7 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan dengan Mudah

04 Oct 2021 by Laruan

Ada banyak sekali cara untuk Sobat Pintar agar bisa mendapatkan uang yang lebih banyak meskipun memiliki penghasilan yang relatif sedikit, salah satunya adalah dengan menabung. Ada beberapa tips menabung 1 juta per bulan yang akan membantu Sobat Pintar disiplin dalam hal menabung. Simak saja ulasan lengkapnya sebagai berikut!

7 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan dengan Mudah

Menabung adalah suatu cara untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit penghasilan untuk disimpan agar saat diperlukan nanti uang tersebut bisa lebih banyak. Dalam hal menabung memang harus memiliki ketekunan sendiri dan kedisiplinan untuk bisa menyisihkan uang agar bisa mengumpulkan tabungan di bank maupun hal lainnya. Selain itu, menabung juga bisa memberikan impact yang besar karena uang yang ditabung biasanya tidak akan terasa tapi semakin lama menabung tentu semakin besar juga uang yang bisa Sobat Pintar dapatkan.

Namun, untuk membiasakan diri menabung itu memang cukup sulit. Bahkan banyak orang yang gagal untuk bisa menabungkan uang nya karena memang menabung bukan hanya tentang menyisihkan uang untuk ditabung tapi juga menahan keinginan untuk membelanjakan uang terhadap suatu hal. 

Untuk itu, ada beberapa tips agar bisa menabung 1 juta per bulan untuk membantu Sobat Pintar membiasakan diri dalam menabung. Lalu tips nya apa saja sih? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut!

1. Ubah mindset

Hal pertama yang harus Sobat Pintar lakukan agar bisa mendisiplinkan diri dalam melakukan tips menabung 1 juta setiap bulan tentu Sobat Pintar harus mengubah mindset Sobat Pintar dulu. Dalam menabung memang banyak orang yang mengatakan jika Sobat Pintar harus menyisihkan penghasilan atau uang yang Sobat Pintar dapatkan untuk ditabung tapi dalam mindset perkembangan tentu cara itu akan relatif lama dan tidak bisa memberikan latihan disiplin untuk diri sendiri.

Jadi ubahlah mindset menabung dengan menyisihkan penghasilan untuk ditabung lalu sisanya digunakan sebagai keuangan untuk memenuhi sehari-hari. Dengan begitu, Sobat Pintar akan bisa konsisten dalam menabung dengan jumlah yang sama. Misalnya jika Sobat Pintar memiliki gaji 2 juta, lalu Sobat Pintar memutuskan untuk menabung 1 juta maka yang 1 juta sisanya harus Sobat Pintar gunakan dengan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, konsistensi dan rasa disiplin Sobat Pintar dalam menabung bisa lebih meningkat.

2. Memiliki catatan keuangan

Memiliki catatan keuangan artinya Sobat Pintar memiliki tujuan keuangan, pemasukan, pengeluaran dan bahkan anggaran dalam keuangan. Apakah Sobat Pintar sudah memilikinya? Jika sudah berarti Sobat Pintar adalah seseorang yang pintar untuk mengelola keuangan. Namun jika belum maka Sobat Pintar bisa membuat catatan-catatan keuangan mulai dari sekarang untuk bisa melakukan tips menabung 1 juta setiap bulan.

Mulailah dengan menentukan tujuan keuangan agar saat Sobat Pintar menabung bisa lebih bersemangat karena memiliki tujuan yang jelas. Selain itu, jika Sobat Pintar sudah menentukan tujuan keuangan maka Sobat Pintar bisa dengan mudah menemukan target dari tabungan. 

Selanjutnya buat juga catatan untuk pemasukan dan pengeluaran yang Sobat Pintar miliki setiap bulannya agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Setiap pemasukan dan pengeluaran yang Sobat Pintar miliki tentu memiliki impact terhadap keuangan maka Sobat Pintar harus bisa mengaturnya dengan baik. Terakhir, buat juga anggaran keuangan untuk satu bulan ke depan agar Sobat Pintar lebih mudah dalam mengatur uang dan menjalankan tips menabung 1 juta setiap bulan.

Sedang mencari laptop untuk belajar online? Intip rekomendasinya di sini.

3. Gunakan rekening khusus untuk menabung

Menabung bisa dilakukan dengan cara apa saja, termasuk dengan mengumpulkan tabungan di bank. Ada banyak keuntungan jika Sobat Pintar mengumpulkan tabungan di bank, mulai dari memiliki rasa disiplin tersendiri, keamanan yang terjaga dan bahkan ada beberapa hadiah yang bisa Sobat Pintar dapatkan. Namun tentu hal ini juga kembali lagi kepada diri sendiri, jika memang lebih suka menabung pribadi ataupun mengumpulkan tabungan di bank itu terserah.

