Jadwal Libur Cuti Bersama Lebaran 2022

27 Apr 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 27 Apr 2022

Memasuki akhir Ramadan, artinya libur cuti bersama Lebaran 2022 sudah di depan mata. Libur cuti bersama di tahun ini merupakan momen spesial mengingat pada pandemi 2020-2021 pemerintah menghapuskan kebijakan tersebut guna membatasi mobilitas masyarakat sebagai pencegahan penularan COVID-19.

libur cuti bersama lebaran 2022

Jadi, tak heran jika tahun ini banyak masyarakat yang menanti informasi libur cuti bersama Lebaran 2022. 

Baca juga : Daftar Hari Libur Nasional 2022

Kapan Libur Cuti Bersama Lebaran 2022?

Ketetapan cuti bersama Lebaran 2022 dibuat oleh 3 menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Libur cuti bersama Lebaran 2022 ditetapkan pada 29 April 2022 dan 4 hingga 6 Mei 2022.

Sementara itu, sebelumnya pemerintah telah menetapkan libur Idulfitri pada 2 hingga 3 Mei 2022. Masyarakat menyambut dengan baik keputusan tersebut mengingat telah 2 tahun pemerintah meniadakan kebijakan cuti bersama. 

Bolehkah Mudik Selama Libur Cuti Bersama Lebaran 2022?

Jumlah hari libur Lebaran dan cuti bersama Lebaran 2022 terbilang cukup panjang, yaitu 8 hari. Kabar gembiranya, pada tahun ini masyarakat diizinkan untuk mudik dengan memenuhi persyaratan tertentu sebagai berikut.

  1. Masyarakat yang telah memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, diizinkan untuk tidak melakukan pemeriksaan swab Antigen/PCR sebelum mudik.
  2. Bagi masyarakat yang baru menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua, wajib melampirkan hasil negatif dari tes rapid antigen yang dilakukan 1×24 jam sebelum perjalanan atau tes PCR yang dilakukan 3×24 jam sebelum perjalanan.
  3. Bagi masyarakat yang baru menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama atau memiliki penyakit bawaan sehingga belum menerima vaksinasi Covid-19, wajib melampirkan hasil tes negatif PCR yang dilakukan 3×24 jam sebelum perjalanan.

Baca juga : Tips Berlibur Selama Lebaran dengan Budget Tipis

Tips Mudik Aman dan Nyaman Selama Cuti Bersama

Bagi beberapa orang, mudik adalah tradisi yang paling dinanti, namun ada juga yang membutuhkan penyesuaian untuk mempersiapkan keperluan mudik, terlebih saat pandemi COVID-19 masih ada.

libur cuti bersama lebaran 2022

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjadikan momen mudik terasa aman dan nyaman.

1. Tentukan moda transportasi

Selama mudik, tentu akan ada puncak arus mudik dan arus balik. Oleh karenanya, jika kamu pemudik antar provinsi/antar pulau, sebaiknya pilihlah moda transportasi yang tepat. Moda transportasi yang tepat tidak hanya memberikan kenyamanan selama perjalanan namun juga efektivitas penggunaan anggaran selama mudik. 

2. Usahakan telah melengkapi vaksinasi Covid-19

Pemerintah telah menetapkan sejumlah syarat perjalanan mudik terkait vaksinasi Covid-19. Dapat kita lihat bahwa masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga memiliki kemudahan untuk melakukan perjalanan mudik tanpa harus melampirkan keterangan negatif dari tes antigen maupun PCR.

Oleh karenanya, sebelum melakukan perjalanan mudik, usahakan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga. Atau, jika memungkinkan, ikutilah vaksinasi on the road yang dapat ditemui selama perjalanan mudik.

Agar bisa lolos screening vaksinasi, pastikan kamu dalam keadaan sehat, memiliki tekanan darah stabil dan tidak mengalami gejala batuk, pilek, dan demam selama 7 hari ke belakang.

3. Bagi pengendara mobil, cek kendaraan dan rute perjalanan

Mobil adalah salah satu pilihan transportasi mudik yang cukup terjangkau untuk keluarga. Dengan memilih mobil sebagai transportasi mudik, pastikan bahwa kendaraan berada dalam keadaan yang optimal untuk melakukan perjalanan jauh. 

Selain itu, cek rute perjalanan menuju kampung halaman, terlebih jika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan mendekati puncak arus mudik agar bisa menghindari kemacetan. 

4. Catat nomor telepon penting

Meskipun sudah mempersiapkan mudik dengan baik, namun ada baiknya kita berjaga-jaga untuk melakukan mitigasi jika ada hal yang tidak diinginkan menimpa selama perjalanan. Salah satu langkah mitigasi yang bisa dipersiapkan adalah dengan mencatat berbagai nomor telepon penting berikut ini.

  1. Pusat krisis kementerian kesehatan : 0812 1212 3119
  2. Layanan ambulans : 118 atau 119
  3. Pertamina delivery service : 135
  4. Informasi jalan tol : 0813 8006 8000
  5. Jasa marga : 14080

5. Bawa perlengkapan dan peralatan kesehatan

Dikarenakan mudik tahun ini masih berdampingan dengan kasus Covid-19 yang belum usai, pastikan bahwa kamu membawa perlengkapan dan peralatan kesehatan yang berguna sebagai P3K dan protokol pencegahan penularan Covid-19, seperti; kotak P3K, stok masker untuk digunakan selama mudik, hand sanitizer, disinfektan, oksigen portabel jika perlu.

6. Istirahat cukup untuk menjaga kesehatan

Saat perjalanan mudik, usahakan untuk memiliki waktu istirahat cukup agar bisa menjaga kesehatan selama mudik hingga pulang kembali ke perantauan. Usahakan untuk tetap bisa makan sehat selama mudik dan konsumsi multivitamin bila perlu.

Baca juga:  Cara Pulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Itulah informasi lengkap tentang libur cuti bersama Lebaran 2022 dan panduan umum mudik 2022. Semoga kita semua bisa menikmati cuti bersama dalam keadaan sehat dan bahagia dalam sucinya suasana Idulfitri. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

27 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download