Urutan Presiden Indonesia dan Gaya Kepemimpinanya

22 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Lebih dari 76 tahun merdeka, tahu gak sih siapa saja urutan presiden Indonesia? Seperti yang kita tahu, pergantian presiden atau wakil presiden turut mewarnai perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. 

Sebelum adanya amandemen UUD 1945, presiden dan wakil presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Akan tetapi, sejak tahun 2004 mekanisme tersebut berubah. Presiden dan wakilnya dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum (Pemilu).

Sejak kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Indonesia telah dipimpin oleh 7 orang presiden dengan ide, kebijakan, dan gaya kepemimpinan yang berbeda. Namun, satu hal yang sama yaitu semua mengupayakan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Banyak yang memuji, tetapi tak sedikit pula yang menghujat. Untuk mengetahui urutan presiden Indonesia beserta gaya kepemimpinan dan prestasinya, artikel berikut akan merangkumnya untuk kalian sebagai tambahan wawasan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Urutan Pangkat Polisi, Gaji, dan Lambang Lencananya

Tujuan Indonesia Merdeka

Setelah dijajah selama berabad-abad, kemerdekaan menjadi jembatan emas menuju Indonesia yang lebih baik khususnya untuk kelangsungan hidup rakyatnya.  Dari sana, ambisi Indonesia untuk mencapai tujuan menjadi misi bagi presiden dan segenap jajarannya.

Sebelum membahas urutan presiden Indonesia beserta gaya kepemimpinan dan prestasinya, terlebih dahulu kita ulas sebenarnya apa sih tujuan akhir yang ingin dicapai dalam bernegara? Yang mana, ini menjadi fokus presiden yang menjabat.

Tujuan Indonesia merdeka sebenarnya sering kamu dengar setiap Senin saat dilakukan upacara bendera, tepatnya saat dibacakan Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945. Perlu kamu tahu bahwa awalnya UUD 1945 disebut Piagam Jakarta atau Jakarta Charter yang disusun oleh panitia Sembilan dalam sidang BPUPKI 22 Juli 1945.

Penasaran di bagian mana? Silakan kamu membuka teks Pembukaan UUD 1945 dan fokus pada Alinea ke-4. Tujuan Indonesia merdeka adalah:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

Di sini, negara diharapkan hadir sebagai pelindung rakyat dari segala macam ancaman yang ada, terutama masalah keamanan.

  • Memajukan kesejahteraan umum

Rakyat Indonesia diharapkan lebih sejahtera setelah melalui masa sulit penjajahan. Kesejahteraan dapat diraih dengan adanya kolaborasi dan kerja sama antar komponen bangsa.

  • Mencerdaskan kehidupan bangsa

Bukan hal yang perlu diragukan jika pendidikan merupakan aspek penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dengan majunya pendidikan di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

  • Melaksanakan ketertiban dunia

Tujuan terakhir menunjukkan bahwa Indonesia menjadi bagian dari penduduk dunia yang harus bisa saling menghormati dan menjalin kerja sama guna mewujudkan perdamaian dunia. 

Baca juga: Kementerian Investasi: Siapa dan Apa Tugas Mereka?

Urutan Presiden Indonesia dan Prestasinya

1. Ir. Soekarno – Drs. Moh Hatta

Pasangan presiden pertama sekaligus bapak proklamator Indonesia menjabat dari 18 Agustus 1945 sampai 12 Maret 1967. Sayangnya, pada 1 Desember 1956, Bung Hatta mengundurkan diri. 

Gaya kepemimpinan presiden Soekarno sering menjadi sorotan. Hal ini karena karakteristik dan kepribadiannya yang berani, tegas, cerdas, dan karismatik sangat terasa. Julukan orator ulung juga disematkan padanya. Ini terlihat jelas dari gaya pidatonya yang memukau dan percaya diri. 

Tak hanya itu saja, beliau terkenal dengan sifatnya yang bijaksana dan berkepala dingin membuat segala permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan tanpa pertengkaran. 

Urutan Presiden Indonesia dan Gaya Kepemimpinanya

Sayangnya, presiden Soekarno sering dianggap kurang hati-hati dan ceroboh dalam mengambil keputusan. Beberapa kali ia mendapat tanggapan kurang baik dari rakyatnya karena keputusan-keputusan yang diambil. 

Di masa kepemimpinan Presiden Soekarno, Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955. Beliau juga yang mencetuskan ide pembangunan Monumen Nasional (Monas) untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia meraih kemerdekaan.

Selain itu, prestasi yang beliau torehkan yaitu berhasil menarik wilayah Papua Barat menjadi bagian dari Indonesia tepatnya pada 1 Mei 1963. 

2. Presiden Soeharto

Urutan presiden Indonesia kedua adalah presiden Soeharto yang menjadi presiden pertama dari kalangan militer sekaligus presiden dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah bangsa Indonesia. 

Selama menjabat, Presiden Soeharto didampingi oleh 6 wakil presiden yaitu:

  • Sri sultan Hamengkubuwono IX  
  • Adam Malik 
  • Umar Wirahadikusumah 
  • Soedharmono 
  • Try Sutrisno 
  • B.J Habibie 

Gaya kepemimpinan presiden Soeharto yang paling terkenal adalah tidak banyak bicara, berwibawa, dan murah senyum. 

Pada masa kepemimpinan urutan presiden Indonesia kedua ini, beliau berhasil membawa Indonesia menjadi Macan Asia dengan swasembada beras. 

Selain itu, presiden Soeharto mengutamakan stabilitas politik dan keamanan untuk pembangunan ekonomi. Pada saat itu, harga-harga kebutuhan pokok bisa terjangkau. Presiden Soeharto juga dikenal sebagai bapak Pembangunan Nasional.

3. BJ. Habibie

Bapak Habibie menjadi presiden untuk menggantikan Presiden Soeharto yang lengser pada 21 Mei 1998. Pada era ini, dikenal dengan nama reformasi. Sebelum masa pergantian presiden, banyak terjadi demonstrasi rakyat terutama oleh para mahasiswa. 

BJ. Habibie yang menjadi urutan presiden Indonesia ketiga ini merupakan orang yang jenius, mudah bergaul, dan ulet. Keahliannya dalam dunia penerbangan dan pesawat tak perlu diragukan lagi. Beliau dijuluki dengan Mr. Crack karena berhasil menemukan teori crack pada pesawat.

Pada masa kepemimpinan presiden Habibie, rakyat diberi kebebasan menyalurkan aspirasinya sehingga banyak bermunculan partai politik baru. Namun, banyak yang menyayangkan lepasnya Timor Timur di masa kekuasaan presiden Habibie.

4. Abdurrahman Wahid (Gusdur)

Gusdur menempati urutan presiden Indonesia yang menjabat pada 20 Oktober 1999-23 Juli 2001 bersama wakilnya, Megawati Soekarnoputri. 

Gaya kepemimpinan Gusdur yang dikenal adalah humanis, apa adanya, ceplas-ceplos, agamais, sederhana, dan menjunjung tinggi pluralisme. 

Tak hanya itu, Gusdur sangat mementingkan kaum minoritas dan tertindas di Tanah Air. Beliau berani melakukan pembelaan terhadap kaum Tionghoa yang mengalami kekerasan karena dianggap biang krisis ekonomi.

5. Megawati Soekarnoputri

Megawati merupakan presiden wanita pertama Indonesia yang menjabat pada 23 Juli 2001-20 Oktober 2004 bersama wakilnya Hamzah Haz.

Megawati dikenal dengan gaya kepemimpinan yang tenang dan tertutup. Akan tetapi, prestasi yang paling terkenal adalah lahirnya KPK pada tahun 2002.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Urutan presiden Indonesia keenam adalah bapak SBY yang menjabat 2 periode. Ia menjadi presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu pada tahun 2004.

Presiden SBY dikenal dengan karakteristiknya yang ramah, tegas, cerdas, santun, lembut, dan penuh dengan pemikiran. Ia juga terkenal dengan semangat demokrasi yang mengedepankan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan.

Urutan Presiden Indonesia dan Gaya Kepemimpinanya

Presiden SBY juga berhasil menyelesaikan krisis moneter di tahun 1998, menurunkan angka kemiskinan, dan tegas dalam menindak korupsi. Sedikitnya ada 200 kasus korupsi yang berhasil ditangani.

7. Joko Widodo

Jokowi masuk urutan presiden Indonesia yang ketujuh. Ia menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat ini, bersama Wapres Ma’ruf Amin, beliau mengemban tugasnya di periode kedua.

Urutan Presiden Indonesia dan Gaya Kepemimpinanya

Presiden Jokowi dikenal lugas, tegas, dan bijaksana serta selalu dekat dengan rakyatnya. Fokus pembangunan di era beliau yang paling dirasakan adalah perbaikan infrastruktur. Saat ini, pemulihan ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid menjadi tujuan yang harus segera dituntaskan.

Baca juga: Pengertian Pajak, Fungsi, dan Jenis

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download