Untuk Sobat Pintar yang lebih memilih menabung di bank, sebaiknya membuat rekening khusus untuk menabung karena hal ini bisa lebih memudahkan Sobat Pintar dalam menabung. Selain itu, menggunakan rekening yang berbeda saat menabung di bank bisa membuat catatan keuangan Sobat Pintar lebih terprediksi dengan baik sehingga tidak pusing untuk mengaturnya.

4. Memiliki kartu kredit

Bukan hanya rekening saja yang harus Sobat Pintar miliki untuk bisa menjalankan tips menabung 1 juta per bulan tapi memiliki kartu kredit juga bisa membantu Sobat Pintar dalam proses penabungan. Hal ini karena, proses pembelian barang lebih mudah jika dilakukan dengan kartu kredit yang nantinya akan lebih menguntungkan. Selain itu, ada banyak sekali layanan kartu kredit yang memberikan bonus kepada para penggunanya sehingga lebih menguntungkan untuk lebih berhemat dalam menggunakan uang.

Adapun layanan Kredit Pintar yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengajukan pinjaman uang agar bisa lebih menghemat Sobat Pintar dalam pembelian barang. Selain itu, dengan menggunakan Kredit Pintar juga Sobat Pintar bisa lebih mudah mendapatkan modal untuk suatu hal.

5. Selalu berhemat

Berhemat adalah salah satu tips menabung 1 juta setiap bulan agar semakin meningkatkan keuangan dalam tabungan. Dengan berhemat Sobat Pintar bisa memiliki uang lebih untuk bisa ditabung. Selain itu, berhemat juga adalah salah satu cara untuk bisa bertahan hidup dengan tidak membuang-buang uang untuk suatu hal yang tidak terlalu penting. 

Biasakan untuk mulai berhemat dari sekarang dengan memanfaatkan berbagai hal sebagai dukungannya, mulai dari mengubah mindset untuk tidak boros, selalu menyempatkan untuk menabung, tidak membuang uang untuk sesuatu yang tidak penting, mendahulukan kebutuhan daripada keinginan dan menghindari impulsive buying sehingga dengan begitu Sobat Pintar bisa menjalankan tips menabung 1 juta per bulan baik itu menabung di bank ataupun pribadi.

6. Hunting diskon dan promo

Di Kehidupan sehari-hari tentu Sobat Pintar banyak sekali menemukan diskon ataupun promo untuk suatu hal baik itu barang ataupun jasa. Ada banyak sekali perusahaan atau layanan yang menawarkan diskon dan promo dalam produk-produk yang mereka jual untuk menarik minat konsumen. Nah, diskon dan promo tersebut harus Sobat Pintar manfaatkan agar bisa lebih menghemat pengeluaran.

Salah satu contoh layanan yang sering memberikan diskon dan promo adalah Kredit Pintar. Kredit Pintar ini adalah sebuah layanan yang menawarkan pinjaman uang untuk bantuan keuangan di masyarakat. Selain menawarkan nilai pinjaman yang tinggi hingga 20 juta, Kredit Pintar juga menawarkan berbagai macam bonus, diskon dan promo yang bisa Sobat Pintar dapatkan. Untuk itu, jika Sobat Pintar membutuhkan pinjaman keuangan maka Kredit Pintar adalah layanan yang tepat. 

7. Investasi 

Terakhir tips menabung 1 juta per bulan yang bisa Sobat Pintar lakukan adalah dengan menginvestasikan keuangan yang Sobat Pintar miliki. Investasi adalah sebuah proses penanaman modal yang biasanya berbentuk uang namun bisa juga aset lainnya dengan pengharapan untuk bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Dengan melakukan investasi Sobat Pintar dapat berarti sudah menyelamatkan keuangan yang Sobat Pintar miliki agar terhindar dari inflasi.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Sobat Pintar lakukan, mulai dari investasi saham, reksadana ataupun obligasi. Setiap jenis investasi tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tergantung jenis investasi mana yang cocok dengan Sobat Pintar. Tapi memang investasi itu perlu dipelajari terlebih dahulu, apalagi jika Sobat Pintar tidak terlalu paham dengan instrumen investasinya. 

Nah, itulah beberapa tips menabung 1 juta per bulan yang bisa Sobat Pintar lakukan. Dengan menjalankan tips-tips tersebut Sobat Pintar bisa lebih mudah dalam menabung dan mendisiplinkan diri. Selain itu, mindset Sobat Pintar dalam mengelola keuangan juga bisa lebih berkembang sehingga dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.

Mungkin cukup sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk bisa mengambil langkah benar dalam melakukan tips menabung 1 juta per bulan.

Bersiap hadapi tes psikotes online dengan berbagai tips berikut ini.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload