami semua orang. Coba nyanyikan lagu ini setiap kali si kecil merasa sedih. 

2. Lagu Kebunku

Lagu anak-anak selanjutnya yang dulu sering Anda dengarkan adalah lagu Kebunku. Lagu masa kecil ini diciptakan oleh Saridjah Niung alias Ibu Sud. Lagu-lagu karangan beliau memang sangat cocok dinyanyikan oleh anak-anak karena liriknya yang simple. 

Tak heran kalau lagu ini mendulang popularitas yang cukup tinggi di kalangan anak-anak kecil. Lagu Kebunku juga sering diajarkan di TK atau tempat penitipan anak. Berikut ini adalah lirik lagu Kebunku yang direkomendasikan untuk anak-anak Anda: 

Lihat kebunku, penuh dengan bunga. 

Ada yang putih, dan ada yang merah. 

Setiap hari kusiram semua. 

Mawar, melati, semuanya indah. 

Dari liriknya, ini mengajarkan anak-anak untuk peduli pada tumbuhan. Selain itu, liriknya juga memiliki makna untuk mengajarkan anak cara menanam tanaman secara baik dan benar. Makna itulah yang bisa dipetik dari baris per baris lirik lagu Kebunku. 

3. Lagu Kepala Pundak, Lutut, Kaki

Lagi-lagi lagu karangan Ibu Sud masuk ke dalam daftar lagu untuk anak-anak yang sarat dengan makna. Karena itulah, lagu ini sangat bagus diajarkan pada anak-anak sejak usia dini. 

Dari antara lagu karangan Ibu Sud yang lainnya, lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki, ini memiliki lirik yang paling simple. Bayangkan saja, dalam satu lagu hanya terdiri dari empat kata yang dinyanyikan secara berulang-ulang. Seperti inilah adalah lirik lagunya: 

Kepala, pundak, lutut, kaki (lutut, kaki).

Kepala, pundak, lutut, kaki (lutut, kaki).

Mata, telinga, mulut, hidung, dan pipi. 

Kepala, pundak, lutut, kaki (lutut, kaki).

Meskipun liriknya sangat sederhana, namun manfaatnya sangat besar buat anak-anak. Dari makna liriknya saja, Anda bisa mengajarkan pada anak-anak tentang nama-nama anggota tubuh manusia.  

4. Lagu Bintang Kecil

Ada banyak lagu untuk anak-anak yang memiliki makna bagus, dan salah satunya adalah lagu Bintang Kecil. Lagu yang terdengar syahdu ini ternyata diciptakan oleh R. Geraldus Daljono Hadi Sudibyo. Beliau adalah seorang pencipta lagu asal Indonesia. 

Seperti mayoritas lagu untuk anak-anak lainnya, lagu Bintang Kecil ini juga memiliki lirik lagu yang pendek sekaligus sederhana. Oleh karena itu, sangat cocok dinyanyikan buat anak-anak berusia dini seperti playgroup dan TK. 

Baca juga: Intip Pemenang American Music Awards 2021 Di Sini! 

Untuk mengetahui makna yang terkandung di dalam lagu Bintang Kecil, tentu Anda harus menyimak dulu liriknya secara detail. Inilah lirik lagu Bintang Kecil yang bisa diajarkan kepada anak-anak Anda: 

Bintang kecil, di langit yang biru. 

Amat banyak, menghias angkasa. 

Aku ingin, terbang dan menari. 

Jauh tinggi, ke tempat kau berada. 

Seperti lirik lagunya, lagu Bintang Kecil memiliki makna yang hampir mirip. Lagu ini menceritakan tentang kekaguman seseorang terhadap keindahan alam semesta dan jagat raya. Secara tidak langsung, anak sudah diajari untuk mensyukuri nikmat Tuhan. 

5. Lagu Potong Bebek Angsa

Inilah salah satu lagu yang berasal dari luar Pulau Jawa atau lebih tepatnya dari wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Lagu ini memiliki melodi yang menyenangkan untuk didengar maupun dinyanyikan. 

Meskipun lagu Potong Bebek Angsa dikenal luas sebagai lagu daerah NTB, namun lirik lagunya cocok pula untuk dinyanyikan oleh anak-anak. Lirik lagu sederhana namun sarat makna ini diciptakan oleh seorang seniman bernama Soerjono alias Pak Kasur. 

Untuk mengetahui lebih detail tentang makna lagunya, maka Anda harus menyimak dulu lirik lagunya. Berikut ini adalah lirik lagu Potong Bebek Angsa yang diciptakan oleh Pak Kasur:

Potong bebek angsa, angsa di kuali. 

Nona minta dansa, dansa empat kali. 

Serong ke kiri, serong ke kanan. 

(La la la, la la, la la la, la la). 

Serong ke kiri, serong ke kanan. 

(La la la, la la, la la la, la la).

Dari segi liriknya, lagu ini mengandung ajakan untuk menari pada orang yang disayang. Makanya, melodi lagunya pun dibuat menyenangkan dan memicu orang untuk ikut menari bersama-sama. 

6. Lagu Nenek Moyangku

Rekomendasi lagu untuk anak-anak yang terakhir berjudul Nenek Moyangku. Lagu ini diciptakan oleh pencipta lagu khusus anak-anak yang legendaris, yaitu Ibu Sud. 

Secara umum, lagu ini masih terdiri dari lirik pendek dan sederhana. Lirik lagu dengan ciri-ciri seperti ini memang cocok sekali untuk dinyanyikan oleh anak-anak. Berikut ini adalah penggalan lirik lagu Nenek Moyangku ciptaan Ibu Sud: 

Nenek moyangku seorang pelaut. Gemar mengarung luas samudera. 

Menerjang ombak, tiada takut. Menempuh badai, sudah biasa. 

Angin bertiup, layar berkembang. Ombak berdebur di tepi pantai. 

Ke laut kita, beramai-ramai. 

Belalai gajah panjang, kucingku belang. Tuhan Maha Penyayang, anak-anak disayang. 

Penggalan lagu Nenek Moyangku tersebut mengandung makna yang sangat apik. Lirik lagu ini menceritakan tentang sebuah perjuangan pelaut yang pemberani. Dengan ini, diharapkan anak-anak bisa meneladani sikap seorang pelaut yang pemberani. 

Baca juga: 7+ Cara Download Lagu Dari Youtube

Selepas mengetahui makna yang terkandung dalam lagu anak-anak, coba beritahu juga maknanya kepada anak-anak Anda. Cara ini bisa membuat anak-anak memahami arti dari lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download