Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Kulit Dan Lainnya

26 Aug 2021 by Laruan

Setelah minum kopi, jangan buang ampas kopi Sobat Pintar, karena manfaat ampas kopi dapat diaplikasikan di berbagai kebutuhan, seperti untuk kebutuhan perawatan kulit dan kebutuhan rumah tangga. 

Saat ini industri kopi sedang melejit dan menjadi sebuah gaya hidup. Memanfaatkan ampas kopi, dapat menjadi ide yang bagus selain mengonsumsi kopi. 

Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Kulit Dan Lainnya

Manfaat Ampas Kopi Untuk Perawatan Kulit

Ampas kopi memiliki senyawa yang mampu merawat kulit Sobat Pintar. Daripada membuang ampas kopi, Sobat Pintar dapat menyimpannya dan memanfaatkannya. Berikut merupakan manfaat ampas kopi bagi kesehatan kulit Sobat Pintar :

1.Mengatasi Sel Kulit Mati Dengan Ampas Kopi

Jika Sobat Pintar sering mendapati kulit Sobat Pintar mengelupas. Hal itu merupakan pengelupasan sel kulit mati yang merupakan proses regenerasi kulit. Sobat Pintar dapat menggunakan ampas kopi untuk mengatasi proses pengelupasan kulit mati.

Ampas kopi dapat membantu pengelupasan kulit mati lebih cepat sehingga tidak melukai dan mengganggu kondisi kulit. Dengan ampas kopi kulit akan menjadi segar dan halus dan menghasilkan regenerasi kulit yang sehat.

2.Melindungi Dari Paparan Cahaya Matahari

Sinar UV pada sinar matahari tidak baik apabila langsung terkena kulit. Kulit dapat menjadi kusam dan gelap karena efek dari sinar UV pada matahari. Senyawa polifenol pada kopi memiliki manfaat untuk mengurangi bercak hitam pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. 

Penggunaan ampas kop telah terbukti sebagai bahan yang mampu mengatasi masalah kulit akibat paparan matahari. Sobat Pintar dapat mengaplikasikan ampas kopi pada kulit Sobat Pintar untuk mendapat perlindungan dari sinar UV pada sinar matahari. Sobat Pintar juga dapat meminumnya, untuk meningkatkan senyawa polifenol pada kulit.

3.Manfaat Ampas Kopi Untuk Menghindari Jerawat

Masalah jerawat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Selain membuat penampilan Sobat Pintar menjadi tidak menarik, rasa perih dan gatal dari jerawat juga dapat mengganggu aktifitas Sobat Pintar. 

Jerawat terbentuk dari sel kulit mati, yang tersumbat oleh minyak dan zat lain yang menyebabkan timbulnya bakteri yang menyebabkan jerawat. Senyawa antioksidan, stimulant, dan asam klorogenat mampu melawan jerawat dengan membersihkan bakteri yang ada. Gunakan ampas kopi sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah Sobat Pintar. 

4.Memudarkan Kantung Mata

Pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak begadang dapat menyebabkan kantung mata menjadi bengkak. Penyebab munculnya kantung mata adalah karena tubuh mengalami dehidrasi, sehingga menyebabkan kantung mata menjadi bengkak. Selain itu alergi dan infeksi pada tubuh juga dapat menyebabkan mata menjadi bengkak.

Sobat Pintar dapat memanfaatkan ampas kopi untuk mengempeskan kantung mata Sobat Pintar yang bengkak. Senyawa asam klorogenik yang terdapat di ampas kopi itu terbukti bisa mengurangi pembengkakan di kantung mata Sobat Pintar. Oleskanlah perlahan ampas kopi di mata Sobat Pintar. Sobat Pintar juga dapat menggunakan krim ekstrak kopi untuk masker kantung mata Sobat Pintar. 

5.Rendaman Kaki

Kesehatan kulit kaki kerap kali diabaikan. Padahal kulit kaki juga harus mendapatkan perhatian. Beberapa masalah kulit pada kaki seperti mata ikan, kutu air, dan kulit pecah-pecah sering dijumpai. 

Ternyata ampas kopi juga memiliki fungsi untuk dijadikan rendaman kaki. Ampas kaki mampu membersihkan sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah. Gunakan air hangat atau air dingin untuk membuat air rendaman ampas kopi. Rendam kaki di dalam air ampas kopi sambal menggosok beberapa bagian kaki.

6. Mengencangkan Selulit

Sobat Pintar dapat menjumpai kandungan kafein pada beberapa produk krim pelangsing yang ada di pasaran. Senyawa kafein dan beberapa senyawa lain dapat membantu mengurangi selulit. Selulit merupakan lemak yang tersimpan di bawah jaringan kulit yang terlihat bergelombang dan biasa ditemukan pada wanita di bagian tubuh tertentu.

Selain penggunaan krim pelangsing yang mengandung kafein, Sobat Pintar dapat menggunakan ampas kopi untuk mengurangi selulit Sobat Pintar. Cukup oleskan sambal dipijat lembut pada bagian tubuh yang memiliki selulit. Jangan lupa juga untuk melakukannya secara rutin, agar hasilnya terlihat.

7. Merawat Kulit Kepala dan Rambut

Kadar pH pada rambut juga memiliki angka ideal. Penggunaan produk perawatan rambut yang memiliki pH tinggi dapat menyebabkan rambut kusam dan rusak. Ampas kopi mampu mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. 

Cara pengaplikasian ampas kopi untuk kesehatan rambut juga terbilang mudah. Bilas rambut Sobat Pintar dengan kopi yang bersuhu normal, kemudian gosok-gosokan ampas kopi yang berada di kepala. Ampas kopi harus mengenai kulit kepala agar khasiatnya terasa.

Baca juga artikel: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Kegunaan Ampas Kopi Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Selain untuk kebutuhan perawatan kulit, ampas kopi juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Ampas kopi memiliki beberapa fungsi dalam rumah tangga. Berikut beberapa fungsinya:

1.Menetralkan Bau

Zat arang yang dihasilkan dari proses pembakaran kopi memiliki fungsi menyerap bau. Oleh karena itu ampas kopi mampu dimanfaatkan untuk menetralkan bau tidak sedap yang ada di rumah Sobat Pintar. 

Sobat Pintar dapat menaruh ampas kopi di sebuah wadah, lalu menempatkannya di beberapa titik tertentu, seperti lemari es atau laci kamar tidur. Selain ditaruh di wadah, agar lebih fleksibel kamu dapat menaruh ampas kopi kering ke dalam kaos kaki lalu mengikat dan menggantungnya sebagai penyegar udara ruangan portable.

2.Membersihkan Panci dan Wajan

Tekstur dari ampas kopi yang kasar, dapat membantu pekerjaan rumah Sobat Pintar seperti mencuci peralatan memasak yang terbuat dari stainless. Membersihkan bagian panci yang kotor cukup sulit karena bahan panci dan wajan yang terbuat dari besi dan logam. Bagian panci yang kotor dapat Sobat Pintar gosokan dengan ampas kopi hingga noda benar-benar hilang. Setelah noda pada panci hilang, Sobat Pintar dapat membilasnya hingga bersih.

3.Menjadi Pewarna Alami Pakaian

Tak banyak yang tahu bahwa ampas kopi juga dapat digunakan untuk mewarnai pakaian. Mungkin Sobat Pintar menjadi risih apabila mendapati pakaian Sobat Pintar terkena noda kopi. Namun, ternyata kopi bisa menjadi alternatif pewarna pakaian. Biasanya penggunaan kopi pada pewarnaan pakaian untuk menghasilkan warna vintage.

4.Memperbaiki Goresan Furniture

Ampas kopi juga memiliki fungsi untuk memperbaiki goresan pada furniture. Langkah-langkahnya yaitu dengan cara membuat pasta kental dengan ampas kopi dan air. Gosokkan pasta menggunakan kapas pada furnitur yang tergores. Biarkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian bersihkan dengan kain katun. 

5.Sebagai Scrub Pembersih Alami

Beberapa barang di perabotan Sobat Pintar, memiliki noda yang cukup sulit untuk dihilangkan. Sobat Pintar bisa menggunakan ampas kopi yang digunakan sebagai scrub untuk menggosok noda-noda membandel. Selain mampu menghilangkan noda, ampas kopi juga memiliki sifat anti bakteri.

6.Sebagai Pupuk Tanaman

Ampas kopi mengandung beberapa mineral yang dapat menjadi bahan untuk pupuk tanaman. Kompos yang terbuat dari ampas kopi mampu memberikan banyak nutrisi pada tanaman sehingga mampu tumbuh lebih subur.

Bagi para pecinta kopi, selain dapat menikmati minuman kopi, Sobat Pintar dapat memanfaatkan ampasnya untuk kebutuhan perawatan kulit, maupun untuk kebutuhan rumah tangga. Dari ampas kopi, Sobat Pintar juga dapat membuat produk dari ampas kopi yang bisa Sobat Pintar jual untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Namun, untuk membuat sebuah produk dibutuhkan modal yang cukup untuk proses pembuatan produk. Sobat Pintar yang belum memiliki modal yang cukup, dapat melakukan pinjaman dana online di Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman dana online yang proses pencairan dananya sangat cepat dan mudah. Sobat Pintar hanya perlu mendaftar akun di aplikasi Kredit Pintar, setelah itu Sobat Pintar hanya perlu menunggu 10 menit untuk mendapatkan pinjaman online Sobat Pintar. Sobat Pintar pun dapat mewujudkan impian Sobat Pintar memiliki usaha pengolahan manfaat ampas kopi dengan pinjaman dana online dari aplikasi Kredit Pintar. 

Baca juga artikel lain: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload