Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

25 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 06 May 2022

Kopi hitam menjadi salah satu minuman yang mengakrabkan dan menghangatkan suasana saat berkumpul bersama kawan dan kerabat. Di balik rasa pahitnya, ternyata ada manfaat minum kopi hitam untuk kesehatan.

manfaat minum kopi hitam

Kopi merupakan minuman yang paling populer di dunia. Di Indonesia ada banyak varietas kopi dari seluruh pulau. Masing-masing varietas kopi tersebut akan sangat nikmat jika disajikan sebagai kopi hitam.

Tidak seperti kopi susu kekinian pada umumnya yang mengandung banyak gula, kopi hitam dinilai memiliki rasa yang natural sehingga penikmatnya akan lebih mudah menikmati ciri rasa pada varian kopi tertentu. Dari sudut pandang kesehatan, penyajian kopi hitam tanpa gula juga sangat dianjurkan sebagai langkah pengendalian dan pencegahan diabetes.

Inilah berbagai manfaat minum kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan.

Baca juga: Jangan Buru-buru Dibuang! Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan Kulitmu

1.Minum Kopi Hitam, Bantu Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat minum kopi hitam adalah memperbaiki daya ingat. Untuk menikmati manfaat tersebut, kamu bisa membiasakan untuk minum kopi hitam tanpa gula setiap pagi sebelum bekerja.

manfaat minum kopi hitam

Bagi kamu yang akan menghadapi jadwal yang padat, manfaat minum kopi hitam sangat bisa dirasakan sebagai pemicu otak untuk bisa berkonsentrasi dengan baik. Banyak juga penelitian yang menyatakan bahwa kandungan kafein dalam kopi berkontribusi untuk mencegah penyakit demensia di usia senja.

2.Membersihkan Perut

Bagi beberapa golongan penikmatnya, mungkin manfaat minum kopi hitam yang satu ini bisa mengganggu kepentingan akibat munculnya rasa kurang nyaman di perut. Padahal, yang sebenarnya terjadi saat kita minum kopi hitam adalah perut terpicu untuk membersihkan diri secara alami.

Kopi memiliki kandungan yang dapat membersihkan perut dari berbagai macam racun. Akibatnya, racun-racun pada perut akan dikeluarkan lewat urine dan tinja. Dengan kata lain, tambahan manfaat minum kopi hitam tanpa gula bisa membantu kamu yang mengalami masalah BAB tidak rutin.

3. Kopi Hitam Bermanfaat Melindungi Kerusakan Organ Hati

Hati adalah organ yang membantu tubuh untuk membuang lemak dan racun. Artinya, jika kesehatan organ tersebut tidak dijaga, akan ada potensi penurunan fungsi organ yang mengakibatkan kerusakan.

Kopi hitam tanpa gula bisa jadi pilihan minuman yang cocok untuk mencegah kerusakan hati karena dapat memicu metabolisme tubuh agar bisa rutin melakukan pembuangan racun, termasuk yang terdapat pada organ hati. Dengan kata lain, salah satu manfaat minum kopi hitam tanpa gula adalah menjaga kesehatan organ hati.

Baca juga: Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan?

4. Membantu Hidup Lebih Lama

Secara umum, memang gaya hidup adalah salah satu faktor yang menentukan usia harapan hidup seseorang. Namun, antioksidan dalam kopi bisa dinikmati sebagai manfaat kopi hitam tanpa gula.

Antioksidan adalah kumpulan senyawa kimia yang membantu tubuh untuk melawan berbagai jenis racun dan zat pemicu kanker agar tidak diserap oleh tubuh. Dengan adanya zat tersebut, penikmat kopi bisa menikmati usianya lebih panjang karena tubuh punya cara menghalangi racun melalui segelas kopi.

5.Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein yang terdapat dalam kopi hitam memiliki kemampuan untuk merangsang sistem saraf,  memberi sinyal bagi tubuh untuk memecah lemak, dan meningkatkan adrenalin pada aliran darah. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Luton yang menyatakan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen, sehingga fisik kamu akan jauh lebih kuat dibandingkan sebelum meminum kopi hitam.

Jadi, bagi kamu yang rutin berolahraga bisa merasakan manfaat minum kopi hitam tanpa gula berupa peningkatan kinerja fisik yang tentunya juga akan meningkatkan performa olahraga.

6. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit kronis yang kerap diderita masyarakat Indonesia akibat gaya hidup yang tidak sehat, termasuk konsumsi gula berlebih. Dengan adanya pilihan kopi hitam tanpa gula, masyarakat bisa menikmati kopi yang dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

manfaat minum kopi hitam tanpa gula

Menariknya, ada penelitian yang menunjukkan manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang menyatakan bahwa penikmat kopi yang menikmati lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya bisa memiliki peluang 11% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Bagaimana, masih tertarik menikmati kopi dengan kandungan gula tinggi di pasaran?

Berbagai manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang diuraikan dalam artikel ini ternyata berpengaruh pada peningkatan kesehatan. Yuk, coba ganti pilihan kopimu ke kopi hitam tanpa gula untuk rasakan manfaatnya.

Baca juga: Simak Berbagai Manfaat di Balik Segarnya Teh Hitam


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

06 May 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download