Urutan Pangkat Polisi, Gaji, dan Lambang Lencananya

10 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 12 Jan 2022

Pada 2001, terjadi restrukturisasi besar-besaran Polri untuk menata kembali operasional dan pembagian kerja. Akibatnya, banyak nama pangkat polisi yang awalnya sama dengan pangkat TNI yang diubah dengan sebutan berbeda. Simak artikel ini untuk mengetahui urutan pangkat polisi Indonesia.

A picture containing person, outdoor, standing, group

Description automatically generated

Baca juga: Berapa Gaji Polwan Setiap Bulannya? Intip di Sini, Yuk!

Secara garis besar, urutan pangkat polisi dibagi menjadi 5 taraf: perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara, dan tamtama. Barulah kelima taraf ini dibagi-bagi lagi menjadi beberapa pangkat, sehingga totalnya menjadi 22 pangkat. Berikut urutan pangkat polisi dari yang tertinggi sampai terendah.

Taraf I: Perwira Tinggi

1. Jenderal Polisi

Gaji: Rp5,2 juta – Rp5,9 juta

Jenderal Polisi merupakan tingkat keempat (dalam hal ini maksudnya adalah yang tertinggi keempat tingkat) bagi perwira tinggi di Polri. Pangkat ini merupakan pangkat tertinggi dan disandang oleh satu orang saja yaitu Kapolri (Kepala Kepolisian Negara). Lambang Jenderal Polisi adalah 4 bintang emas.

2. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)

Gaji: Rp5 juta – Rp5,9 juta

Dahulu, pangkat tertinggi kedua ini disebut Letnan Jenderal Polisi, sama seperti pangkat kedua tertinggi dalam TNI yaitu Letjen. Namun sejak 2001, gelarnya diubah menjadi Komjen Pol. Lambang pangkat ini adalah 3 bintang emas.

Sekarang, jumlah Komjen Pol sudah diperbanyak. Beberapa peran yang dipegang masing-masing Komjen Pol antara lain Wakil Kepala Kepolisian negara, Inspektur Pengawasan Umum, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam), Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), dan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN).

3. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Gaji: Rp3,2 juta – Rp5,5 juta

Dalam Mabes Polri, pangkat Brigjen Pol disandang oleh perwira tinggi yang memimpin suatu korps. Di tingkat daerah, Brigjen Pol mengepalai Polda tipe A atau setingkat Mabes Polri. 

Lambang dari pangkat ini adalah 2 bintang emas.

4. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

Gaji: Rp3,2 juta – Rp5,4 juta

Dalam Mabes Polri, pangkat Brigjen Pol disandang oleh perwira tinggi yang memimpin suatu direktorat/biro. Di tingkat daerah, Brigjen Pol mengepalai Polda tipe B atau setingkat Mabes Polri. Lambang pangkat ini adalah 1 bintang emas.

Taraf II: Perwira Menengah

1. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Gaji: Rp3,1 juta – Rp5,2 juta

Sebelumnya, pangkat ini disebut Kolonel seperti dalam TNI. Yang memiliki pangkat ini ialah pejabat Polda, para Direktur, Kabid, dan Kapolres Metro. Lambang pangkat Kombes Pol adalah 3 bunga dalam segi lima warna emas.

2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Gaji: Rp3 juta – Rp5 juta

Sebelumnya, pangkat ini disebut Letnan Kolonel seperti dalam TNI. Yang memiliki pangkat ini antara lain Wakapolres Metro, Kapolres wilayah Kabupaten/Kota, Kapolsek Metro, dan lain-lain. Lambang pangkat Ajun Komisaris Besar adalah 2 bunga dalam segi lima warna emas.

3. Komisaris Polisi (Kompol)

Gaji: Rp3 juta – Rp4,9 juta

Pangkat Kompol setara dengan pangkat Mayor dalam TNI. Yang memiliki pangkat ini antara lain Pejabat Polresta/Polres, Kapolsek Metro wilayah hukum Polda Metro Jaya, dll. Lambang pangkat Kompol adalah 1 bunga dalam segi lima warna emas.

Baca juga: Info Daftar Gaji TNI AD dan Tunjangan yang Diterima

  1. Taraf III: Perwira Pertama

1. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Gaji: Rp2,9 juta – Rp4,7 juta

Pangkat AKP setara dengan Kapten dalam TNI. Untuk naik dari pangkat Iptu menjadi AKP, Iptu tersebut harus memiliki MDP dan MDDP serta pernah menduduki jabatan definitif eselon IVA. Lambang dari pangkat ini adalah 3 persegi panjang emas.

2. Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Gaji: Rp2,8 juta – Rp4,6 juta

Pangkat Iptu setara dengan Letnan Satu dalam TNI. Untuk naik dari pangkat Ipda menjadi Iptu, Ipda tersebut harus memiliki MDP dan MDDP serta pernah menduduki jabatan definitif eselon IVA. Lambang dari pangkat ini adalah 2 persegi panjang emas.

3. Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Gaji: Rp2,7 juta – Rp4,4 juta

Pangkat Ipda setara dengan Letnan Dua dalam TNI. Lambang dari pangkat ini adalah 1 persegi panjang emas.

Taraf IV: Bintara

Taraf Bintara ini juga terbagi lagi ke dalam dua sub-taraf: Bintara Tinggi dan Bintara. Yang termasuk Bintara Tinggi antara lain Aiptu dan Aipda. Sementara itu, yang termasuk Bintara antara lain Bripka, Brigpol, Briptu, dan Bripda.

1. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Gaji: Rp2,4 juta – Rp4 juta

Aipa merupakan Bintara Tinggi tingkat dua. Dahulu, pangkat ini disebut dengan Pembantu Letnan Satu (sebutan lama untuk Iptu). Jadi, tugas Aiptu sudah jelas adalah membantu Iptu. Lambang Aiptu seperti bentuk dua zigzag perak yang menyerupai huruf M yang lebar seperti pada gambar.

2. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aipda)

Gaji: Rp2,3 juta – Rp3,9 juta

Aipa merupakan Bintara Tinggi tingkat satu. Sama seperti Aiptu, dahulu pangkat ini disebut dengan Pembantu Letnan Dua (sebutan lama untuk Ipda). Jadi, tugas Aipda adalah membantu Ipda. Lambang Aipda sama seperti Aiptu namun hanya satu, seperti yang terlihat di gambar.

3. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Gaji: Rp2,3 juta – Rp3,7 juta

Urutan pangkat polisi yang selanjutnya adalah Brigadir Polisi Kepala. Bripka merupakan Bintara tingkat empat dan sebelum restrukturisasi disebut dengan nama Sersan Mayor. Lambang Brigadir Polisi Kepala merupakan 4 bentuk V terbalik warna perak.

4. Brigadir Polisi (Brigpol)

Gaji: Rp2,2 juta – Rp3,6 juta

Brigpol merupakan Bintara tingkat tiga. Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Sersan Kepala. Lambang Brigadir Polisi merupakan 3 bentuk V terbalik warna perak.

5. Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Gaji: Rp2,1 juta – Rp3,5 juta

Briptu merupakan Bintara tingkat dua. Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Sersan Satu. Lambang Brigadir Polisi Satu merupakan 2 bentuk V terbalik warna perak.

6. Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Gaji: Rp2,1 juta – Rp3,4 juta

Bripda merupakan Bintara tingkat satu. Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Sersan Dua. Lambang Brigadir Polisi Dua merupakan 1 bentuk V terbalik warna perak.

Taraf V: Tamtama

1. Ajun Brigadir Kepala (Abripka)

Gaji: Rp1,9 juta – Rp2,9 juta

Urutan pangkat polisi yang selanjutnya adalah Ajun Brigadir Kepala atau Abripka. Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Kopral Kepala. Pangkat Abripka memiliki lambang 3 bentuk V terbalik warna merah.

2. Ajun Brigadir Satu (Abriptu)

Gaji: Rp1,8 juta – Rp2,8 juta

Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Kopral Satu. Pangkat Abriptu memiliki lambang 2 bentuk V terbalik warna merah.

2. Ajun Brigadir Dua (Abripda)

Gaji: Rp1,8 juta – Rp2,7 juta

Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Kopral Dua. Pangkat Abripda memiliki lambang 1 bentuk V terbalik warna merah.

3. Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Gaji: Rp1,7 juta – Rp2,7 juta

Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Prajurit Kepala, seperti dalam struktur TNI. Lambang untuk pangkat ini adalah 3 jajar genjang miring berwarna merah.

4. Bhayangkara Satu (Bharatu)

Gaji: Rp1,7 juta – Rp2,6 juta

Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Prajurit Satu, seperti dalam struktur TNI. Lambang untuk pangkat ini adalah 2 jajar genjang miring berwarna merah.

5. Bhayangkara Dua (Bharada)

Gaji: Rp1,6 juta – Rp2,5 juta

Urutan pangkat polisi yang terakhir adalah Bhayangkara Dua atau yang biasa disingkat menjadi Bharada. Sebelum restrukturisasi Polri pada tahun 2001, pangkat ini disebut dengan nama Prajurit Dua, seperti dalam struktur TNI. Lambang untuk pangkat ini adalah 1 jajar genjang miring berwarna merah.

Baca juga: Besaran Gaji PNS Golongan 3A, Lengkap!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload