Waspada Pos Anggaran Tidak Terduga pada Perayaan Valentine

14 Feb 2018 by Edwin

Sebagian orang mungkin tidak merayakan valentine. Namun bagi beberapa orang lainnya, hari kasih sayang ini merupakan sebuah moment yang spesial. Segala sesuatu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Apakah kamu salah satunya?

Jika kamu memang merayakan valentine, waspadalah pada beberapa hal berikut, karena dapat menyebabkan defisit pada beberapa pos anggaran yang mungkin sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari.

Apa saja pos-pos anggaran tersebut?

Setidaknya ada 3 pos anggaran tidak terduga yang sering terjadi pada perayaan valentine, yaitu:

  1. Naiknya Harga
    Beberapa barang-barang yang naik harga selama perayaan valentine antara lain adalah coklat, beberapa restoran, dan tiket masuk tempat wisata, ataupun tempat hiburan (bioskop, kafe, dan arena bermain).Walaupun kenaikan harganya tidak signifikan, namun “hype” perayaan valentine kadangkala membuat orang lupa akan sesuatu yang kita sebut anggaran. Alhasil neraca pengeluaran membengkak sangat besar.Untuk mengatasi hal tersebut, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memberikan batasan yang jelas besaran pengeluaran belanja selama perayaan kasih sayang ini.
  2. Kolestrol dan Gula Darah
    Kamupun harus mewaspadai meningkatnya kolestrol dan gula darah selama perayaan valentine ini. Jangan sampai 2 masalah tersebut menyebabkan kamu harus berurusan dengan biaya perawatan di rumah sakit.Selain itu, perayaan valentine secara penelitian menyebabkan naiknya berat badan seseorang sebesar 5-10 persen. Hal ini dapat menyebabkan kamu yang menjaga bentuk tubuh harus mengeluarkan biaya dan waktu yang ekstra untuk melakukan diet ataupun olahraga.
  3. Keinginan Membeli Barang yang Tidak Perlu
    Pada perayaan valentine, banyak sekali barang yang dijual dengan paket yang unik, lucu, dan menggemaskan. Hal ini bertujuan untuk menarik hatimu agar mau membeli barang-barang tersebut.Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan apakah kamu memang membutuhkan suatu barang dan hendak membelinya karena manfaat barang tersebut, atau karena tertarik dengan bentuk barang yang ditawarkan.

Untuk mengatur biaya-biaya tak terduga selama perayaan valentine, ada baiknya untuk memberikan pengaturan yang ketat pada keuangan yang kamu miliki.

Mengatur Keuangan dengan Fintech

Kamu bisa manfaatkan fintech untuk mengatur keuanganmu loh. Bagaimana caranya?

Kamu bisa mencoba membeli barang-barang melalui situs-situs online yang memang bekerja-sama dengan beberapa fintech dan payment gateway. Dengan demikian, kamu bisa melihat total tagihan yang harus dibayarkan agar pesanan dapat diproses.

Dengan cara ini, kamu akan bisa melihat seberapa besar pengeluaran yang hendak kamu lakukan. Dan akan membuatmu lebih bijak memilih di antara:

  • Memproses pesanan tersebut
  • Membatalkan pesanan tersebut
  • Atau memproses pesanan tersebut, namun dengan sistem pembayaran lainnya (misalnya dengan skema cicilan)

Dengan pembiayaan secara cicilan, dana yang kamu miliki bisa dialokasikan kepada keperluan lain yang pastinya lebih bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload