12 Kopi Termahal di Dunia : Harganya Diatas 500 Ribu Rupiah Per-pound!

28 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jul 2022

Kopi merupakan komoditi yang paling banyak diminati bahkan minumannya paling populer serta digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Oleh karena punya banyak peminat, tak heran jika industri kopi sangat tinggi pergerakannya dibandingkan semua jenis industri lain. Ini dia semua tentang Kopi termahal di dunia.

Dan menariknya, ada kalanya untuk jenis kopi tertentu, minuman ini bisa sangat mirip dengan kaviar dan truffle lho! Bisa sangat mahal harganya, apalagi jika keberadaannya yang langka dan produksinya terbatas. Selain itu, harga yang mahal juga tergantung pada kualitas dan cita rasanya yang khas. 

Kopi termahal di dunia

Baca juga: Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Penasaran apa sih kopi termahal di dunia saat ini? Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Daftar Kopi Termahal di Dunia

Meminum kopi sekarang sudah menjadi semacam kebutuhan, gaya hidup, tradisi bahkan budaya dan kebiasaan. Tak hanya untuk kalangan tua saja, kopi sekarang juga identik dengan gaya hidup anak muda. 

Karena itulah, tak heran jika kita sering melihat ada banyak orang membagikan foto secangkir kopi dan pengalaman mereka meminum kopi di café atau restoran tertentu saat ini lewat media sosial populer seperti Instagram. 

Saking terkenalnya minuman satu ini, tahukah Anda bahwa kopi itu punya banyak jenis? Bahkan di Indonesia saja, tiap daerahnya punya cita rasa kopi yang khas dan berbeda-beda lho!

Namun diantara semua jenis kopi yang ada di seluruh dunia, pernahkah Anda bertanya-tanya apa jenis kopi yang paling mahal? Well, setidaknya ada dua belas jenis kopi termahal di dunia yang sepatutnya Anda tahu. Berikut daftarnya!

Ivory Black Coffee, Thailand

Relate rasanya jika Thailand disebut negeri Gajah Putih. Alasannya karena ternyata Thailand tak hanya menawarkan wisata gajah untuk para wisatawan luar negeri yang berlibur ke sana, melainkan hewan besar ini juga memiliki keterikatan dengan biji kopi khas negeri tersebut. Nama kopi yang dimaksud adalah Ivory Black Coffee. 

Mengutip dari beberapa literatur, ivory black coffee berasal dari jenis kopi arabika dengan cita rasa yang kaya sekaligus lembut. Rasa pahitnya pun berbeda dibandingkan jenis kopi lain karena terasa lebih mirip seperti dark chocolate

Lalu bagaimana bisa kopi ini menjadi yang termahal di dunia saat ini? Well, itu karena proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama. 

Jika kopi luwak berasal dari hewan luwak, maka kopi ini ditemukan dalam perut gajah. Biji kopi akan diberikan dalam bentuk ceri dan dimakan oleh gajah. Setelah dicerna sekitar 20 hingga 72 jam, kopi ini akan dikeluarkan dalam bentuk feses. 

Dengan proses pencernaan yang memakan waktu lama seperti itu, maka proses fermentasi dan percampuran protein dalam sistem pencernaan gajah membuat rasa pahit kopi ini jauh berkurang bahkan menariknya mampu membentuk rasa baru buat kopi. 

Umumnya satu pound Ivory Black Coffee saja dibanderol dengan harga 7,4 juta rupiah atau sekitar 500 USD per-450 gram kopi. Namun pernah harga termahal untuk kopi ini dijual sekitar 21,5 juta rupiah per-pound-nya. 

Faktor lain yang membuat kopi ini menjadi mahal adalah hasilnya yang sedikit. Dari 33 kilogram biji kopi yang dimakan gajah, hasil fermentasinya yang nantinya bisa dikonsumsi hanya satu kilogram saja. 

Sangat sedikit bukan? Jadi, wajar jika harga yang dibanderol semahal itu.

Geisha Coffee dari Hacienda la Esmeralda, Panama

Diproduksi oleh Hacienda la Esmeralda, Geisha Coffee diproduksi di sebuah daerah bernama Boquete di Panama. Harganya cukup fantastis dan menjadi kopi paling mahal di Panama. Bagaimana tidak mahal jikalau tumbuhnya saja di gunung tertinggi di Panama yaitu di Volcan Baru. 

Umumnya, pohon ini tumbuh di bawah pohon jambu di pegunungan tersebut sehingga membuatnya punya aroma khusus. Mungkin saja itu karena peran dari nutrisi pohon jambu yang diserapnya. Tiap tahunnya, ketika ada kontes biji kopi seluruh dunia, kopi yang satu ini selalu konsisten ikut dalam perlombaan. 

Sebagai informasi, untuk harga per-pound-nya saja sekitar 5,2 juta rupiah. Namun pernah harga tertinggi kopi ini sekitar 8,9 juta per-poundnya. 

