Kapan Imlek dan Ucapan Imlek 2022 Penuh Makna

27 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 09 Jan 2022

Berdasarkan SKB 3 Menteri, Hari Raya Imlek ditetapkan pada tanggal 1 Februari 2022. Imlek adalah perayaan tahun baru china yang dirayakan sebagai ungkapan syukur dan harapan mendapatkan rezeki yang berlimpah. Di Indonesia Imlek ada dan mulai diresmikan sebagai hari raya pada masa Orde baru. Mulai pemerintahan Abdurahman Wahid perayaan Imlek resmi menjadi hari libur nasional dan menjadi perayaan yang di meriahkan secara universal. Kemeriahaan dan nuansa Imlek menghiasi di penjuru kota dengan warna warni merah, emas. Selain itu juga kemeriahan Imlek sudah menjadi setara dengan tahun baru Masehi, tahun baru Islam yang di hiasi dengan mengirimkan ucapan – ucapan selamat.

Kapan Imlek dan Ucapan Imlek 2022 Penuh Makna

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai “malam pergantian tahun”. Tahun Baru Imlek sebagai hari libur besar untuk masyarakat  Tionghoa memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di negara – negara sekitar Tionghoa termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang. Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi masyarakat Tionghoa yang signifikan, dan telah menjadi bagian dari tradisi. 

Imlek sendiri bermula sebelum Dinasti Qin, kemungkinan kemungkinan di mulai bulan satu semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di kalender suryacandra Tionghoa. Dalam kalender Tionghoa, titik balik mentari musim dingin harus terjadi pada bulan 11, yang berarti tahun baru Imlek biasanya jatuh pada bulan baru kedua setelah titik balik mentari musim dingin (dan kadang yang ketiga jika pada tahun itu ada bulan kabisat).  Dalam kalender Gregorian, tahun baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya, antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. 

Tahun Baru Imlek di hubungkan dengan daur 12-tahun masing-masing shio hewan dan daur 10-tahun batang surgawi. Setiap surgawi dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen perbintangan Tionghoa, yaitu: kayu, api, tanah, logam, dan air. Unsur-unsur tersebut diputar setiap dua tahun sekali, sementara perkaitan yin dan yang silih berganti setiap tahun. Itulah kenapa kita sering mendengar tahun Imlek 2022 adalah tahun Shio Macan Air.

Berikut  pola penganggalan tahun baru imlek yang di kaitkan dengan daur 12 tahun masing – masing dengan Shio : 

  1. Sio Tikus   25 Januari 2020   11  Februari 2032
  2. Sio Kerbau  12 Februari 2021   31  Januari 2033
  3. Sio Macan   1  Februari 2022   19  Februari 2034
  4. Sio Kelinci   22 Januari 2023     8   Februari 2035
  5. Sio Naga   10  Februari 2024  28  Januari  2036
  6. Sio Ular   17 Februari 2025 4   Februari 2037
  7. Sio Kuda   6  Februari 2026 24  Januari  2038
  8. Sio Kambing   6 Februari 2027   24 Januari 2039
  9. Sio Monyet    26  Januari 2028 12 Februari 2040
  10. Sio Ayam    13  Februari 2029 1 Februari 2041
  11. Sio Anjing   25 Januari 2030     22  Januari  2042
  12. Sio Babi    23 Januari 2031     10 Februari 2043

Bagi masyarakat Tionghoa semua tahun Imlek memiliki makna yang berbeda – beda, dan diyakini menjadi tahun  penuh berkat dan kebaikan. Bagi yang percaya biasanya  setiap tahun ada Sio yang mendapatkan keberuntungan pada tahun imlek berjalan, dan di tahun Macan air ini ada beberapa sio yang dipercaya mendapatkan banyak keberuntungan. 

Bagi masyarakat Indonesia kemeriahan perayaan Imlek juga dihiasi berbagai ornamen Imlek, lampion, barongsai, kembang api dan aneka makanan khas Imlek serta berbagai rangkaian acara – acara di berbagai tempat masyarakat tionghoa, dan juga biasanya dengan saling mengirim ucapan tahun baru, dan berikut  ucapan tahun baru Imlek yang umum yang biasa dikirimkan : 

Baca juga: Tips Mengatur Budget saat Hari Raya Imlek

“Gōngxǐ fācái” Selamat Tahun Baru  (bahasa Mandarin)

“Kung hei fat choi” Selamat Tahun Baru  (bahasa Kantonis)

“Kiong hi huat cai” Selamat Tahun Baru  (bahasa Hokkien)

“Kiong hi fat choi” Selamat Tahun Baru  (bahasa Hakka)

“Xīnnián kuàilè “Selamat Tahun Baru”

“Guònián hǎo “Selamat Tahun Baru”

“Chūnjié hǎo “Selamat Festival Musim Semi”

“Bàinián le”  “Salam Tahun Baru”

“Bàinián la””Selamat Tahun Baru”

Dan ucapan selamat tahun baru tersebut di hiasi dengan ucapan – ucapan doa untuk membuat ucapan tahun baru menjadi semakin bermakna dan menjadi doa : 

  1. Selamat Tahun Baru China. Sehat dan sukses selalu  di tahun 2022. Semoga semua mimpi menjadi kenyataan senantiasa diberi keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran.
  2. Gong Xi Fa Chai. Sambut Tahun Baru dengan penuh bersukacita, gembira, dan prestasi di awal tahun. Semoga Semua impian terwujud di tahun ini.
  3. Selamat Tahun Baru Imlek 2022 Semoga Tuhan mencurahkan berkat, damai, sukacita dan diberkati di sepanjang tahun. Masa depan yang penuh harapan, kesuksesan dan kebahagiaan 
  4. Selamat Tahun Baru Imlek 2022, kedamaian, kebahagiaan, dan kesuksesan senantiasa menyertai kerja, usaha dan seluruh aspek kehidupan. Semoga kesejahteraan, kebahagiaan dan sukacita berlimpah untuk seluruh keluarga.
  5. Gong Xi Fa Chai, Selamat Tahun baru Imlek 2022, harapan dan doa terindah di tahun yang penuh berkat dan sukacita, sepanjang tahun penuh pengharapan dan pencapaian terbaik dalam pendidikan, pekerjaan, dan usaha dalam keluarga Anda
  6. Gong Xi Fa Chai, Selamat Tahun Baru Imlek 2022 Satukan hati, pikiran dan tindakan mewujudkan impian – impian di tahun 2022 , sukacita dan harapan di tahun –  tahun penuh berkat dalam mencapai dan mewujudkan impian.
  7. Gong Xi Fa Chai, Sukacita, Damai dan Sejahtera menyertai hari – hari di sepanjang tahun 2022. Selamat tahun Baru Imlek 2022 penuh harapan dan sukacita untuk keluarga, impian dan doa terwujud.

Ucapan Tahun Baru Imlek dengan Bahasa Inggris :

  1. Yi Fan Feng Shun – Wish you everything is running well and smoothly. I hope in this year you get lots of luck, success, and longevity.
  2. Cai Yuan Guang Jin – Wish you have abundance of wealth,  I hope in this year yu get lots of luck, success, and longevity.
  3. Ta Ji Ta Li – Wish you have a great luck dan great live, health, happiness, prosperity abounds in your life
  4. Shen Yi Xing Long – May you have prosperous business, health, happiness, Prosperity abounds in your life. 
  5. Xin Xiang Shi Cheng – May all your wishes comes true, another year gone by, another year about to start and another set of opportunities being provided to you for realizing all your unfulfilled dreams. 
  6. Shen Ti Jian Kang – Wish you always healthy,  lucky, and longevity
  7. Nian Nian You Yu – May you have abundance year after year

Dan masih banyak lagi ucapan tahun baru Imlek yang berisikan ucapan selamat, doa dan pengharapan.

Dengan ucapan tahun baru Imlek memberikan makna lebih dalam dan energy positif bagi yang menerimanya, memperkuat keyakinan dan kepercayaan diri dalam melangkah di tahun 2022.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download