Apa Akibatnya Nggak Punya Rencana Finansial?

23 Jan 2018 by Edwin

Tiap orang punya prioritasnya sendiri dalam hidup. Ada yang memprioritaskan karir, keluarga, bahkan ada juga yang mengedepankan urusan percintaannya. Dari berbagai prioritas yang bisa kita pilih, hampir semuanya membutuhkan perencanaan keuangan dengan baik. Nggak cuma ditujukan bagi orang tua atau yang sudah mapan aja, anak muda juga harus paham dengan perencanaan finansial karena bermanfaat untuk kondisi finansial ke depannya.

Perencanaan keuangan yang seperti apa sih yang dibutuhkan?

Yang jelas, pemahaman tentang pentingnya bagaimana mengelola keuanganmu dimulai dari kesadaran untuk menghindari pengeluaran berlebihan. Dimulai dari pencatatan penerimaan gaji atau upah rutin, kemudian selalu menyimpan catatan transaksi atau pengeluaran yang Kamu lakukan, semua itu adalah hal penting untuk mengindari kondisi finansial yang buruk.

Gimana sih, kalo kita nggak punya perencanaan finansial yang baik? Dampaknya, bahaya bagi pola hidupmu dan bahkan bisa berdampak ke orang-orang di sekitarmu, lho. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Tidak Punya Aset Tetap
Aset tetap seperti properti, kendaraan, atau hal-hal lainnya adalah salah satu bentuk investasi karena value-nya. Buat Kamu yang sudah beberapa tahun bekerja tapi belum punya aset tetap, bisa jadi dikarenakan rencana keuangan yang tidak efektif. Menghabiskan gaji rutin untuk lifestyle dan keperluan lain tanpa menyisihkan untuk berinvestasi bisa menyebabkan Kamu kesusahan di kemudian hari lho. Dengan perencanaan keuangan yang baik, hasil kerjamu selama ini akan terlihat dari kepemilikan aset tetap, baik itu aset bergerak ataupun tak bergerak.

Susah menentukan alokasi biaya untuk investasi aset tetap? Coba sisihkan sekitar 20% dari pemasukan rutinmu tiap bulan untuk kebutuhan menabung dan investasi.

Gaji Tidak Pernah Bertahan Lama

Terima gaji tiap bulan tentunya jadi kebahagiaan karena kita bisa menghabiskannya untuk hal-hal yang kita suka. Makan-makan di restoran favorit, beli mainan limited edition, atau liburan ke tempat yang kita inginkan, semua itu bisa aja dilakuin dengan uang yang Kamu punya. Tapi, nggak semua kegiatan itu harus dilakukan dalam satu waktu atau dalam periode waktu yang berdekatan.

Kamu butuh perencanaan keuangan dalam mengatur kapan harus mengeluarkan uang untuk apa yang Kamu inginkan. Ingin liburan? Tunggu saat yang tepat. Ingin makan di restoran favorit? Tunggu momen yang tepat dan ajak temanmu untuk berbagi. Ingin beli mainan limited edition? Pikirkan lagi seberapa penting manfaatnya untuk hidupmu. Usahakan tekan semua pengeluaran yang punya potensi untuk mempercepat habisnya uang gajimu. Kamu nggak mau kan, gajimu habis saat tengah bulan? Gimana kalo ada kejadian mendadak yang menuntutmu untuk mengeluarkan uang lebih saat gajimu habis? Meskipun ada opsi untuk berhutang, tapi berhutang bukan pilihan bijak untuk perencanaan finansial yang baik.

Punya Banyak Utang

Utang, dampak dari kondisi keuangan yang buruk, bisa bikin Kamu dan orang-orang di sekitarmu nggak nyaman. Saat Kamu memutuskan untuk berhutang, ada banyak hal yang Kamu pertaruhkan, diantaranya adalah informasi pribadi dan hubunganmu dengan orang yang Kamu mintakan utang. Perencanaan yang baik mampu menghindarkanmu dari utang, dan kalaupun mengharuskanmu untuk berhutang, tidak membuatmu kesusahan dalam melunasinya karena perencanaan finansial yang baik.

Kalo udah terlanjur berhutang, buatlah rencana pelunasan utang yang efektif. Dengan perencanaan finansial yang baik, Kamu bisa gunakan layanan pinjaman online seperti KreditPintar untuk membantu memperbaiki kondisi finansialmu.

Pokoknya, jangan pernah meremehkan perencanaan finansial yang baik untuk masa depan keuangan yang mapan. Apalagi kalo Kamu masih muda, kesempatanmu untuk ngedapetin kondisi kemapanan finansial masih terbuka lebar!