Penting untuk diketahui bahwa satu pound itu setara dengan 0,453 gram. Jadi Anda bisa bayangkan berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli satu kilo bahkan sepuluh kilo kopi ini. 

Luwak Coffee, Indonesia

Sebagai salah satu kopi tradisional khas Indonesia yang masuk dalam jajaran kopi termahal di dunia, kopi yang berasal dari hasil sekresi hewan luwak ini memang dikenal mahal harganya. 

Wajar jika tidak murah karena untuk mendapatkannya saja diperlukan waktu yang lama untuk menunggu proses pencernaannya dalam tubuh luwak. 

Kopi termahal di dunia

Baca juga: Berbagai Jenis Kopi dengan Kualitas Unggul yang Ada di Indonesia

Untuk harganya sendiri, 450 gram kopi luwak dibanderol di pasar dunia sekitar 100 – 200 USD atau sekitar 1,49 – 2,9 juta rupiah. 

Berdasarkan keterangan dari Ketua Departemen Speciality & Industry Badan Pengurus Pusat Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi, ada tiga hal yang membuat kopi luwak menjadi sangat mahal.

  • Pertama, oleh karena hewan luwak hanya akan memakan kopi yang kondisinya terbaik hari tersebut. 
  • Kedua, dalam satu hari luwak hanya akan memakan 10-15 gram biji kopi jadi produksinya sangat terbatas. 
  • Ketiga, petani harus mencari dan memilah kotoran luwak yang sudah memakan buah kopi matang yang dimaksud. Jadi semuanya butuh proses yang lama hingga kopi luwak bisa dijual dan disajikan untuk Anda. 

Lalu, mengapa luwak? Alasannya karena luwak dengan instingnya yang tajam bisa membedakan mana kopi yang kondisinya paling baik pada hari pemetikan dan mana yang tidak. 

Cara ini tentu berbeda dari sistem petik merah ala petani yang belum tahu apakah buah kopi yang dipetik pada hari itu baru saja matang atau memang sudah matang dari kemarin. 

Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru Coffee, Columbia

Berasal dari varietas kopi Arabica-Typica, kopi Ospina Dynasty Gran Café Premier Grand Cru Coffee atau biasanya disingkat Ospina dari Columbia, Amerika Selatan ini umumnya tumbuh, ditanam dan dibudidayakan di bawah pohon perdu dengan tanah khusus dari abu vulkanik. 

Tak heran jikalau kopi yang satu ini memiliki ciri unik yakni mampu memberikan rasa hangat pada tubuh serta mengandung citarasa kacang almond yang khas beraroma cokelat, gurih dan pedas. 

Sebagai informasi, masa panen kopi yang satu ini sangat lama yakni sekitar 3-5 tahun setelah ditanam. Karena itulah, wajar jikalau harganya sangat mahal karena butuh waktu yang lama agar bisa meminum kopi ini. Harganya berkisar 2,7 juta rupiah per-pound-nya. 

Panama Ironman Camilina Geisha, Panama

Selain namanya yang unik, cita rasa kopi yang satu ini juga khas. Ada rasa rempah, buah, serta teh yang unik. Saking spesifiknya, bagi Anda yang masih pemula dalam hal kopi, Anda bisa dengan cepat mengenal kopi yang satu ini tanpa harus punya banyak referensi tentang kopi sebelumnya. 

Jika berminat mencicipi kopi yang satu ini, maka dana yang harus Anda keluarkan adalah sekitar 100 USD atau setara dengan 1,49 juta rupiah. 

Hacienda El Roble, Columbia

Ada beberapa yang percaya bahwa kopi Hacienda El Roble ini berasal dari kopi varietas Geisha. Namun masih banyak yang belum tahu kopi ini sebenarnya varietasnya apa. 

Namun yang jelas, cita rasa Hacienda el Roble sangatlah khas dan unik. Yakni memiliki campuran karamel dengan buah persik dan mangga serta bau bunga yang lembut. 

Jumlah produksinya sangat terbatas dan tiap tahunnya itu bahkan cuma tersedia sekitar 22 kilogram. Jadi tak aneh bila harga kopinya agak mahal yakni sekitar 1,4 juta rupiah per-pound-nya.

St. Helena Coffee, Ethiopia 

Nama kopi St. Helena sendiri diambil dari nama sebuah pulau vulkanik terpencil yang pernah ditemukan oleh Napoleon Bonaparte dan tepat berada di tengah-tengah samudera Atlantik dalam kawasan negara Ethiopia. 

Jaraknya sangat jauh dari daratan utama, hingga 1.900 kilometer dari batas barat pantai Afrika. Karena itulah, tak heran jika biaya transportasi untuk mengangkut biji kopi yang tumbuh di pulau ini pun mahal. 

Kopi St. Helena yang khusus tumbuh di pulau St. Helena ini diperoleh dari tanaman kopi dengan varietas bourbon yang berujung hijau. Hal itulah yang membuat kopi ini beraroma bunga halus yang sangat memikat hidung sebelum Anda benar-benar meminumnya. 

Harganya fantastis yakni sekitar 1,3 juta rupiah per-450 gram. Bahkan ada yang menjual kopi unik ini hingga 2 juta rupiah per-pound-nya. 

Hawaiian Kona Coffee, Hawaii

Salah satu biji kopi khas Hawaii yang termasuk dalam tanaman kopi paling langka di dunia adalah Hawaiian Kona. Harganya bisa mencapai 760 ribu per-pound-nya. 

Oleh karena harganya yang mahal itu, maka tak jarang bila produsen memproduksi kopi campuran agar lebih hemat. Komposisi campuran yang dimaksud adalah 10 persen Hawaiian Kona dan 90 persen biji kopi lain baik itu yang lokal maupun impor. 

Berbeda dengan yang original, untuk kopi campuran, harganya dibanderol lebih murah yakni hanya sekitar 400 ribuan per-pound. 

Jamaican Blue Mountain, Jamaika

Kopi termahal di dunia lainnya berasal dari Jamaika. Seperti namanya, asal-muasal serta tempat tumbuh kopi yang satu ini adalah pada ketinggian 5.000 kaki di gunung Blue Mountain yang ada di negara itu. 

Rasanya sangat khas yakni lembut dan tak terlalu pahit. Pantas jikalau ada banyak penggemar kopi terutama orang Jepang menggemari kopi yang satu ini. Dan karena itulah, wajar jika Jepang menjadi negara terbesar pengimpor biji kopi ini. 

Kopi termahal di dunia

Baca juga: Inilah Manfaat Ampas Kopi untuk Kulit dan Lainnya

Lebih menariknya lagi, bahkan ada beberapa produk dari Jamaican Blue Mountain yang hanya melayani kegiatan ekspor ke Jepang. Anda bisa mendapatkan kopi yang satu ini per-pound-nya sekitar 754 ribu rupiah.

Fazenda Santa Ines Coffee, Brazil

Berasal dari Brazil, kopi yang satu ini memang memiliki cita rasa khas yang unik. Aroma kopi ketika akan diminum dominan dengan rasa manis dan buah-buahan yang sangat kuat. 

Biji kopi-nya didatangkan langsung dari sumbernya di kaki Gunung Mantiquera, Brazil. Konon, kopi ini telah diolah secara tradisional oleh masyarakat lokal lebih dari 100 tahun lalu. 

Jadi, wajar bila harga untuk mendapatkannya cukup mahal. Untuk satu pound saja, Anda harus rela merogoh kocek hingga 745 ribu rupiah. 

Molokai Coffee, Hawaii

Bila Anda pergi berlibur ke Hawaii, sempatkan diri untuk mencicipi kopi khas Hawaii yang bernama Molokai. Termasuk ke dalam jenis kopi robusta, Molokai Coffee memiliki aroma bunga dengan citarasa khas cokelat dan blackberry. Tak ayal bila aroma kopinya sangat lembut dan memikat.  

Biji kopi yang satu ini ditanam kemudian diproduksi langsung di daerah Kualapu’u, Maui County, salah satu daerah di Kepulauan Hawaii yang dikenal luas sebagai tempat terbaik untuk menanam kopi. 

Jika ingin mendapatkannya, Anda harus menyiapkan uang sekitar 731 ribu rupiah untuk mendapatkan satu pound Molokai Coffee. 

Los Planes, El Salvador

Salah satu hasil bumi utama negara El Salvador adalah biji kopi. Tak ayal, bila industri kopi sangat berkembang pesat di negara ini. Salah satu kopi khas El Salvador yang terkenal adalah Los Planes. 

Dibanderol dengan harga 40 USD per-pound atau setara dengan 596 ribu rupiah, ternyata kopi yang satu ini diambil dan dibudidayakan di wilayah pegunungan Chalatenango, El Salvador. 

Nah, sebagai salah satu kopi termahal di dunia, Los Planes ini punya karakter yang unik tergantung dengan tingkat roasting-nya lho! Bila biji kopinya pada tingkat medium roasted maka rasa yang dominan di indera Anda adalah lebih creamy dan nutty. 

Sementara itu, jika biji kopinya lebih deep-roasted, aromanya akan didominasi oleh campuran rasa cokelat, blackcurrant dan gula merah. Unik, bukan? 

Demikianlah daftar lengkap beberapa contoh kopi termahal di dunia yang harganya lebih dari 500.000 rupiah per-pound. 

Dari penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa ternyata yang membuat kopi-kopi tersebut menjadi yang termahal adalah tidak hanya aroma dan cita rasanya yang khas dan unik, melainkan juga karena proses pertumbuhannya yang tak mudah, tempat asal tumbuhnya yang sulit dijangkau serta hasil produksi yang terbatas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download