Rekomendasi 11 Film Horor Indonesia Terbaik!

06 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Genre film yang sangat melekat dengan masyarakat Indonesia adalah film horor. Sejak tahun 1980-an sampai saat ini terus bermunculan judul-judul yang baru. Tentu saja dengan kualitas yang semakin membaik. Tidak berlebihan jika scena film horor Indonesia masih merajai layar-layar bioskop di setiap daerah.

Baca juga: Tips Menulis Kreatif di Blog dan Contohnya

Selain horor, ada juga genre komedi dengan ciri khasnya sendiri. Dua genre ini juga punya peran cukup besar menghidupkan dunia sinema Indonesia. Banyak legenda perfilman yang lahir dari dua kategori ini sebut saja Suzzanna dan Warkop DKi.

Dalam 12 tahun terakhir, sedikitnya ada 6 film horor Indonesia yang berhasil menarik perhatian masyarakat. Berikut daftar-daftarnya:

6 Film horor indonesia terbaik tahun 2010 – 2020

Danur: I Can See Ghost (2017)

Risa Saraswati, Youtuber terkenal asal Bandung, sepanjang hidupnya dekat dengan hal-hal mistis. Dia menuangkannya ke dalam novel yang kemudian diadaptasi menjadi film berjudul Danur.

Danur menceritakan tentang teman-teman gaib risa yang bernama Janshen, Peter, dan William. Film Danur mendulang kesuksesan bahkan sampai masuk ke dalam jajaran film box office.

Berkat kesuksesannya pula Danur melahirkan dua film yang menjadi sekuelnya yaitu Danur 2: Madah dan Danur 3: Sunyaruri.

Pengabdi Setan (2017)

Tahun 2017 yang lalu, Joko Anwar menghadirkan kembali film horor Indonesia yang tayang dan booming di tahun 1981 berjudul Pengabdi Setan.

Dikisahkan ada seorang ibu yang meninggal akibat sebuah penyakit. Ternyata ibu tersebut adalah anggota dari sekte pemuja setan. Sepanjang satu tahun, tepatnya dari 2017 sampai 2018, Pemuja Setan terkenal sebagai film horor paling menyeramkan.

Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Film ini menceritakan tentang anggota satu keluarga yang tiba-tiba melihat berbagai kejadian aneh. Sebelumnya sang ayah mendadak mengeluarkan banyak beling dari mulutnya lalu meninggal dunia.

Mulai dari situ kehidupan anggota keluarga tersebut berubah 180 derajat. Seperti sang ibu yang sering mengalami keganjilan yang mistis.

Mereka pergi ke seorang dukun kampung untuk meminta pertolongan dan memecahkan misteri di balik kejadian aneh tersebut. Siapa sangka yang terjadi justru adalah petaka.

Cerita yang mencekam dalam film Kafir mendatangkan banyak pujian dari penikmat film horor Indonesia.

Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Tidak hanya mencekam, Sebelum Iblis Menjemput juga punya nuansa yang menyeramkan karena dibalut dengan adegan thriller dan juga gore. Film ini akan membuat penontonnya berteriak kengerian.

Alfie (Chelsea Islan), tokoh utama dalam film ini dikisahkan memiliki masa lalu yang kelam. Ayahnya pergi meninggalkan Alife dan menikah dengan perempuan lain setelah ibunya meninggal secara misterius.

Suatu hari Alfie menerima kabar yang menyebutkan bahwa ayahnya mengidap penyakit misterius. Ternyata kabar ini adalah awal dari terungkapnya rahasia mengejutkan yang membawa nasib mengerikan.

Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam rilis pada tahun 2019. Dini dan Maya, dua orang sahabat berhasil selamat dari percobaan pembunuhan keji. Setelah itu Maya pulang ke desa kelahirannya dengan tujuan mengunjungi rumah warisan miliknya.

Saat tiba di desa, Maya menemukan berbagai kejadian aneh yang perlahan-lahan mengungkap masa lalunya yang mengerikan.

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 (2020)

Meneruskan kesuksesan film pertamanya, Sebelum Iblis Menjemput 2 hadir menghibur kembali para penggemarnya. Penulis skenario serta sutradara dari film ini, Timo Tjahyano, mengangkat mitologi tentang iblis.

Dengan alur yang cepat, penonton dibuat tidak bisa mengalihkan perhatian terlalu lama saat menonton Sebelum Iblis Menjemput 2.

Rekomendasi 5 film horor indonesia yang wajib ditonton

Danur II: Maddah (2018)

Sekuel Danur I ini memiliki setting cerita satu tahun setelah film pertamanya. Risa dan adiknya sering bermain ke rumah bibi—adik dari orang tuanya. Setelah kunjungan yang kesekian kalinya, Risa pun merasa ada yang janggal dari suami bibinya, Ahmad.

Risa merasa Ahmad memiliki perilaku yang tidak wajar. Selain itu, bibinya mengalami trauma yang cukup hebat, sampai harus menjalani pengobatan. Setelah diusut lagi, penyebabnya adalah arwah gentayangan yang ditemui bibinya.

Seorang pemandi mayat, yang kebetulan indigo seperti Risa, memerintahkan Risa untuk melakukan maddah agar bisa mencium bau danur yang berasal dari arwah yang kuat. Pada akhirnya, diketahui bahwa Ahmad tengah diincar oleh arwah seorang Belanda yang lahir pada tahun 1903.

Elisabeth merasa Ahmad sangat mirip dengan pacarnya saat dia masih hidup. Saat periode pemutaran di bioskop, Danur II sukses menarik perhatian 2,5 juta pecinta horor Indonesia.

Jelangkung (2001)

Film Jelangkung adalah film yang hanya ditayangkan di bioskop Pondok Indah Mal Jakarta dan Blok M Mal, Setiap kali film ini diputar, antrian selalu mengular panjang sehingga tiket laku tidak tersisa sama sekali.

Pihak 21 melihat antusiasme penonton tersebut dan membeli hak tayang film Jelangkung sehingga dapat diputar di seluruh Indonesia. Setelah itu format film nya berubah menjadi seluloid dan ditayangkan di 25 kota.

Diceritakan ada empat sekawan yang hobi mendatangi tempat-tempat angker demi mengalami kejadian mistis secara langsung. Suatu hari, mereka tiba di desa Angkerbatu, Provinsi Jawa Barat. Lalu salah satu dari mereka, Soni, memanfaatkan ritual Jelangkung agar mendapatkan ilmu gaib.

Baca juga: 7 Manfaat Desa Wisata Bagi Masyarakat Pedesaan

Perilaku Soni ini kemudian mendatangkan malapetaka kepada teman-temannya yang lain. Meski rilis lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Jelangkung masih tidak membosankan untuk ditonton sampai saat ini.

Bangsal 13 (2004)

Nat dan Mina menabrak Hera, seorang gadis kecil, secara tidak sengaja. Untuk memberikan pertolongan kepada Hera, mereka membawa gadis itu ke salah satu rumah sakit. Sayangnya rumah sakit tersebut penuh dan sudah tidak bisa menerima pasien lagi.

Jalan satu-satunya hanyalah membuka Bangsal 13, bangsal yang selama ini dibiarkan tertutup. Selama menempati bangsal ini, mereka bertiga merasakan beberapa keanehan. Seperti pesan dari para suster bahwa mereka tidak akan merespon ketukan dari luar. Selain itu, ada larangan untuk mengetuk pintu dari dalam.

Namun Nat justru melanggar dua pesan tersebut sehingga kejadian menakutkan meneror mereka di Bangsal 13. Setidaknya, kamu harus menyaksikan film ini satu kali seumur hidupmu dan rasakan sensasinya sendiri.

Rumah Dara (2009)

Rumah Dara atau dikenal juga dengan Macabre adalah film horor yang sedikit berbeda dari film yang lainnya. Rumah Dara lebih mengusung genre thriller dengan seorang psikopat sebagai karakter antagonisnya.

Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari suami, istri, juga bayi mereka akan pergi liburan ke Bandung, Jawa Barat. Mereka pergi bersama dengan saudara dan teman-temannya yang lain.

Di perjalanan, rombongan mereka bertemu seorang gadis bernama Maya. Maya mengaku bahwa dirinya baru saja dirampok. Kemudian Maya diantarkan pulang ke rumahnya. Di rumah Maya, ada wanita bernama Dara yang menyambut mereka.

Dara adalah wanita misterius yang menimbulkan kecurigaan orang-orang di sekitarnya. Lalu rombongan keluarga tadi terjebak di dalam permainan Dara. Sebuah permainan yang mengancam nyawa. Sepanjang cerita, kamu akan disuguhi dengan berbagai adegan yang sadis dan berdarah-darah.

Pintu Terlarang (2009)

Marsha Timothy dan Fachri Albar menjadi pemeran utama dalam film Pintu Terlarang yang rilis tahun 2009. Dalam film ini, menceritakan tentang seorang pematung kelas atas bernama Gambil. Karya-karya patungnya yang memiliki tema ibu hamil sangat dikenal oleh para penikmat seni.

Suatu hari, Gambir dan istrinya Talyda harus kehilangan calon bayi karena istrinya mengalami keguguran. Kejadian ini kemudian menginspirasi Gambir untuk membuat patung dengan sosok ibu hamil.

Patung yang dibuat oleh Gambir sangat terlihat seperti asli, sehingga banyak orang mulai bertanya-tanya. Apalagi saat Gambir mulai dihantui oleh banyak kejadian aneh dalam hidupnya. Kemudian terungkaplah sebuah fakta mengejutkan bahwa di dalam setiap patung yang dia buat, ada janin bayi yang didapatkannya dari klinik Aborsi.

Baca juga: Keunggulan MAXstream Telkomsel dan Pengunaanya

Tidak bisa dipungkiri, 11 film horor Indonesia di atas patut disebut sebagai yang terbaik berdasarkan beberapa indikator. Untuk kamu yang senang menonton film bergenre horor. sangat disarankan menyaksikan semua film tersebut.

Demikian pembahasan mengenai film horor Indonesia terbaik yang direkomendasikan oleh banyak orang. Selamat menyaksikan, ya. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload