Berbagai Jenis Kopi Dengan Kualitas Unggul yang Ada di Indonesia

04 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Menghabiskan waktu di coffee shop rasanya sudah menjadi bagian dari gaya hidup, tetapi sudahkah Anda mengetahui berbagai jenis kopi? Jika jawabannya adalah ‘belum’, maka penting halnya bagi Sobat Pintar untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar wawasannya makin luas.

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran coffee shop sudah menjamur dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Terlebih di era pandemi, transaksi pembelian kopi secara daring pun meningkat tinggi bak mercusuar di pinggir laut. 

Di balik harum dan nikmatnya kopi yang Anda minum, tentunya bermula dari biji kopi unggulan dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, ulasan singkat ini akan membahas berbagai jenis biji kopi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Kulit Dan Lainnya

Keunggulan Biji Kopi Indonesia

Sobat Pintar, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa berbagai jenis kopi asal Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara. Bahkan tidak sedikit pula turis mancanegara yang membawa pulang berbagai bungkus kopi hasil produksi masyarakat. Sungguh luar biasa bukan?

Lantas, faktor apa saja yang menyebabkan kopi asal Indonesia begitu moncer di kancah internasional?  Pada dasarnya, kopi yang enak hanya dapat disajikan jika biji kopinya pun memiliki kualitas yang baik atau unggul. Dengan letak geografis Indonesia, iklim tropis, berikut kualitas tanahnya, wajar halnya jika masyarakat dapat membudidayakan berbagai jenis biji kopi dengan kualitas unggul.

Secara umum, ada 3 faktor yang membuat kualitas kopi asal Indonesia menjadi unggul, yaitu:

  • Varietas yang beragam
  • Kualitas biji kopi
  • Varian rasa

Dari segi varietas, Sobat Pintar dapat menyaksikan sendiri betapa kayanya sumber daya alam di Indonesia. Kelima pulau utama yang membentang di lautan Indonesia telah memiliki varietasnya masing-masing. Sungguh hebat bukan?

Kualitas biji kopinya pun tidak perlu diragukan lagi. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Indonesia diuntungkan oleh letak geografis berikut struktur tanah dan iklim. Oleh karena itu, biji kopi yang dihasilkan dari berbagai daerah telah dirawat dan diproses dengan sedemikian rupa hingga menjadi layak untuk dikonsumsi.

Adapun dari segi rasa, jenis kopi asal Indonesia bisa disebut memiliki keunikan yang mungkin saja tak dimiliki oleh negara penghasil kopi lainnya. Faktor yang satu ini berkaitan dengan varietas yang beragam. Contohnya saja yakni ada kopi yang memiliki cita rasa coklat bahkan pedas.

Dengan beragam keunggulan di atas, maka tidaklah mengherankan jika kopi Indonesia banyak dicari. Tidak hanya oleh masyarakat kita sendiri, tetapi peminat dari luar negeri pun juga luar biasa. Oleh karena itu, kopi menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan hingga saat ini dan sudah terbukti mampu menghidupi banyak orang. 

Baca juga: Kopi‌ ‌Baik‌ ‌atau‌ ‌Buruk‌ ‌Untuk‌ ‌Tubuh?‌ ‌Ini‌ ‌Efek Minum Kopi

Jenis Kopi di Indonesia

Setelah mengetahui keunggulannya, kini saatnya beranjak untuk mengetahui jenis kopi di Indonesia. Setelah membaca ulasan ini, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar mulai mengenali atau mengidentifikasi kopi yang Anda konsumsi. Entah yang dibuat sendiri di rumah atau pun yang dinikmati di coffee shop terdekat.

  1. Arabika

Kopi dengan jenis yang satu ini tentunya sudah familiar bagi Sobat Pintar. Ada banyak daerah yang menghasilkan kopi arabika. Contohnya yakni Aceh, Jawa, dan Toraja.

Adapun tingkat keasaman (acidity) yang dihasilkan oleh kopi jenis ini cukup tinggi. Oleh karena itu, jika Sobat Pintar meminumnya, akan ada rasa asam yang tertinggal di lidah. Adapun tingkat keasaman berikut cita rasanya dapat berbeda tergantung daerah penghasilnya.

  1. Robusta

Sama halnya dengan arabika, jenis yang satu ini tentunya juga sudah tidak asing bagi Sobat Pintar. Bahkan Anda tidak perlu repot-repot ke coffee shop, cukup pergi saja ke minimarket terdekat dan Sobat Pintar akan menemukan beragam bungkus kopi robusta.

Berbeda dengan arabika, tingkat keasaman pada jenis robusta cenderung lebih rendah. Oleh karena itu, jenis yang satu ini biasanya menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang belum atau bahkan tidak terbiasa mengonsumsi kopi. Adapun daerah penghasilnya yakni Toraja dan Lampung.

  1. Liberika

Jenis kopi liberika mungkin masih belum familiar atau terasa asing bagi Sobat Pintar. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Liberia, Afrika Barat. Walaupun demikian, berbagai karakteristik yang dimilikinya membuat varietas yang satu ini tetap bisa tumbuh subur di Indonesia.

Dari segi ukuran, biji liberika jauh lebih besar daripada arabika dan robusta. Tidak hanya buahnya saja, ukuran pohon secara keseluruhan bahkan juga lebih besar dibandingkan varietas lainnya.

Di samping itu, liberika bahkan mampu berbuah sepanjang tahun tanpa harus menunggu musim tertentu. Dengan demikian, petani kopi tidak perlu pusing tujuh keliling atau garuk-garuk kepala karena produksi dapat berlangsung sepanjang tahun. Adapun liberika dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah.

Namun satu hal yang patut disayangkan dari liberika adalah kualitas buahnya, yakni cenderung lebih rendah dibandingkan varietas lainnya. Walaupun demikian, bukan berarti liberika menjadi tidak nikmat untuk dikonsumsi, ya! 

  1. Excelsa

Jika dilihat sekilas, namanya memang mirip dengan salah satu jenama kopi terkenal di Indonesia. Namun Sobat Pintar jangan sampai salah sangka, ya!

Sama halnya dengan liberika, kopi yang satu ini juga berasal dari Afrika Barat. Proses budidayanya pun juga cenderung lebih mudah karena rentan dari berbagai penyakit. Adapun kopi ini banyak ditemukan di Provinsi Jambi.

  1. Luwak

Jika ingin menikmati kopi ini, maka Sobat Pintar harus merogoh kocek yang cukup dalam. Mengapa demikian? Karena kopi luwak adalah salah satu kopi termahal di dunia.

Harganya yang mahal memang sepadan dengan cita rasa yang dihasilkan. Proses pembuatannya pun tidak main-main. Biji kopi unggulan dihasilkan melalui proses pencernaan secara alami oleh hewan luwak. Dengan proses yang ribet seperti itu, wajar halnya jika sebungkus kopi luwak dihargai dengan nominal yang ‘wow banget’.

Jangankan sebungkus kopinya (baik versi bubuk atau biji), harga secangkirnya saja sudah akan membuat Anda mengelus dada. Namun ditegaskan kembali bahwa harga tersebut sepadan dengan proses produksi yang rumit berikut cita rasa yang dihasilkan.

Baca juga: Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Kini Anda sudah mengetahui berbagai jenis kopi unggulan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, Sobat Pintar sudah tidak penasaran lagi dengan asal mula dari kopi yang dikonsumsi setiap harinya. Akhir kata, usahakan agar selalu membeli kopi produksi lokal sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan industri di Indonesia.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download